Tutorial, Review, Tips&Trik

10 Cara Aman Ngeblog Diwarnet Ala Media Kompilasi

10 Cara Aman Ngeblog Diwarnet Ala Media Kompilasi-Beberapa hari ini saya bisa ngeblog kembali setelah sebulan vakum karena komputer lagi rusak.Tak kurang ada 15 artikel berhasil saya buat sebagian besar sudah dipublikasikan ke-2 Blog saya media kompilasi dan info pojok.Uniknya saya mempublikasikan artikel-artikel tersebut melalui Warnet karena sampai hari ini komputer kesayangan masih rusak.

Cara aman Ngeblog Diwarnet
Cari Warnet yang Casingnya terbuka

Warnet menjadi pilihan utama karena satu-satunya solusi yang paling mudah dan murah namun dibalik kemudahan itu siapa sangka bahaya besar mengancam. Loh kok bisa? Jika saya diwarnet hanya browsing saja mungkin tidak jadi masalah tapi kalau ngeblog urusannya jadi lain terutama untuk publisher adsense yang ngeblog dengan platform blogspot atau yang custom domain.

Hal ini bisa terjadi karena rawan dibajak baik akun adsensenya,Gmail atau bahkan blognya karena ada software/hardware Key logger untuk menyadap password dimana dengan software tersebut mampu merekam aktivitas keyboard komputer pengguna.Hal ini diperkuat dengan keterangan seorang teman blogger yang pernah jadi operator warnet yang mengungkapkan ternyata banyak oknum  operator warnet yang iseng memasang software tersebut.
Baca juga : Keuntungan Berlangganan Paket Internet Unlimited

Meskipun saya tahu bahaya tersebut tak menyurutkan keinginan saya untuk ngeblog di Warnet karena tak ada pilihan lain apa boleh buat maju terus.Mengantisipasi kemungkinan terburuk saya memikirkan bagaimana cara aman Ngeblog Diwarnet.Jujur saja saya sebenarnya kurang begitu tahu seluk beluk warnet sehingga saya harus berpikir keras bagaimana cara aman Ngeblog Diwarnet.

Berdasarkan pengamatan diwarnet selama seminggu ini dan penuturan teman saya bisa menemukan cara aman Ngeblog Diwarnet walaupun tidak 100% aman namun setidaknya bahaya tersebut bisa diminimalisir.Berikut ini beberapa cara yang saya tempuh:

1.Gunakan akun cadangan
Jika anda masuk keblogger otomatis anda harus log in dulu menggunakan akun Gmail.Sebaiknya jangan gunakan akun utama apalagi yang berkaitan dengan akun adsense cukup gunakan akun cadangan atau undang akun Gmail lain sebagai penulis kecuali kalau anda mau mengedit template undang sebagai admin dulu jika sudah selesai editnya baru diubah lagi sebagai penulis.Dengan cara ini akun utama anda dan blognya akan aman bahkan meskipun akun cadangan tersebut bisa dibobol selagi peran dalam blog tersebut hanya sebagai penulis saja anda bisa dengan mudah menghapus akun yang dibajak tersebut.

2.Cari Warnet yang Kebanyakan Gamers.
Berdasarkan pengamatan saya diwarnet kebanyakan pengguna nya anak-anak yang bermain game atau media sosial.Jika mereka suka main game kemungkinan besar mereka nggak paham blog apalagi adsense sehingga kemungkinan membuka blog anda atau sabotase blog sangat kecil.Jika menemukan warnet yang kebanyakan berusia dewasa dan tidak main game bisa saja mereka blogger dan jika mereka tahu alamat blog atau email anda bisa jadi masalah bagi publisher adsense.

3.Cari Warnet yang CPU nya terlihat jelas terutama bagian belakang.
Berdasarkan info yang saya dapatkan dari Internet ada hardware yang bernama Key logger yang ditancapkan ke port USB yang mampu merekam aktivitas keyboard komputer yang Anda gunakan.Jika anda menemukan perangkat yang aneh sebaiknya urungkan ngeblog Diwarnet tersebut.Saya sendiri lebih suka dengan warnet yang casing komputenya terbuka sehingga kalau ada spart part komputer yang aneh anda patut waspada.

4.Gunakan warnet untuk posting saja.
Untuk menghemat biaya serta untuk keamanan akun adsense anda sebaiknya gunakan warnet untuk posting saja atau mengedit template karena anda tidak perlu membuka blog anda cukup lihat melalui pratinjau saja sedangkan untuk membalas komentar,blog walking, mengecek penghasilan atau buka media sosial, buka email utama cukup gunakan smartphone dirumah.

5.Gunakan tehnik copas ketika log in
Untuk menghindari password kena sadap ketika log in gunakan tehnik copas maksudnya sebelum kewarnet anda buat dokumen  yang berisi user name dan password melalui MS Word/Notepad dirumah simpan dalam flashdisk lebih safety lagi kasih password dan saat mau buka blogger atau akun lainnya copas user name dan password dari flashdisk kekotak log in dengan cara ini anda sama sekali tidak menggunakan keyboard sehingga lebih aman dari penyadapan.

6.Bersihkan chace Browser setelah selesai ngeblog.
Jangan lupa setelah kegiatan ngeblog selesai 5-10 menit sebelum waktu habis  selalu bersihkan chace Browser sehingga riwayat browsing atau password tidak tertinggal dibrowser sehingga tidak mudah terlacak.

7.Pastikan sudah log out sebelum meninggalkan warnet.
Jangan sampai anda meninggalkan warnet tapi belum sepenuhnya log out makanya selalu perhatikan sisa waktu ngenet anda setidaknya 5-10 menit sebelum waktunya habis anda sudah log out.

8.Cek akun Gmail secara berkala.
Jika ada upaya masuk  ke akun  Gmail Anda oleh  orang iseng dan berhasil biasanya secara default Gmail akan menginformasikan aktivitas tersebut walaupun ternyata anda sendiri yang log in  melalui Warnet. Jika ternyata bukan anda tandanya akun anda sudah dibajak segera lakukan pilihan amankan akun melalui akun Gmail Anda.

9.Pilih Warnet Bersekat
Untuk menjaga privacy anda agar tidak mudah diketahui pengguna warnet lain apa ya yang anda akses sebaiknya pilih warnet yang besekat dimana antar pengguna tidak bisa saling melihat satu sama lain.

10.Cari Warnet yang Komputer nya Sedikit.
Untuk kenyamanan anda ketika ngeblog sebagai cari warnet yang kecil paling tidak 8-10 komputer (User).Jika pengguna nya sedikit tentunya lebih aman karena anda bisa melihat perilaku pengguna lain dan lebih nyaman karena tidak berisik.

Demikianlah 10 Cara Aman Ngeblog Diwarnet Ala Media Kompilasi berdasarkan pengalaman saya, Anda punya pengalaman lain silahkan Share Disini!

8 comments:

  1. untuk saat ini aku kalau ngeblog selalu pakai laptop pribadi mas. tapi tips ini patut untuk di bookmark biar nanti bisa baca2 lagi kalau memang kepepet harus ngeblog di warnet. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaknya memang ngeblog dirumah mas tp kl terpaksa kewarnet tip diatas layak di coba

      Delete
  2. mudah-mudahan ketika berkesempatan ngblog di warnet, ke 10 tips diatas jadi keingetan

    ReplyDelete
  3. Di daerah saya warnetnya udah untuk gaming semua, pake mouse gaminglah, headset gaming lah.. Jadi gampang nyarinya, tapii nggak ada salahnya jaga - jaga, siapa tahu malah bisa berbahaya juga.
    Semoga komputernya cepat diperbaiki biar lebih mudah bang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mang, jaga-jaga lebih bauk dari pada nggak di jaga-jaga mah

      Delete
  4. saya mainnya di komputer servernya warnet aman gak mas???

    ReplyDelete
  5. Tipsnya sangat bermanfaat Mas… Bahkan kalau perlu harus dicatat, karena kadang kalau sudah sampai dilokasi bisa kelupaan dengan 10 tips diatas…

    ReplyDelete
  6. Satu lagi mungkin yang dapat dilakukan yaitu verifikasi dua langkah melalui HP menurut saya lebih aman.

    ReplyDelete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB