Rabu, 04 Juli 2018

Perbandingan Cetakan Martabak Teflon Vs Besi Ancuran

author photo
MEDIAKOMPILASI.COM, Perbandingan Cetakan Martabak Teflon Vs Besi Ancuran – Dalam pengolahan makanan terlebih lagi kue-kue, peralatan memasak memiliki peran yang cukup penting karena akan mempengaruhi hasil kreasi masakannya dan mempermudah pengolahannya. Salah satu makanan yang membutuhkan peralatan khusus adalah martabak manis. Jika tidak menggunakan cetakan martabak tentu saja hasilnya berantakan tidak sesuai bentuk aslinya.


Dipasaran sendiri dilihat dari bahan bakunya terdapat sekurangnya 3 jenis cetakan martabak yaitu cetakan martabak Teflon, alumunium dan besi ancuran. Sedangkan jika dilhat dari lubangnya ada yang tunggal ada yang lebih dari satu, ada yang isi 4, 7, atau 8. Dari pengamatan saya kebanyakan penjual martabak manis menggunakan cetakan barlapis Teflon dan besi Ancuran. Nah… yang jadi pertanyaan apa sajakah kekurangan dan kelebihan cetakan martabak Teflon dan Besi Ancuran? Inilah yang akan saya coba kupas pada kesempatan kali ini harapannya bisa memberi gambaran bagi mereka yang akan membeli cetakan martabak manis.

Berikut Perbedaan Cetakan Martabak Manis Teflon dan Besi Ancuran


Cetakan Martabak Manis Teflon

Cetakan jenis ini terbuat dari alumunium tebal yang dilapisi teflon. Keunggulan dari cetakan ini adalah tidak lengket saat mencetak martabak manis meski tidak diolesi minyak atau mentega sekalipun. Ini tentu sangat mengutungkan khususnya jika dipakai untuk jualan karena prosesnya jadi lebih cepat. Karena bahannya alumunium cetakan ini cepat panas meski dengan api yang kecil sehingga matangnya pun lebh cepat antara 2-4 menit untuk cetakan yang isinya 7 lubang.

Bahannya yang alumunium serta dilapisi Teflon membuat cetakan ini anti karat meski dicuci berulang kali berbeda dengan cetakan besi ancuran tidak disarankan dicuci karena akan mengakibatkan berkarat. Umumnya cetakan ini diproduksi oleh pabrik jadi hasilnya lebih baik atau berstandar SNI. Berbeda dengan cetakan martabak besi ancuran diproduksi oleh sentra perajin besi jadi wajar jika tidak ada merk atau label kemasannya.

Bagaimana dengan harganya mahalkah? Cukup terjangkau dengan hanya merogoh kocek  Rp.190.000 Anda sudah bisa membawa pulang cetakan martabak manis teflon isi 7. Cetakan ini rekomended sekali untuk bisnis martabak manis mini karena sekali cetak bisa jadi 7 potong bahkan ada yang lebih dari itu.
Jika Anda berminat Cetakan Martabak Manis Teflon bisa menghubugi saya ke WA 087779266901 atau kunjungi web resminya www.cetakan7.web.id.

Baca Juga :
Uji Coba Cetakan Martabak Martabak Manis Bahan Besi Ancuran
Review Cetakan Martabak Manis Ukuran 10/12
Harga Dan Review Cetakan Martabak Unyil Happy Call

Cetakan Martabak Manis Besi Ancuran

Cetakan jenis ini terbuat dari besi ancuran atau cor-coran dan yang paling banyak dipakai itu cetakan hanya berisi 1 lubang saja walaupun ada yang isi 4 atau bahkan 7. Cetakan ini menjadi pilihan penjual martabak ukuran besar dengan diameter 22 cm seperti martabak Bangka. Bobot dari cetakan ini lumayan berat karena tebal besinya.

Dengan ketebalan minimal 1 cm membuat panasnya stabil, tidak mudah dingin meski api sudah dimatikan. Jangan heran meski adonan martabaknya tebal namun tidak cepat gosong. Semakin tebal cetakannya maka hasilnya akan lebih bagus makanya jangan heran jika ada penjual martabak manis yang loyangnya tebal dan tentu berat.

Sayangnya meski bagus digunakan untuk mencetak martabak manis namun karena bahannya besi tebal harganyapun tidak bisa dibilang murah sebagai contoh untuk ukuran mini dengan diameter 12 cm harganya mencapai Rp.60.000 belum yang ukuran besar bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Selain itu cetakan martabak manis besi ancuran mudah berkarat jika terkena air atau jarang digunakan sehingga tidak direkomendasikan untuk sering dicuci paling-paling pertama kali saja saat mau dipakai selanjutnya tinggal pakai saja.

Cetakan jenis ini terkadang lengket terutama jika adonannya kurang bagus atau baru pertama kali dipakai sehingga butuh perlakuan khusus seperti dioles kuning telur yang dipanggag. Jika cetakan tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama akan mudah berkarat sehingga perlu diolesi minyak jika ingin disimpan.

Demikianlah informasi seputar Perbandingan Cetakan Martabak Manis Teflon Vs Besi Ancuran Mudah-mudahan membantu Anda dalam menemukan jenis cetakan yang tepat.  

This post have 3 komentar

avatar
putueka jalanjalan delete 4 Juli 2018 18.49

Bagi saya orang awam sich pasti milih yang pake teflon, tidak lengket juga harganya ringan dikantong. Heheheh

Reply
avatar
Andi Nugraha delete 4 Juli 2018 23.15

Info baru juga nih, saya taunya yang peke teflon aja, Mas..he
Harga ngaruh sama ukuran juga ya, Mas. Kalau saya pengen bikin itu yang kecil, jadi gak harus dipotong makannya, dan lebih simpel sepertinya yang kecil ya, Mas?

Reply
avatar
ABD KADIR Rusdi delete 5 Juli 2018 15.03

teflon tentunya , jadi mikir nanti kalau pensiun ada kerjaan deh

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement