--> Skip to main content

Pengertian Speaker Full-range Dan Desainnya

Pengertian Speaker Full-range dan Desainnya-Pernahkah anda melihat speaker dengan single (tunggal) driver tapi bukan subwoofer? Jika pernah  kemungkinan besar itu adalah speaker full-range.Dipasaran sendiri produk speaker didominasi oleh sistem speaker 3 way yang terdiri atas 3 driver woofer-midrange-twetter atau 2 Way kombinasi wooofer-twetter dengan desain floorstanding atau Bookshelf sedangkan speaker full - range jarang sekali ditemukan.

Wajar saja jika kemudian masyarakat Indonesia khususnya pecinta audio(audiophile) jarang melirik produk speaker full - range bahkan mungkin belum mengenal Teknologi speaker full - range ini.Walaupun sebenarnya komponen loudspeaker yang jenisnya fullrange ada dipasaran namun demikian ketika digunakan untuk membangun sebuah sistem speaker seperti pada sound sistem atau audio mobil umumnya tidak berdiri sendiri tapi mengkombinasikan dengan speaker lain seperti Twetter atau subwoofer.
Baca juga ; Teknologi Digital Wireless Speaker Menikmati Musik Tanpa Kabel

Lantas apakah hal ini menunjukkan speaker full- range performa suara kurang bagus? Apakah sebenarnya speaker full - range ini? Nah..Untuk menjawabnya kali ini saya akan mencoba berbagi informasi seputar pengertian speaker full - range yang saya kutip dari Audio Video 2002 : 22-24. Berikut informasi selengkapnya.

Speaker Full-range
Speaker Full-range Fostex ( Source )

Pengertian Speaker full- range

Sistem speaker yang menggunakan single driver dalam setiap kabinetnya dimana driver speaker tersebut  dibuat khusus untuk meliputi keseluruhan spektrum frekuensi mulai dari frekuensi rendah hingga tinggi.

Desain Speaker full - range

Untuk menghasilkan suara yang bagus dibutuhkan desain kabinet/kotak speaker khusus tidak seperti speaker pada umumnya terutama untuk keluaran suara bass serta kualitas dari komponen loudspeaker.

Komponen loudspeaker tipe full-range terdapat 2 macam yaitu center cap dan whizzer cone.Untuk jenis center cap bentuk fisiknya mirip dengan speaker pada umumnya yaitu dengan konus berbentuk kubah seperti pada woofer atau midrange sedangkan whizzer cone mempunyai konus ganda ada yang berukuran besar dan kecil dimana konus yang kecil berada didalam konus yang besar.

Konus speaker full - range terbuat dari bahan mirip kertas layaknya konus pada umumnya ada pula yang terbuat dari plastik (polypropylene), fiber sintetis(kevlar) dan metal (aluminium).Bahan terbaik untuk menghasilkan resonansi adalah kevlar dan metal.

Salah satu pabrikan yang memproduksi speaker full - range adalah Fostex asal Jepang.Sayangnya dipasaran lokal indonesia sulit untuk menemukan produk ini terbukti ketika saya mencari produk ini melalui bantuan Google yang muncul adalah Ebay sebuah toko online mancanegara salah satu contoh produknya Fostex P1000E , speaker full-range dengan tipe kotak Bass reflex dan driver ukuran 4" yang dibanderol $299 atau Rp.3.986.000.

Bagaimana apakah anda tertarik untuk memboyong speaker full - range kerumah anda? Bersiaplah merogoh kocek yang dalam.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar