Skip to main content

Buka Puasa Pertama Tak Lengkap Tanpa Kurma

Buka Puasa Pertama Tak Lengkap Tanpa Kurma-Sore itu jam sudah menunjukkan angka 5 setelah wilayah perumahan diguyur hujan deras saya teringat kalau belum membeli makanan favorit untuk berbuka puasa nanti.Bukan kolak,es blewah atau se buah tapi buah kurma.Sudah beberapa bulan puasa Ramadhan saya membiasakan makan kurma untuk berbuka puasa dan juga sahur.

Buah Kurma
Buah kurma kemasan
Saya lebih memilih berbuka dengan kurma karena memang ada tuntunannya dalam islam disunnahkan berbuka puasa dengan kurma.Seperti tahun-tahun sebelumnya saya mencari buah kurma disebuah minimarket dekat rumah.Bersama anak-anak saya pergi keminimarket menggunakan motor.Sesampai diminimarket saya langsung clingak-clinguk cari buah kurma dan biasanya dipajang dipintu masuk.
Baca juga : Puasa Ramadhan Tanpa Kolak Tetap Terasa Nikmat

Tapi setelah saya lihat-lihat kok tidak ada kurmanya saya menyangka mungkin belum ada kurmanya.Tadinya saya memutuskan untuk pulang saja biarlah hari itu tidak bisa berbuka puasa dengan kurma toh bisa besok cari diminimarket lain kebetulan minimarket juga sedang ramai.Muncul ide dipikiran saya kenapa tidak bertanya saja kekaryawan minimarketnya siapa tahu ada.

Langsung saya menghampiri karyawan minimarket yang sedang beres-beres barang dan langsung bertanya,"Mas ada kurma nggak?" langsung dijawab,"Oh ada pak! " sambil bergegas menuju rak "Ini pak".
Ternyata buah kurmanya disimpan dirak yang tidak terlau terlihat oleh pengunjung.Ada 2 kemasan kurma yang tersedia diminimarket tersebut yang kemasan kertas dan kemasan plastik.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya saya lebih memilih buah kurma yang agak basah tidak kering karena rasanya lebih enak jika tampak kering biasanya agak keras dimakan.Saya ambil 1 pak kemudian bergegas kekasir namun karena pembelinya ramai saya harus antri sampai akhrinya saya bisa membawa pulang buah kurma seharga Rp.17.900 dengan berat 350 gram dan bergegas pulang karena sudah mendekati waktu berbuka puasa.

Sesampainya dirumah karena sudah mendekati waktu berbuka puasa saya membuat minuman sereal hangat karena dianjurkan minum yang hangat-hangat agar lambung tidak kaget.Akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba sekitar pukul 17:47 Azan Maghrib berkumandang Alhamdulillah akhrinya bisa berbuka puasa saya ambil sebutir kurma kemudian berdoa berbuka puasa dilanjutkan makan kurma tersebut nikmatnya tiada tara.

Setelah makan beberapa butir kurma baru saya minum segelas minuman sereal hangat seketika hilang haus dan dahaga.Alhamdulillah buka puasa pertama bisa makan kurma karena bagi saya tak lengkap rasanya buka pausa tanpa buah kurma. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar