Saturday, May 20, 2017

Perbandingan Speaker Portabel dan Speaker Aktif

author photo
Perbandingan Speaker Portabel dan Speaker Aktif-Paling enak kalau mendengarkan musik itu suaranya yang mantap baik gebukan bassnya atau nada tingginya,Betul tidak? Makanya meskipun sekarang zamannya gadget dimana mendengarkan musik bisa melalui gadget namun suaranya cenderung keras doang maklum namanya juga speaker ponsel banyak keterbatasannya.

 Speaker Portabel

Itulah mengapa bagi pencinta musik perlu menambahkan penguat suara terpisah seperti speaker aktif atau speaker portabel.Pabrikan sepertinya memahami betul keinginan pengguna gadget terbukti dipasaran banyak bermunculan produk speaker aktif atau speaker portabel yang mendukung input dari gadget seperti ponsel.

Baca juga :


Hebatnya lagi beberapa tipe penguat suara tersebut sudah dibenamkan fitur Bluetooth sehigga semakin mempermudah mengkoneksikan gadget ke penguat suara tadi.Meskipun demikian ternyata selera pengguna ponsel berbeda-beda ada yang menyukai suara yang kuat bertenaga sehingga lebih memilih speaker aktif ada pula yang bertipe”Calm” tidak suka yang berisik tapi yang sedang-sedang saja.Tipe inilah yang lebih memilih menggunkan speaker portabel.

Lalu jika diperbandingkan antara speker portabel dan speaker aktif mana yang lebih unggul?Nah pada kesempatan kali ini saya mencoba megupasnya untuk anda.

Speaker Portabel


Kelebihan :

1.Hemat Daya
Umumnya speaker portabel catu dayanya menggunakan baterai yang bisa diisi ulang sehingga hemat pemakaian listrik walaupun ada juga yang menggunakan catu daya AC namun konsumsi dayanya cukup rendah.

2.Mudah Dibawa kemana-mana
Karena catu dayanya menggunakan baterai,speaker portabel bisa dibawa kemana-mana tanpa harus tersedia colokan listrik PLN yang penting baterainya dalam keadaan penuh.

3.Bentuknya Unik
Rata-rata speaker portabel dimensinya kecil sehingga memungkinkan untuk dibentuk menjadi lebih unik dan yang berbentuk kaleng,lingkaran,tabung atau kotak.

4.Konektivitasnya memadai
Umumnya speaker portabel didalamanya sudah dibenamkan USB player atau Memori card player,Jack input/Aux dan Bluetooth sehingga memudahkan ketika menghubungkan dengan perangkat lainnya.

Kekurangan :

1.Daya output powernya kecil
Karena hanya mengandalkan baterai internal yang nilainya hanya beberapa volt maka daya outputnya juga kecil walaupun sudah cukup untuk menggerakan membran speaker namun tentu tenaganya kurang terutama gebukan bassnya.

2.Daya tahan baterai terbatas
Memainkan file musik seperti MP3 secara terus menerus otomatis akan menguras daya baterai atau akan cepat habis sehingga penggunaannya jadi terbatas sekitar 5 jam.Berbeda jika menggunakan tegangan AC 220 volt.

3.Suaranya kurang detail
Untuk menghasilkan suara speaker yang detail dibutuhkan speker yang mampu menghasilkan frekuensi tertentu misalnya nada rendah,menengah atau tinggi sedangkan speaker portabel rata-rata menggunakan single driver(Fullrange) sehingga wajar jika suaranya pas-pasan.

Contoh produknya : Logitech X1OO,Harman Kardon Onyx Studio 3,Simbadda CST 806N,JBL GO,Xiaomi MiFa M1.

Spekaer Aktif


Kelebihan :

1.Daya outputnya besar
Speaker aktif rata-rata memiliki daya output yang lumayan besar sehingga mampu menggerakan driver speaker berdaya besar dan gebukan bassnya jadi lebih terasa apalagi jika ukuran drivernya besar.

2.Bisa digunakan kapanpun
Speaker aktif rata-rata menggunakan tegangan AC 220 V PLN sehingga bisa digunakan kapan saja yang penting ada jaringan listrik dan tidak padam.

3.Sistem speakernya lengkap
Dengan sistem 2 Way atau 3 Way speaker suara yang dihasilkan akan lebih detail karena masing-masing frekunsi di “handle” oleh jenis speaker yang berbeda yaitu woofer,midrange dan tweeter.

Kekurangan :

1.Lebih boros Daya
Speaker aktif rata-rata memiliki daya output antara 30-100 watt,semakin tinggi daya yang  dihasilkan semakin boros pula konsumsi dayanya namun akan terbayar dengan kualitas suaranya yang kuat dan bertenaga.

2.Sulit untuk dipindah-pindah
Bentuk speaker aktif rata-rata memakan tempat terutama yang tipe floorstanding sehingga ribet jika mau dipindah-pindah apalagi jika konektivitasnya menggunakan kabel RCA belum lagi kabel speakernya.

3.Bentuknya monoton
Dari zaman dulu speaker aktif bentuknya itu-itu saja kotak persegi panjang karena memang untuk menghasilka suara yang bagus ada perhitungan volumenya jadi tidak asal kotak.

Contoh produknya: PAS 78,PAS 79,PAS 59,SHARP CBOX ASP250,ROADMASTER,BIG BASS,INDOCTRON 702

Kesimpulan:
Dari sisi konsumsi daya speaker portabel lebih hemat begitupula masalah mobilitasnya lebih unggul dibandingkan speaker aktif namun dari sisi kualitas suara speaker aktif tetap yang tebaik karena didukung daya output yang besar dan speaker sistemnya lengkap.

This post have 5 komentar

avatar
Indra DP delete May 21, 2017 at 5:51 AM

kalau aku lebih suka speaker portable mas, karena selain simple, juga sangat pas disandingkan dgn komputer. :D

Reply
avatar
Mas Poniran delete May 21, 2017 at 8:06 AM

Kalo saya lebih suka yang speaker aktif mas, biar makin mantap suaranya

Reply
avatar
Inklocita delete May 21, 2017 at 7:43 PM

waaa kalo aku masih pake speaker hp/ laptop aja haha, boleh nih tapi cari cari speker portable. lagi in

Reply
avatar
Mangs abdul delete May 22, 2017 at 9:12 AM

bisa jadi revernsi bagi saya speker mana yang harus saya gunakan nih. Selama ini saya kurang begitu kental dengan spiker

Reply
avatar
Muhammad Adam Hussein, SPd, MQHi delete May 22, 2017 at 4:06 PM

Tergantung pada kebutuhan sepertinya mas, kalau speaker portable buat dinikmati sendiri itu enjoy. Kalau untuk presentasi ya bagusnya speaker aktif.

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement