Haruskah Fokus Ke Youtube Meninggalkan Blog?

Haruskah Fokus Ke Youtube Meninggalkan Blog?

MEDIAKOMPILASI.COM - Jujur saja ngeblog yang sudah saya lakukan selama 7 tahun ini sudah membesarkan nama saya didunia internet meski belum populer namun setidaknya kalau ada yang menyebut blog ini sebagian blogger sudah tahu kalau itu milik saya. Blog juga sudah memberikan recehan yang lumayan untuk sekedar beli beras.
Fokus Youtube

Namun Akhir-akhir ini semangat untuk ngeblog terus menurun dari waktu kewaktu padahal banyak blog yang harus saya urus. Bagaimana tidak sebulan yang lalu saya mendaftarkan domain TLD baru yang beralamatkan palinguntung com seharusnya saya lagi giat-giatnya membuat postingan. Total semua blog TLD jadi ada 4 belum termasuk 1 web toko online. Namun melihat perkembangan Google yang semakin selektif menampilkan blog-blog yang tampil dipencariannya saya kok jadi pesimis.

Rasa pesimis ini bukan tanpa alasan, faktanya trafik blog-blog saya cenderung turun meski saya sudah posting seperti biasa walaupun tidak banyak sih namun setidaknya masih aktif. Resiko dari ngeblog dengan menggunakan domain tingkat tinggi atau TLD ya memang begitu disaat blog tersebut minim trafiknya sedang domain harus tetap dibayar perpanjangannya kalau mau tetap online, Hati pun jadi galau terbayang bagaimana nanti membayar perpanjangannya?

Berbeda jika menggunakan domain gratisan seperti blogspot tak pernah pusing memikirkan biaya perpanjangan. Namun seperti kata pepatah "Layar sudah terkembang pantang mundur kebelakang" saya harus tetap tegar menghadapinya. Bukankah saya sudah mengetahui dari awal kalau ngeblog menggunakan domain TLD seperti itu?

Disisi lain saya memiliki sebuah channel YouTube yang bisa dibilang mulai menghasilkan uang yah meskipun belum banyak namun yang menjadi catatan saya kok sepertinya lebih mudah bermain Youtube. Beberapa Fakta yang mendasari pernyataan saya tersebut :

1.Meski hanya bermodalkan 56 video orisinil saya mampu mendatangkan pengunjung 1000++ tiap harinya. Bandingkan dengan blog ini meskipun jumlah artikelnya sudah 800++, Pv nya baru dikirasan 2000.

2.Membuat video lebih mudah dibandingkan membuat artikel

3.Video baru langsung tampil dipenelusuran Youtube, berbeda dengan artikel blog terindeksnya lama.

Dari fakta -fakta tersebut membuat saya bertanya-tanya apakah saya harus fokus ke YouTube saja meninggalkan blog? Sayapun sudah menulis perbandingan antara blog dan YouTube diartikel berikut : Blogger Vs Youtube, Mana yang lebih Menjanjikan?

Sebenarnya saya mau keduanya berjalan beriringan namun sepertinya saya harus menentukan skala priorotas. Jika memang saat ini Youtube lebih menguntungkan porsi bermain Youtube bisa diperbanyak agar saya bisa upload video tiap hari. Kalau masih sempat membuat artikel bolehlah tapi kalau nggak sempat ya bisa besoknya.

Jika memang benar saya akan lebih fokus ke YouTube tentunya saya harus mulai membuat daftar ide untuk dibuat video jadi begitu ada waktu luang saya bisa langsung membuat video. Semoga saja apa yang saya rencanakan bisa berjalan dengan baik kalau tidak ya mungkin itu belum rezeki saya. Tetap Semangat ! 
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

5 komentar

Apa pun yang direncanakan semoga selalu sukses mas Dwi

Balas

Makasih Bang,...Sukses juga buat Bang Martin

Balas

Siap mas, mas Dwi juga selalu semangat ya..

Balas

Lha, kok kebalik to, pak Dwi, saya masih kesulitan kalau bikin video. Selain sarana, ilmu juga masih cetek kalau urusan yang satu ini he he he.

Balas

Coba bikin video terus mba...lama lama jadi mudah....nggak pakai mikir yang rumit rumit...

Balas

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan