Tutorial, Review, Tips&Trik

Cara Melaporkan Artikel Copy Paste Ke DMCA

Cara Melaporkan Artikel Copy Paste Ke DMCA-Sudah capek-capek menulis artikel seunik mungkin eh tau tau ada blogger lain yang dengan seenaknya menjiplak mentah-mentah atau copy paste apalagi jika tanpa disertai sumbernya tentu membuat kesal blogger yang artikel ya dijiplak.Mengakui hasil karya orang lain sebagai ciptaannya sendiri seperti copy paste tanpa sumber sama saja melanggar hak cipta dan ini merupakan pelanggaran hukum yang bisa dipidanakan karena Indoensia memiliki Undang-undang Hak Cipta dimana salah satu bentuk karya berhak cipta adalah artikel yang dipublikasikan keblog karena masuk dalam kategori semua hasil karya tulis lain(UU No.19 th 2002).Jadi jangan anggap remeh ya tindakan copy paste ya Bro..!
Cara melaporkan artikel

Namun ada juga blogger yang copy paste dengan menyertakan sumber baik berupa URL mati ataupun hidup dan ini masih bisa ditolerir walaupun tetap dibenci oleh blogger karena akan terjadi duplikat konten yang akan menimbulkan dampak yang kurang baik terhadap peringkat artikel atau blog apalagi jika jumlahnya banyak.Saran saya kalau terpaksa copy paste sebaiknya edit dulu jadi sama-sama enak bagus lagi kalau tetap disertai sumber sebagai bentuk penghargaan kepada penulis aslinya.
Simak juga : Artikel Daur Ulang Termasuk Plagiat?

Bagaiamana jika menemukan blog yang copy paste artikel anda tanpa menyertakan sumber dan jumlahnya banyak lagi bahkan ada yang menggunakan script auto blog? Apa akan membiarkan begitu saja? Situasi ini bak buah simalakama dibiarkan akan menggerogoti blog anda mau meminta berhenti juga gampang-gampang susah dan bisa saja blogger tersebut memang sengaja melakukannya dengan maskud yang tidak baik misalnya bair blognya turun peringkatnya.
Simak Juga : Artikel Disadap Gara-gara RSS Disetting Penuh

Jika keadaannya memang demikian tak ada cara lain selain melaporkan artikel copy paste tersebut ke DMCA demi keselamatan blog anda.Bagaimana cara melaporkan Artikel copy paste ke DMCA? Mudah saja kok…Ikuti tutorial berikut ini:
                                                 
1.Kunjungi halaman Penghapusan Hak Cipta

2.Isi informasi kontak anda mulai dari nama depan nama belakang nama perusaahaan alamat email sampai Negara.Saya sendiri mengisi nama perusahaan dengan nama blog yaitu Media Kompilasi dan jangan lupa pada kolom pemegang hak cipta kalau hak cipta karya anda sendiri pilih mewakili diri sendiri.

3.Pada kolom identifikasi dan uraikan karya berhak cipta isi dengan pelanggaran yang dilakaukan sebagai contoh saya mengisi “Duplikasi atau copy paste tanpa izin“

4.Pada kolom Dimanakah kami bisa melihat contoh karya yang sah tersebut? Isi dengan 1 URL artikel blog anda yang dicopy paste

5.Pada kolom Lokasi materi yang melanggar isi dengan 1 URL artikel copas.Jika ingin melaporkan lebih dari 1 artikel klik tambahkan Grup Baru kemudian ulangi langkah 1 sampai 5 dan seterusnya maksimal 10 grup.

6.Pada bagian pernyatan tersumpah contreng semua

7.Tanda tangan isi dengan nama anda dan isi tanggalnya dengan foramat mm/dd/yyyy contoh 12 novemebr 2016 11/12/2016 jangan lupa klik saya bukan robot

8.Langkah terakhir Klik Kirim.Jika laporan anda sukses maka ada ucapan terimakasih dari DMCA tapi jika masih ada yang kurang/salah masih tetap dihalaman yang sama.

Berdasarkan pengalaman saya terhitung 1 hari setelah pengaduan dikirim artikel copy paste tersebut hilang dari blog yang mengcopas dan berdasarkan pengalama saya juga karena salah satu artikel saya ada yang pernah dilaporkan padahal karya saya sendiri,artikel yang dilaporkan akan masuk kedalam draft dan diberi 3 opsi dihapus,diedit atau banding jika memilih banding harus menyertakan bukti-bukti yang kuat dan akan diproses kurang lebih 1 bulan jika terbukti tidak bersalah maka artikel yang diadukan akan terbit lagi.

Demikianlah informasi seputar Cara Melaporkan Artikel Copy Paste Ke DMCA semoga bermanfaat buat sobat blogger semua.

9 comments:

  1. baru tahu saya. coba ah gunakan jasa DMCA ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohww...artikel blog afrid ada juga yang copas ya...kalau sama plek bisa dihapus mas

      Delete
  2. saya kadang berhasil kadang gak mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sduah melaporkan 21 artikel dari 100++ yang dicopas dan 21 artikel tsb sudah hilang kemungkinan masuk draft lagi

      Delete
  3. ada salah satu teman kita yang bilang, sikat aja para plagiator jangan kasih ampun dan ini adalah salah satu caranya ya mas..

    ReplyDelete
  4. Hajar terus mas Dwi, biar ada efek jera. Artikel dicopas sampe 100++???? Banyak amat mas...

    Saya bookmark aja dulu, sambil nyimak

    ReplyDelete
  5. untuk melaporkan artikel yang dicopas ya menggunakan DMCA ini ya mas, cara ini memang ampuh ya untuk mengatasi artikel kita yang di copas.

    ReplyDelete
  6. awal ngblog, terutama artikel tentang Ubi Cilembu sangat banyak bahkan hampir 90 persen dikopas terutama foto-fotonya, beberapa kali juga melaporkan kepada DMCA...lama-lama balik pikir juga bahwa mereka yang kopas sedang berupaya cari rejeki walaupun salah tentunya...akhirnya di ikhlaskan ajah, dan nyatanya malah sebaliknya blog saya makin top dan hasil(rejeki) yang mengalirnya juga makin deras...ini kenyataannya

    ReplyDelete
  7. Inilah suka dukanya jadi blogger...
    Sehingga blogger pemula selalu mencari celah dan tidak menghiraukan akibatnya...
    Semoga dengan adanya pelaporan-pelaporan akan membuat para blogger berpikir dua kali...
    Salam,

    ReplyDelete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB