Skip to main content

Studi Kasus Blog Satu Topik Artikel Sedikit

Studi Kasus Blog Satu Topik Artikel Sedikit-Tak terasa blog WordPress Self Hosted pertama Saya Infopojok.com akan menginjak usia 1 tahun tepatnya pada tanggal 29/12/2016.Saya membangun blog tersebut tujuan utamanya memperdalam teknik ngeblog dengan WordPress terutama dari sisi SEO. Untuk blog WordPress ini sengaja saya pilih jenis blog niche atau satu topik karena saya ingin mencoba teknik ngeblog dengan artikel panjang tapi tidak sering update.

Blog Satu Topik

Baca juga : Studi kasus Blog niche Kata Kunci persaingan Rendah
Melalui Blog itu saya ingin membuktikan kata kunci persaingan rendah juga potensial mendatangkan trafik.Tehnik membuat artikel panjang sengaja saya pilih karena untuk menghemat Disk Space.Tidak seperti blog media Kompilasi yang pakai hosting gratisan dari blogger berapapun saya posting tak takut kehabisan disk space makanya saya bisa bikin postingan apa saja beda dengan di WordPress  saya harus membuat artikel yang berkualitas dan memenuhi standar SEO tidak sekadar asal bisa update seperti yang saya lakukan di blog ini.

Saya tidak terlalu ngoyo membangun blog info pojok karena saya lebih fokus ke blog media Kompilasi.Saya hanya menargetkan 100 artikel kemudian akan saya lihat traffiknya dan penghasilannya.Jika terbukti menguntungkan minimal bisa buat bayar domain dan hosting  akan saya kembangkan atau tambah kuota disk space tapi jika tidak saya akan merubah strategi.

Hasil yang saya raih selama 1 tahun:

1.Jumlah Artikel:61 biji
2.Trafik 300-350 perhari versi histats.com PV 600-700.
3.Peringkat DA; 13 PA: 37
4.Alexa : 2 Jutaan
5 . Penghasilan  Mingguan saat ini $2-3
Penghasilan total $18, 8

Melihat hasil ini saya merasa puas dan prospektif untuk dikembangkan karena jika dilihat perbandingan traffik dan artikelnya cukup memuaskan yaitu 1:5.Jika dilihat dari penghasilan meskipun totalnya baru $ 18 tapi sudah cukup untuk memperpanjang paket domain hosting sebesar Rp.210.000 dan menariknya lagi penghasilan terakhir bisa tembus $2-$3 per minggu hanya bermodalkan 61 artikel.Saya berpikir Bagaimana kalau artikel nya diperbanyak saya yakin penghasilan akan meningkat.

Hal menarik lainnya adalah perangkat blog DA info pojok bisa tembus 13 menyamai peringkat blog media Kompilasi target saya bisa tembus diangka 20 harapan nya supaya layak mendapatkan Job review.Uniknya meskipun DA nya masih rendah saya sudah bisa mendapatkan job review meskipun bayarannya  Rp.50.0000.

Kedepannya saya akan mencoba menambah artikel hingga semuanya berjumlah  100 artikel dan sebisa mungkin membuat artikel panjang kalau bisa 1000 kata.Saya akan fokus pada pembuatan artikel berjenis daftar sehingga tidak membosankan dari pada artikel jenis narasi.

Kesimpulan dari studi kasus blog satu topik artikel Sedikit adalah  blog semacam ini (blog niche) cukup efektif untuk optimasi adsensenya artinya banyak blog artikel Sedikit lebih mudah mencari traffiknya dari pada blog sedikit tapi traffiknya harus tinggi . Bayangkan jika saya mampu membuat blog seperti ini lebih banyak lagi walaupun penghasilannya cuma $8-12 per bulan tapi kalau digabungkan hasilnya jadi banyak.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar