Skip to main content

Cara Mudah Mengetahui Frame rate dan Bit Rate Video

MEDIAKOMPILASI.COM - Tahukah Anda kalau Youtube Merekomendasikan video yang akan diunggah frame ratenya 24 fps atau lebih dan Bit rate nya minimal 5 Mbps untuk video HD ? Bisa jadi anda tidak begitu memperhatikan data data ini. Padahal data-data tersebut cukup berpengaruh terhadap kenyaman penonton. Tentu Anda pernah mengalami saat menonton YouTube mengalami buffering, Nah ini bisa diakibatkan karena Frame rate dan Bit rate tadi.
Frame rate dan Bit Rate

Menurut Wikipedia Bit rate adalah jumlah bit yang disampaikan atau diproses per unit waktu dengan satuan bit namun seringkali disingkat contohnya Kbps atau Mbps sedangkan frame rate adalah ukuran bagaimana gerakan gambar yang ditampilkan secara berurutan dengan satuan frame rate.

Seperti Anda ketahui kebanyakan pemain Youtube merekam video dengan menggunakan HP dan setelah disimpan dimemori data-data [Rincian] yang ditampilkan cukup singkat misalnya pada HP Samsung Galaxy hanya mencantumkan Judul, waktu ,durasi, ukuran video. Lalu bagaimana cara mengetahui Frame rate dan Bit Rate Video?

Saya sendiri awal-awal menjadi pemain YouTube tidak begitu memperhatikan frame rate dan Bit rate ini. Kalau saya sih yang penting videonya kualitas HD. Namun seiring dengan berjalannya waktu pengetahuan saya semakin bertambah karena ingin menghasilkan sebuah video yang berkualitas saya jadi tahu istilah frame rate dan bit rate. Istilah ini sering saya jumpai saat saya mengedit video melalui software video editing.

Baca Juga : 5 Ide Video YouTube Potensial Mendatangkan penonton 

Nah…pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi seputar cara mudah mengetahui Frame rate dan Bit rate video. Perangkat yang digunakan untuk keperluan ini adalah menggunakan komputer atau laptop dengan bantuan Aplikasi pemutar video MPC-HC [Media Player Classic Home Cinema]. Berikut langkah-langkahnya ;

1.Buka File Video yang ingin dicek dengan MPC-HC sebagai contoh saya ingin mengecek video yang berjudul ”Lovebird”
2.Klik File >> PROPERTIES pada Menu Aplikasi.
3.Coba lihat rincian pada bagian bawah pada properties [lihat gambar]. Disitu terlihat video hasil rekaman Hp saya ukurannnya 1280x720, Frame ratenya 15 fps sedangkan Bit Ratenya 12001 kbps.

Frame rate dan Bit Rate

Dari rincian ini saya jadi mengetahui kalau kualitas dari hasil rekaman video hp saya masih belum memenuhi rekomendasi dari Youtube dari sisi Frame ratenya meskipun kualitasnya sudah HD. Itulah mengapa saya sebenarnya ingin mengganti kamera khusus untuk bermain Youtube seperti handycam atau minimal kamera saku. Walaupun sebenarnya saya bisa saja mengedit video supaya frame ratenya lebih besar dari 15 fps hanya saja tidak merubah kualitas video Karena sumbernya sudah rendah.

Oh ya untuk mengetahui ukuran video yang direkomedasikan Youtube silahkan kunjungi link ini.

Bagaimana mudah bukan cara mengetahui frame rate dan Bit rate Video? Semoga bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar