Blog Menurun Performanya Harus Diapakan?

Blog Menurun Performanya Harus Diapakan?

MEDIAKOMPILASI.COM – Apa yang sobat harapkan dari blog yang sobat miliki? Tentunya trafik yang melimpah bukan. Apalagi jika sobat menggunakan blog tersebut untuk mencari penghasilan, trafik nomor satu. Satu demi satu artikel dipublikasikan sampai jumlahnya banyak, blogwalking sana-sini, share artikel dimedia sosial semuanya dilakukan demi sebuah trafik.
Blog Menurun

Kerja keras akan terbayar jika trafik blog bagus karena penghasilanpun akan datang misalnya dari Adsense, iklan mandiri atau artikel review. Jika blog sedang naik daun atau performanya sedang bagus bisa dibilang blogger akan mendapatkan Pasive Income istilahnya tinggal menikmati hasilnya.

Namun demikian tak selamanya blog mangalami masa kejayaan terkadang performa blog kian hari kian menurun dengan berbagai sebab sehingga trafik makin turun begitu juga penghasilan.Jika blogger mengalami ini pasti akan kalang kabut dan berusaha mengembalikannya seperti semula.

Seperti yang terjadi akhir-akhir ini banyak blogger yang mengeluh trafiknya turun drastis sejak Google merilis Algoritma terbarunya. Saya termasuk yang merasakannya bahkan ada 1 blog saya yang performanya kian hari kian menurun sampai tiitk yang terendah padahal sebelumnya rutin menyumbang penghasilan dari Adsense.

Masalah lain muncul dimana blog tersebut sebentar lagi harus diperpanjang paket domain dan hostingnya. Inilah yang menimbulkan keraguan dihati saya apakah akan terus diperpanjang atau akan diapakan? Dijual atau dibiarkan saja tidak diperpanjang alias dihapus?

Saya sendiri tidak gegabah dalam memutuskan karena bagi saya domain adalah aset online yang berharga. Saya mempertimbangkan beberapa hal berikut:

1.Meninjau Penghasilan 1 tahun Terakhir
Bagaimanapun juga sebagai blogger yang mencari penghasilan dari internet perlu memperhatikan untung dan rugi. Jika memang blog tersebut lebih banyak merugi tentunya tidak ada gunanya mempertahankannya.

Elemen yang pas untuk menentukan apakah rugi atau untung tentunya dengan melihat penghasilannya selama setahun kemudian dikurangi biaya untuk perpanjangan domain atau hosting. Jika memang masih ada untung meskipun kecil sebaiknya dipertahankan pokoknya minimal tidak rugi.

2.Umur Domain
Faktor yang cukup berpengaruh dalam peringkat pada mesin pencari adalah usia domain atau DA ( Domain authority). Semakin lama usia domain tentu DA nya makin tinggi apalagi jika dialirkan backlink kedomain tersebut.

Makanya jika umur domain sudah lama lalu tidak diperpanjang sungguh sayang karena meskipun ternyata trafiknya kurang bagus tapi tetap berpeluang mendapatkan penghasilan  dari artikel review karena biasanya mencari DA yang bagus minimal 20.

3. Mulai dari Bawah lagi
Performa blog yang menurun tetap berpeluang meningkat kembali jika memperbaiki kesalahan misalnya tadinya jarang posting jadi sering posting atau memperbaiki kualitas artikel. Menurut saya lebih baik melanjutkan domain yang sudah ada dari pada membangun blog baru karena blog lama sudah punya modal Umur domain ,sudah lama terindeks dan ada backlinknya.

Berbeda dengan membangun blog baru butuh waktu lama sampai domain benar-benar terindeks belum lagi harus kerja keras membangun backlink dari nol.

4. Rugi Sekarang Untung Kemudian
Walaupun misalnya penghasilan dari blog tidak mampu untuk menutupi biaya perpanjangan domain tapi dari pada menghapus domain lebih baik terus mengelolanya. Tidak masalah tahun ini rugi toh biaya perpanjangan domain tidak mahal apalagi yang custom domain hanya bayar domain saja.

Selagi sobat ada uang untuk memperpanjangnya saya rasa lebih baik memperpanjangnya karena bisa saja setelah sobat serius mengelolanya trafiknya kembali bagus dan penghasilanpun datang.

Kesimpulan dari artikel ini adalah jika blog menurut performanya jangan terburu-buru dihapus  atau dijual. Lebih baik memperbaiki cara ngeblognya agar trafik kembali naik. Semoga Bermanfaat !
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 komentar

Bermanfaat sekali tulisan ini mas Dwi, memberi semangat kepada para blogger, memberi solusi alternatif lengkap dengan ukuran untung dan ruginya. Luar biasa, menurut saya ini updatean yang menjelaskan masalah sekaligus solusi alternatif, hebat... suka dengan tulisan ini mas...di bagian solusi itu yang menarik. kagum...

tetap semangat ya mas Dwi...

Balas

Wah...biasa aja kok mas...menulis lepas saja. Kalau ada manfaatnya syukur banget

Balas

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan