Tutorial, Review, Tips&Trik

Membongkar Jeroan Speaker Komputer Portabel USB

MEDIAKOMPILASI.com-Komputer atau Laptop tanpa suara itu sih nggak Asyik namanya oleh karena itu sebagian besar pemilik komputer atau laptop menghubungkannya dengan perangkat pengolah audio seperti speaker komputer portable USB.Perangkat ini sering dipilih karena lebih praktis dan harganya lebih hemat jika dibandingkan dengan speaker aktif atau AV Receiver.
Baca Juga : Perbandingan Speaker Aktif Vs Speaker Multimedia 2.1

Speaker Komputer Portabel USB
Speaker Komputer Portabel USB
Speaker Komputer Portabel USB
Komponennya minimalis
Speaker Komputer Portabel USB
Pengatur Volume dan Tobol Power
Speaker Komputer Portabel USB bisa anda dapatkan dengan harga dikisaran 100 ribu walaupun tentu saja fiturnya sederhana namun mampu menghasilkan audio yang layak didengar.Perangkat ini sangat cocok bagi mereka yang lebih mementingkan fungsi dasar sebuah perangkat audio yang penting bisa bunyi tak peduli bassnya kurang atau powernya minim.

Speaker komputer Portabel USB memang didesain minimalis tanpa banyak pengaturan frekuensi audio seperti Bass atau Trebel untuk nada rendah dan tinggi artinya tinggal Plug and play.Pertama kali saya melihat speaker komputer portabel USB saya bertanya-tanya Kok Speaker kecil bisa mengeluarkan suara tanpa harus menggunakan catu daya(Power) artinya tinggal colok ke Port USB Komputer speaker sudah bisa bekerja.

Selidik punya selidik ternyata Catu daya speaker komputer portabel tersebut mengambil  catu daya komputer pada bagian port USB istilahnya catu dayanya nebeng sehingga tidak terdapat kabel AC atau Baterai.Sebagai orang yang hobi elektronika saya penasaran bagaimana sih jeroan dari speaker komputer portable USB?

Secara kebetulan Saudara saya memiliki speaker komputer portabel yang rusak yaitu tidak bunyi sama sekali dan meminta saya untuk memperbaikinya.Saya coba memperbaikinya siapa tahu mudah kerusakannya.Setelah saya buka casingnya saya agak kaget ternyata rangkaiannya sangat simple hanya ada Elco,kapasotor biasa,Potensio dan tombol On-Off.

Saya menduga perangkat tersebut hanya berfungsi meneruskan output audio dari komputer tanpa memperkuatnya karena sepengetahuan saya sebuah sistem audio paling tidak terdiri atas Pre Amp,Tone control ,power ampilifier dan catu daya.Pada speaker komputer portabel USB yang saya bongkar hanya ada catu daya yang berasal dari komputer,Tone control juga hanya pengatur volume tanpa pengaturan bass dan trebel sedangkan pre Amp dan Power ampilifier saya tidak menemukannya.

Sebuah penguat audio biasanya menggunakan transistor sebagai penguatnya baik pada penguat awal atau akhir ada juga yang menggunakan IC(Integrated Circuit) dan semakin besar catu dayanya maka semakin besar pula penguatan yang dihasilkannya misalnya Catu daya 12 volt bisa menghasilkan daya 18 watt atau 45 volt bisa menghasilkan daya 150 Watt.Karena itu speaker komputer Portabel USB yang numpang catu dayanya komputer,daya audio yang dihasilkan juga terbatas.

Jika Anda ingin memilih Speaker Komputer Portabel USB yang mampu menghasilkan output daya yang maksimal saran saya pilihlah Speker yang memiliki catu daya sendiri baik yang menggunakan tegangan DC(Baterai Isi ulang) atau Tegangan AC(Listrik PLN) Harganya memang lebih mahal namun kualitas suaranya jauh lebih baik.

9 comments:

  1. mass tau cara benerin speaker yang rusak ga? saya punya speaker di rumah terus kalo di nyalain itu kaya bau bau asap gitu mas, itu knapa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sih ada komponen yang terbakar mas harus segera diganti

      Delete
  2. Harga memang tidak bohong ya... dengan harga speaker yang lebih mahal, namun tetap lebih awet dari pada speaker yang murah...
    Salam,

    ReplyDelete
  3. sarannya pemilihan spekernya saya simpan mas. soalnya saya lebih suka dengan speker di laptop yang ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah puas dengan suara bawaan dari Lap top ya nggak perlu beli speaker lagi

      Delete
  4. komputer kalo ga ada bunyinya bikin ga betah.... :)

    ReplyDelete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB