Monday, October 16, 2017

5 Keuntungan Berlipat Menulis Artikel Tutorial

author photo
MEDIAKOMPILASI.COM,5 Keuntungan Berlipat Menulis Artikel Tutorial-Apa tujuan anda menulis? Tentunya anda ingin tulisan anda dibaca orang lain dan memberikan manfaat bagi pengunjung.Buktinya hampir sebagian besar blog disetting publik bukan private ini artinya anda mempersilahkan pengunjung membaca tulisan anda.

 Artikel Tutorial

Kesuksesan seorang penulis termasuk penulis blog bisa dilihat dari seberapa banyak orang yang membaca tulisannya semakin banyak yang membaca bisa menjadi tanda tulisannya menarik dan berkualitas.Tak jarang tulisan-tulisan itu tak ada masa kadaluarsanya artinya dibaca kapan saja akan tetap berlaku tidak seperti artikel berita.

Baca juga :
Cara Jitu Membuat Artikel Berkualitas User experience
Terungkap 3 Alasan Blog Anda Disukai pengunjung 

Artikel semacam ini dalam dunia blog dinamakan artikel evergreen(Abadi).Salah satu jenis artikel yang masuk kategori evergreen adalah artikel tutorial yaitu artikel yang  berisi petunjuk atau tata cara melakukan sesuatu dengan langkah-langkah yang berurutan.Artikel semacam ini banyak dicari karena bisa memecahkan masalah yang dihadapi pengunjung contohnya artikel terbaru saya yang berjudul cara memperbaiki rice cooker mati total

Tak hanya bersifat Abadi ternyata artikel jenis tutorial memiliki keuntungan berlipat bagi siapa saja yang mau menulisnya.Penasaran apa saja keuntungannya Simak Infonya berikut ini;

Keuntungan Berlipat Menulis Artikel Tutorial


1.Mendapatkan aliran trafik terus menerus

Jika artikel anda unik dan lengkap penjelasannya kemudian masuk halaman awal google artikel anda akan selalu mendapatkan kunjungan terutama yang bersumber dari mesin pencari belum lagi jika artikel tersebut banyak yang meng-share alhasil blog anda akan selalu mendapatkan aliran trafik terus menerus selama artikel tersebut masih bertengger dihalaman satu google.

Oleh karena itu agar artikel tutorial anda bisa masuk halam satu google terapkan SEO pada artikel yang anda buat mulai dari Judul,kerapatan kata kunci,gambar,jumlah kata hingga link internal namun perlu dicatat buatlah secara natural sehingga pembaca tidak bingung membaca artikel anda

2.Anda dianggap ahli dibidang yang anda tulis

Jika anda sering menulis artikel jenis tutorial dan mengarah ke satu topik maka pembaca blog anda akan menganggap anda ahli dibidang yang anda tulis sebagai contoh Kang Adhy Suryadi pembuat template blog ini yang banyak menulis tutorial seputar html dan css wajar jika beliau dianggap sebagai ahli dibidang tersebut khususnya desainer template.

Jadi jika anda memiliki keahlian tertentu kenapa tidak mencoba menulis artikel berjenis tutorial? Karena jika anda sudah dianggap ahli dibidang yang anda tulis siap-siap saja trafik selalu mengalir.Itulah mengapa sejak awal saya mengenal blog pertama tama saya membuat blog yang berisi tutorial seputar bisnis toko kelontong dan hasilnya lumayan bagus meskipun trafiknya tidak tinggi namun ada interaksi didalamnya bahkan kadang saya menerima pertanyaan dari pengunjung.

3.Berpotensi dijadikan Buku

Tahukah anda artikel yang berjenis tutorial layak sekali dijadikan sebuah buku jika jumlahnya banyak dan mengarah pada satu topik dan itu bukan hal baru jika aritkel yang ada diblog dijadikan buku.Misalnya anda sering menulis tutorial trik photoshop kenapa tidak anda coba dijadikan buku?

Menerbitkan sebuah buku sekarang tidak sesulit jaman dulu loh karena anda bisa memanfaatkan self publishing.Anda cukup menyusun bukunya kedalam format tertentu setelah jadi anda tinggal bekerja sama dengam self publishing dimana nantinya jika anda yang memesan baru buku itu dicetak.Anda bisa juga menjual buku dalam format digital (Ebook).

4.Mendapatkan Pasif Income dari Blog

Jika anda memiliki blog satu topik yang berisi tutorial dan posisinya bagus dimesin pencari sehingga rutin mendapatkan aliran trafik dari mesin pencari tanpa diupdate pun trafik akan terus mengalir dan jika blog tersebut dimonetisasi dengan PPC seperti Adsnese maka anda akan mendapatkan pasif income selama posisi blog tersebut masih bagus.

Makanya jangan heran jika seorang full time bloger memiliki blog yang banyak dan tidak semua blog tersebut diupdate atau istilahnya set and forget.

5.Bisa dijadikan Video

Artikel tutorial cocok banget dijadikan video begitu juga sebaliknya.Makanya jika anda membuat artikel tutorial sebaiknya sekaligus juga dibuat videonya karena anda akan mendapatkan keuntungan dobel artikel dapat video juga dapat apalagi jika video tersebut diupload ke youtube lalu diembed di postingan pengunung akan semakin mudah memahami tutorial yang anda tulis.

Apalagi jika video yang anda upload ke youtube tadi anda monetisasi dengan adsense penghasilan jadi dobel.Seperti yang saya lakukan pada artikel cara memperbaiki rice cooker mati total saya juga membuat videonya dan saya unggah ke youtube.

Bagaimana sekarang setelah membaca artikel seputar 5 Keuntungan Berlipat menulis artikel tutorial,Anda tertarik untuk membuatnya? Selamat mencoba dan rasakan keuntungannya.

This post have 8 komentar

avatar
Abdul Muhajir delete October 18, 2017 at 10:07 PM

kurangnya, untuk buat artikel seperti ini kita juga harus memahami apa yang kita jelaskan. tapi lambat laun saya rasa kemampuan kita akan berkembang secara sendirinya. maaf jika salah kang

Reply
avatar
Arizuna Zukirama delete October 22, 2017 at 2:16 PM

Setuju. Bisa mendatangkan trafik yang terus-menerus, karena artikel tutorial biasanya termasuk dalam kategori artikel abadi. Sayangnya, di mesin pencari saingannya banyak banget.

Reply
avatar
Maman Achman delete October 27, 2017 at 4:55 PM

Artikel tutorial memang banyak mendatangkan trafik, karena termasuk artikel evergreen atau artikel abadi yang terus diburu orang.

Reply
avatar
andrieoid delete October 28, 2017 at 12:51 AM

sykurlah nblog saya tutorial hhe

Reply
avatar
Indra Kusuma Sejati delete October 28, 2017 at 2:40 PM

Untuk menghasilakn tutorila yang baik dan membuat pembaca merasa puas sepertinya kita sendiri harus banyak melakukan eksperimen lalu di tuangkan dalam tulisan di blog ya mang ? Dan hal ini menjadi pintu amal sholeh untuk berbagi ilmu dan sharing pengetahuan ya man ?

Reply
avatar
Adhi Artadhitive delete November 1, 2017 at 3:48 PM

Bener banget mas, Makanya sekarang saya lagi proses juga bikin tutorial plus bikin videonya!

Reply
avatar
Adi Stia Utama S delete November 2, 2017 at 1:53 PM

Dulu pernah kepikiran untuk membuat artikel tutorial, tapi belum kesampean
mungkin nanti bkin blog satu lagu khusu tutorial editing

Reply
avatar
Idris Hasibuan delete November 18, 2017 at 8:45 PM

Memang keuntungannya bnayak karena termasuk artikel abadi tapi saingannya juga seabrak,,

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement