Jumat, 23 Juni 2017

Cara Mengganti Faskes BPJS Via Online

author photo
Cara Mengganti Faskes BPJS Via Online-Bagi peserta JKN atau BPJS pemilihan faskes tingkat 1 yang tepat memegang peranan yang penting dalam kelancaran dalam mendapatkan layanan kesehatan dasar.Jika salah memilih faskes misalnya terlalu jauh dari rumah justru akan menyulitkan peserta itu sendiri.

Pengalaman memilih faskes tingkat 1 BPJS yang jauh dari rumah saya alami walaupun hal itu bukan karena kesengajaan.Rumah saya di Cikarang tapi faskes tingkat 1 nya di Klinik Husada Tambun Bekasi yang jaraknya lumayan jauh sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan motor atau jika naik ojek online sekitar Rp.50.000.

Sebenarnya dulunya saya tinggal didaerah Tambun jadi memilih faskes tersebut tapi karena saya pindah rumah ke Cikarang jadinya jaraknya antara rumah dan klinik jadi jauh.Mau tak mau saya harus mengganti faskes tingkat 1 tersebut ke Faskes yang dekat dengan rumah saya di perumahan Mega Regency Cikarang Bekasi.

Sayanganya niat saya untuk mengganti faskes tidak mudah karena saya harus mendatangi kantor cabang BPJS dan repotnya saya harus antri belum lagi harus bawa persyaratannya yaitu Kartu Keluarga,KTP dan Kartu BPJS.Itulah mengapa saya malas mengurusnya meskipun hampir setahun saya pindah rumah.

Untungnya saya jarang sakit berat selama tinggal dirumah yang baru paling-paling sakit flu sehingga tidak perlu berobat ke klinik cukup minum obat warung.Padahal sebenarnya saya rugi karena saya sudah bayar iuran perbulannya jadi meskipun sakit ringan harusnya berobat ke Klinik faskes BPJS karena biayanya sudah ditanggung.

Keinginan segera mengganti faskes tiba-tiba muncul gara-gara saya ditolak berobat ke Puskesmas kebetulan penyakit Maagh saya kambuh dan lumayan menyiksa.Ternyata kebijakan pusksesmas sekarang tidak menerima penduduk yang sudah terdaftar menjadi peserta BPJS tapi tidak memilih Puskesmas sebagai faskes tingat 1 nya.

Baca selengkapnya disini: Pengalaman ditolak Berobat diPuskesmas

Akhirnya saya berinisiatif mencari informasi cara mengganti faskes secara online pertimbangan saya mendaftar saja bisa online siapa tahu ganti faskes juga bisa.Pucuk dicinta ulam tiba secara tidak sengaja ketika saya mencari informasi seputar cara mengetahui aktif tidaknya kartu BPJS justru saya menemukan aplikasi andiorid Mobile JKN dimana disalah satu komentar penggunanya ketika saya mau mengunduhnya mengatakan bisa ganti faskes tanpa harus kekantor cabang.

Baca Juga :
Tips Memilih Faskes BPJS Tingkat 1 BPJS
Klinik Husada Tambun Faskes Tingkat 1 BPSJ Kab.Bekasi

Tanpa menunggu lama saya langsung mengunduh aplikasi Monbile JKN tersebut kemudian saya mencoba mengganti fakses dan Alhamdulillah bisa bahkan Kartu BPJS saya bisa langsung digunakan untuk berobat ke faskes yang baru.Menariknya lagi caranya cukup mudah dan prosesnya cepat.Bagi anda yang ingin mengganti faskes BPJS via online berikut tutorialnya:

1.Install aplikasi androd MOBILE JKN BPJS KESEHATAN di ponsel anda melalui google Play store.

ganti faskes BPJS

2.Lakukan pendaftaran pengguna mobile agar bisa log in.Masukkan data-data seperti No Kartu BPJS.No KTP,Tanggal Lahir,Nama  Ibu Kandung,Email.No Ponsel dan Password
2.Lakukan verifikasi dengan memasukan kode yang dikirimkan melalui email.
3.Setelah anda terdaftar silahkan log ini dengan memasukkan email/No Kartu BPJS dan pasword.


4.Klik Ubah data peserta disana akan anda lihat faskes yang anda pilih sebelumya Klik Faskses tersebut.


5.Pilih Propinsi,Kapubaten/kota sesuai alamat anda kemudian nanti akan muncul daftar faskes tingkat 1 Pilih sesuai keinginan anda lalu SIMPAN.Jika perubahan berhasil maka pada data peserta akan terlihat faskes yang baru.Selain itu anda juga akan mendapatkan notifikasi melalui email kalau faskes anda telah berubah.Ingat jangan sampai salah perhatikan nama faskesnya dan alamatnya karena jika salah anda baru bisa mengganti lagi setelah 3 bulan.

Bagaimana Mudah bukan Cara mengganti Faskes BPJS Via online? Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat khususnya bagi peserta JKN.  

This post have 19 komentar

avatar
Ifrod Maksum delete 23 Juni 2017 13.22

mudah ya ternyata sekarang semuanya bisa diakses online untuk mempermudah pengguna

Reply
avatar
Mang Lembu delete 23 Juni 2017 13.26

informasi bermanfaat nih mengganti faskes bpjs dengan cara praktis super online dengan begitu makapara onliner akan lebih efektif, yang kasian mereka yang nggak palimier dengan dunia internet...emangnya mau bantuin mang?

Reply
avatar
Anisayu Nastutik delete 24 Juni 2017 16.27

Teknologi telah canggih dan mudah
Ternyata ganti BPJS pun tah susah

BTW :

Seindah merdu takbir
Kata-kata ini dari hati terlahir

Selamat IDUL FITRI

MINAL AIDIN WAL-FAIZIN
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Reply
avatar
deni trisrian delete 24 Juni 2017 21.00

Kalau mengganti faskes untuk golongan 3 yang bebas iuran apakah bisa dengan cara diatas mas dwi? Mohon pencerahannya.

Reply
avatar
Buret mrj delete 24 Juni 2017 23.45

layanan BPJS jadi lebih mudah dengan adanya aplikasi online

Reply
avatar
Abdul Rozak delete 28 Juni 2017 14.27

mudah ternyata ya bisa online begini.

Reply
avatar
Kabar Morning delete 20 September 2017 11.57

Mantap kawan, dikasih tau disuruh ke BPJS kantor kejauhan, alhasil nemu artikel ini..

Mantep dah, makasih banyak kawan

Reply
avatar
Sigit Wahyono delete 5 November 2017 19.39

Trus nyetak kartu yg barunya gmna...?

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 6 November 2017 22.04

Pakai kartu yang lama saja Pak...yang penting waktu pertama kali berobat ke faskes yg baru bilang saya habis ganti faskes via online nanti kartunya diberi stiker

Reply
avatar
Yugo Saputro delete 21 November 2017 07.16

Terimakasih..... Informasi sangat bermanfaat

Reply
avatar
yoga marseno delete 25 November 2017 09.12

yg seperti ini harusnya tersosilisasi dengan clear ke masyarakat...kemarin saya nanya ke kantor bpjs nya saja bilangnya ga bisa rubah faskes secara online... ini bagaimana?

jaman sekarang semua serba digitalisasi

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 27 November 2017 08.18

Makanya saya membuat artikel ini Mas soalnya saya sempat kesulitan ganti faskes karena harus kekantor BPJS dan ternyata ada cara yg praktis melalui aplikasi online

Reply
avatar
Anonim delete 11 Desember 2017 14.35

pak apakah kartu bisa digunakan saat itu juga? apa harus menunggu beberapa hari?

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 12 Desember 2017 10.17

Kalau saya waktu itu bisa..tapi saat menyerahkan kartu BpjS waktu berobat ke klinik yang baru saya katakan pada kliniknya baru ganti faskes secara online dan kartunya belum ganti.Tapi kalau tidak bilang dulu pasti akan ditolak karena tulisan faskesnya masih yang lama.Atau bisa juga Kliniknya suruh ngecek sendiri ke databasenya klinik sudah masuk faskes yang baru atau belum kalau misalnya tidak percaya.

Reply
avatar
julia eka delete 25 Desember 2017 11.13

sudah bener tgl lahirnya tapi gk bisa registrasi katany tdk sesuai dg bpjs kesehatan.. pdhal udh aku uninstall aku install lgi tp tetp aja.. itu knpa ya??

Reply
avatar
Didi Agung Pradiptha delete 26 April 2018 12.25

Terus untuk kartu masih klinik yg lama apakah tidak apa2, apa harus ganti kartu sekalian klinik baru tks?

Reply
avatar
Abi Yasa delete 1 Mei 2018 22.43

Mau nanya min, saya sudah ganti klinik yang baru melalui mobile jkn, tapi di kartu saya masih nama klinik yang lama, apakah tetap berlaku min saat di tunjukan ke petugas klinik?

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 3 Mei 2018 10.58

Tetap Berlaku mas..yang penting waktu pertama kali berobat katakan pada kliniknya kalau baru ganti faskes via online, nanti oleh kliniknya dikartunya ditempeli kertas dan ditulis faskesnya

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement