Skip to main content

Rahasia Sukses Bisnis Rumah Kontrakan

MEDIAKOMPILASI.COM – Tahukah Anda sebuah bangunan rumah bisa dimanfaatkan untuk investasi jangka pendek? Tentunya Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bisnis rumah kontrakan. Bisnis ini memang sangat menguntungkan apalagi jika lokasi rumahnya strategis misalnya didaerah kawasan industri.
Bisnis Rumah Kontrakan

Modalnya memang cukup besar bisa mencapai ratusan juta namun keuntungannya akan mengalir setiap bulannya. Sebagai contoh diperumahan saya ada sebuah rumah hook yang disulap menjadi 4 petak rumah kontrakan dengan sewa Rp.600.000 Per bulan. Setiap bulannya tentu pemiliknya akan mendapatkan omset bersih Rp.2.400.000 per bulan. Cukup menguntungkan bukan?

Namun faktanya tidak semua bisnis rumah kontrakan baik yang berupa rumah utuh atau rumah petakan ada yang mengisi terkadang sepi peminat atau atau peminatnya ada tapi baru mengontrak sebulan atau 2 bulan sudah pindah lagi. Hal ini sering saya lihat diperumahan saya bahkan ada didepan rumah saya, penghuninya gonti-ganti tidak ada yang bertahan lama.

Dari informasi yang saya dapatkan ternyata pengontrak memilih pindah karena ada sebabnya padahal sekilas rumahnya masih bagus. Nah… inilah yang akan saya bagikan pada artikel kali ini harapannya tentu bisa menjadi rekomendasi khususnya bagi anda yang ingin investasi melalui rumah. Berikut informasinya :

Rahasia Sukses Bisnis Rumah Kontrakan

1.Pastikan kondisi rumah dalam keadaan baik

Kondisi rumah biasanya menjadi faktor utama pengontrak jika kondisinya bagus tentunya pengontrak akan betah. Kondisi rumah tidak hanya dilihat dari temboknya saja yang bagus namun ada faktor lain yang lebih penting misalnya genteng atau pembangunan air hujan (talang) tidak bocor.

Hal ini yang terkadang sulit untuk dideteksi calon pengontrak rumah dan terkadang pemilik rumah tidak mau tahu. Akibatnya setelah beberapa lama menghuni barulah ketahuan kalau rumahnya bocor sehingga membuat penghuninya tidak betah.

Selain itu kondisi pintu juga menjadi daya tarik pengontrak apabila pintunya kuat dan terbuat dari kayu bukan triplek dilengkapi dengan gembok tentunya pengontrak akan tenang menghuni rumah tersebut apalagi jika rumahnya dilengkapi dengan pagar.

2.Air bersih selalu tersedia

Ini juga menjadi salah satu daya tarik pengontrak, jika airnya melimpah atau selalu tersedia disepanjang tahun pengontrak akan tenang. Apalagi jika sumber airnya dari sumur bor jadi tidak perlu membayar air lagi seperti rumah kontrakan yang hanya mengandalkan pasokan air dari PDAM.

Daya tarik lainnya adalah disediakannya toren atau tendon air jadi penghuni tidak perlu bolak balik memompa air atau jika pasokannya dari PDAM ada stok air.

3.Kamar Mandi Disetiap rumah

Ini berlaku bagi rumah petakan karena tak jarang rumah petakan yang kamar mandinya rame-rame untuk beberapa pintu sekaligus. Untuk lajang mungkin tidak masalah tapi untuk keluarga akan jadi masalah tersendiri kraena menyangkut privasi suami istri.

Itulah mengapa jika anda ingin membuat rumah petakan sebaiknya sediakan kamar mandi disetiap pintu agar penghuninya nyaman dan betah.

4.Parkir memadai

Pertimbangkan untuk menyediakan ruang kosong dirumah yang akan dikontrakan semacam teras yang nantinya bisa dijadikan parkir kendaraan bermotor maupun mobil kalau rumah petak minimal motor mudah masuk.

Keamanan harus menjadi perhatian terutama untuk rumah petak jangan sampai orang asing mudah masuk kekomplek rumah kontrakan.

5.Biaya sewa yang terjangkau

Berdasarkan penelusuran dirumah-rumah yang dikontrakan dipermahan saya biasanya rumah yang sudah full renovasi atau sudah bagus biasanya sewanya mahal. Akibatnya tentu hanya segmen tertentu saja yang mau menyewa. Pertimbangkan harga pasaran sewa rumah kalau mau cepat laku sebaiknya jangan terlalu mahal dari harga pasaran.

Jika pasang tarif mahal tentunya hasil investasinya tidak bisa cepat dan belum tentu penghuninya betah. Bisa saja setelah menghuni kemudian menemukan rumah yang lebih murah resikonya tentu lebih memilih untuk pindah.


Demikianlah informasi seputar Rahasia Sukses Bisnis Rumah Kontrakan Semoga bermanfaat !
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar