Skip to main content

Cara Memperbaiki Speaker Aktif Mati Total

MEDIAKOMPILASI.COM,Cara Memperbaiki Speaker Aktif Mati Total-Kerusakan mati total pada speaker aktif menyebabkan fungsi speaker aktif tidak bisa bekerja sama sekali sehingga mau tak mau harus segera diperbaiki.Kerusakan ini ada yang bersifat berat ada pula yang ringan namun untuk mengetahui penyebabnya harus melalui serangkaian pengecekan secara menyeluruh.

Untuk memperbaiki speaker aktif alat-alat yang dibutuhkan diantaranya obeng,tang,desoldering,Solder dan Multimeter.Jika anda masih awam dalam bidang elektronika saya sarankan tidak memperbaiki sendiri karena akan berhubungan dengan tegangan tinggi sehingga tidak boleh sembarangan.
Cara memperbaiki speaker aktif mati total jika dibilang susah bisa juga mudah karena biasanya penyebab utamanya pada bagian power supply karena bagian inilah yang menyuplai tegangan ke rangkaian penguat dan tone control namun bisa saja bukan pada power suplynya namun pada bagian penguat akhirnya.

Baiklah untuk lebih jelasnya silahkan baca langkah-langkah untuk memperbaiki speaker aktif mati total berikut ini:

1.Pengecekan Pada Bagian Power Supply

Cara Memperbaiki Speaker Aktif

Secara garis besar speaker aktif tersusun atas bagian utama yaitu Power Supply,Tone control,Power Amplifier dan Driver Speaker(Loud speaker).Biasanya bagian power supply pada speaker aktif terpisah dari rangkaian utama namun ada juga yang menyatu.Untuk power supply yang konvensional yaitu yang menggunakan trafo besi lebih mudah pegencekannya karena rangkaiannya cukup sederhana yaitu terdiri atas transformator,dioda(penyearah) dan Kondensator(Filter) tapi jika power supplynya menggunakan sistem SMPS (SWITCH MODE POWER SUPPLY (SMPS)/ AC matic lebih rumit rangkaiannya sehingga jika ada kerusakan harus jeli menentukan bagian mana yang  rusak dan jika salah ganti komponen akan merembet kebagian lainnya sehingga terkadang harus melakukan jurus sapu bersih atau ganti semua atau cek satu persatu.

Baca juga : Cara Mengatasi Speaker Mati Sebelah pada Speaker Aktif

Berbeda dengan Power Supply trafo konvensional untuk mendeteksi kerusakan cukup mudah.Putuskan dulu output power supply dari rangkaian utama(Tone control+Power Amplifier) kemudian cek tegangan outputnya apakah sesuai dengan yang tertera di rangkaian misalnya 12 volt atau jika power supplynya menggunakan catu daya ganda (- /Ground/+)atau transformator CT cek output pada kedua outputnya.

Cek juga dioda dan kondensatornya jika ada yang rusak segera ganti atau bisa juga solderannya kendur silahkan solder ulang.Kondensaror yang rusak biasanya ditandai dengan body yang melembung.

Baca juga : 3 Jenis kerusakan Pada Speaker Aktif dan Cara mengatasinya

Jika dalam pengecekan ternyata power suplynya dalam keadaan normal Berarti kerusakan ada pada bagian lainnya dan yang paling sering adalah pada bagian driver penguat akhir

2.Pengecekan Bagian Power Amplifier

Cara Memperbaiki Speaker Aktif

Bagian penguat akhir merupakan bagian yang kerjanya cukup berat karena harus memompa sinyal menjadi berlipat-lipat kekuatannya agar mampu menggerakan membran speaker sehingga komponennya(Transistor/IC) akan menghasilkan panas itulah mengapa setiap komponen penguat akhir selalu diletakkan diplat pendingin yang tebal untuk mendinginkan suhu penguat akhir tersebut dan jika panasnya diatas ambang batas akan menyebabkan kerusakan yang mengakibatkan speaker aktif mati total.

Baca juga : 5 Bagian Penting speaker Aktif Beserta kegunaannya

Jika speaker aktifnya berdaya rendah misalnya 30 Watt biasanya penguat akhirnya menggunakan IC misalnya TDA2030/2040 namun jika berdaya tinggi misalnya 100 watt biasanya sistem power ampifiernya menggunakan penguat transistor yang jumlahnya 4 buah untuk kanal L dan R.

Cek Transitor/IC satu persatu jika ada yang rusak segera ganti dengan yang baru.

Demikianlah tutorial seputar Cara Memperbaiki Speaker Aktif Mati Total Semoga bermanfaat jika Anda ingin menambahkan silahkan berkomentar dibawah ini.Jangan lupa Like Fanspage Media Kompilasi com untuk mendapatkan informasi terbaru. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar