Tips Memilih Cetakan Martabak Mini Untuk Jualan

Tips Memilih Cetakan Martabak Mini Untuk Jualan

MEDIAKOMPILASI.COM – Memilih bisnis martabak mini merupakan sebuah pilihan yang tepat karena memang bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar. Martabak juga salah satu makanan sepanjang masa tidak ada matinya. Bisnis martabak mini juga termasuk bisnis yang mudah karena bisa dipelajari siapa saja dan bahan bakunya mudah ditemukan sehingga cocok untuk pebisnis pemula.
Tips Memilih Cetakan Martabak Mini

Namun meskipun mudah untuk dirintis ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus salah satunya adalah pemilihan cetakan martabak mini.  Hal ini bisa terjadi karena dipasaran sendiri terdapat berbagai macam cetakan martabak mini mulai dari bahannya, ukurannya sampai merknya.

Jika salah beli akan mempengaruhi bisnis martabak mini misalnya saja ukurannya kebesaran jadi harganya lebih mahal dari harga pasaran. Bagi pemula mungkin pemilihan cetakan bukan hal yang mudah, harus mencari informasi sebanyak mungkin sebelum memutuskan untuk membeli cetakan martabak mini.

Nah..untuk membantu anda dalam menentukan cetakan martabak mini pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi seputar Tips memilih Cetakan Martabak Mini Untuk Jualan. Berikut informasi selengkapnya :


Tips Memilih Cetakan Martabak Mini Untuk Jualan


1.Pilihlah Cetakan berbahan Alumunium Tebal

Dipasaran terdapat berbagai macam bahan cetakan diantaranya Alumunium atau besi. Jika untuk martabak mini saya sarankan untuk memilih cetakan martabak berbahan alumunium tebal karena banyak kelebihannya seperti cetakan cepat panas kemudian anti karat. Berbeda dengan cetakan berbahan besi jika kena air dan lama tidak dipakai akan karatan.

Cetakan alumunium mudah dibersihkan dengan air sedangkan yang berbahan besi justru pantangannya terkena air.

2.Pilihlah cetakan berlapis Teflon

Pernahkah anda memasak dengan alat dapur yang tanpa dilapisi Teflon? Tentunya akan ada bahan masakan yang menempel dialat memasak berbeda dengan alat memasak yang menggunakan Teflon tidak akan lengket.

Begitu juga dengan cetakan martabak mini meski berbahan alumunium tapi tanpa lapisan anti lengket tidak menjamin saat mencetak tidak lengket berbeda dengan cetakan yang berlapis Teflon dijamin mudah mengangkat martabaknya.

3.Pilih cetakan yang berisi 7 lubang

Dipasaran terdapat cetakan martabak mini yang lubangnya hanya berisi 1, 4 ,7 atau 8 lubang. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya memilih cetakan martabak mini yang berisi 7 lubang karena tidak terlalu kecil tidak juga besar jadi pas untuk jualan.

4.Pilih cetakan dengan tinggi lubang cetakan 2 cm atau lebih

Poin ini menurut saya yang paling penting karena jika tinggi cetakan kurang dari 2 cm hasil cetakannya kurang bagus karena bagian sisinya kurang terlihat jadi nantinya martabaknya seperti kue kamir yang tidak berkuping.

Untuk itulah sebaikmya jika akan membeli cetakan martabak mini terutama beli secara online perhatikan apakah tinggi cetakannya 2 cm atau tidak.

5.Pilih Cetakan dengan diameter setiap lubang 8 cm

Diameter cetakan akan mempengaruhi harga jualnya karena jika besar tentunya tidak bisa dijual murah. Nah menurut saya ukuran yang sedang adalah yang diameter lubang cetakannya sekitar 8 cm. Dengan diameter sebesar itu harga jualnya jadi lebih murah antara Rp.1000 hingga 2500 tergantung bahan baku dan rasanya.

6.Pilihlah cetakan dengan diameter total 28.

Ini juga sering luput dari perhatian padahal diameter total cetakan sangat menentukan tingkat kematangan dari martabak mini itu sendiri, Jika ukurannya lebar melebihi 28 cm makan bagian lubang yang jauh dari kepala kompor matangnya akan kurang sempurna.

Ukuran diameter 28 cm menurut saya paling pas dalam artian cocok untuk kompor gas standar dengan kepala kompor kecil.

7.Pilih cetakan dengan lapisan penghantar panas

Saat mencetak martabak sangat dibutuhkan tingkat kepanasan yang stabil karena jika terlalu panas adonan akan cepat gosong tapi jika terlalu kecil adonan tidak mengembang namun terkadang meski cetakan sudah panas tapi hasilnya kurang bagus misalnya matang kurang merata.

Hal ini biasanya disebabkan karena cetakannya tanpa dilapisi penghantar panas  jadi seperti penggorengan biasanya. Makanya pilihlah cetakan martabak mini yang dilapisi lapisan penghantar panas. (lihat gambar).
Tips Memilih Cetakan Martabak Mini

8.Pilih cetakan dengan tutup kaca

Sebenarnya ini hanya opsional saja karena fungsi tutup cetakan martabak mini bahan apapun tetap sama yaitu menyimpan panas jadi adonan cepat matang. Namun untuk mengontrol apakah adonan sudah matang atau belum dengan mudah, tutup cetakan berbahan kaca lebih pas dari pada yang berbahan alumunium.

Jadi saat mencetak tidak perlu bolak-balik membuka tutup hanya untuk mengecek sudah matang atau belum karena jika tutupnya kaca akan terlihat jelas.

Oh Ya untuk melengkapi tips ini silahkan tonton video yang sudah saya unggah ke YouTube Disini.


Demikianlah Informasi seputar Tips Memilih Cetakan Martabak Mini Untuk Jualan berdasarkan pengalaman pribadi selama berbisnis martabak manis mini semoga bermanfaat untuk bisnis Anda.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan