Skip to main content

Tutorial Cara Konfigurasi Hotlink Protection Di cPanel

MEDIAKOMPILASI.COM - Cara konfigurasi hotlink protection di cPanel bisa anda lakukan melalui tutorial berikut ini. Anda pasti bertanya, apa sebenarnya hotlink protection dan fungsinya? Ini merupakan sebuah fitur yang memungkinkan anda untuk memblokir website lain yang menggunakan link yang ada di website anda. Hal ini mungkin terjadi karena beberapa alasan. Karena adanya perihal yang spesifik, anda ingin link anda supaya tetap aman dan tidak disebarluaskan oleh web tertentu yang tidak bertanggung jawab. Karena itu, dengan menerapkan cara konfigurasi hotlink protection di cPanel tersebut, sudah pasti anda akan bisa melindungi situs anda dari hal-hal semacam itu.
Tutorial Cara Konfigurasi Hotlink Protection Di cPanel

Alasan lainnya dari penerapan cara konfigurasi hotlink protection di cPanel ini adalah karena nantinya akan berpotensi meningkatkan bandwidth penggunaan dari akun web hosting yang anda gunakan. Apabila anda sudah menggunakan layanan hosting domain yang terpercaya kemudian memiliki akses menuju cPanel, sudah pasti anda akan bisa melakukan ini semua dengan mudah dan signifikan.

Jadi tidak ada yang perlu anda cemaskan atau khawatirkan lagi di dalamnya. Pada dasarnya, anda akan bisa menerapkan itu semua dengan lebih mudah dan pasti nyata. Dari sini yang anda butuhkan hanyalah akses menuju cPanel yang ada pada akun hosting yang anda pergunakan didalamnya.

Panduan Cara Konfigurasi Hotlink Protection Di cPanel


Tutorial Cara Konfigurasi Hotlink Protection Di cPanel
Idwebhost

Cara konfigurasi hotlink protection di cPanel tahap awal adalah dengan masuk ke bagian security yang ada di cPanel anda. Dari sini anda akan bisa melihat bahwa banyak sekali opsi yang akan anda temukan didalamnya. Anda akan melihat menu berupa IP Blocker, kemudian ada juga SSL/TLS. Ada juga menu berupa Leech Protection, kemudian diikuti dengan Mod Security dan lain sebagainya. Di menu ini, opsi yang harus anda pilih adalah Hotlink Protection yang ada didalamnya. Setelah masuk ke bagian hotlink maka disini anda bisa segera melakukan konfirgurasi yang ada didalamnya.

Jika ada notifikasi bahwa hotlink protection anda statusnya sedang DISABLED, maka anda bisa memilih menu ENABLE untuk mengaktifkan proteksi atau perlindungan tersebut. Dengan cara inilah maka akan semakin banyak lagi manfaat yang nantinya akan bisa anda peroleh dan temukan didalamnya. Anda selanjutnya bisa masuk ke langkah konfigurasi dimana anda tinggal memasukan saja sejumlah URL yang tidak boleh atau dilarang mengambil link apapun dari website anda. Dengan demikian, anda akan bisa langsung memberikan perlindungan yang nyata pada website anda tersebut. Dari sinilah semuanya itu akan bisa anda capai dengan mudah dan maksimal.

Penjelasan Opsi Dan Fitur Yang Ada Pada Menu Hotlink

Cara konfigurasi hotlink protection di cPanel juga perlu anda ketahui dari beberapa opsi dan fitur yang tersedia didalamnya. Berikut adalah penjelasan rinci mengenai hal tersebut. Pertama, anda akan melihat adanya tombol ENABLE. Dengan adanya tombol yang satu ini, maka anda akan bisa mengaktifkan proteksi terhadap hotlink tersebut dengan mudah dan signifikan. Caranya adalah dengan menambahkan website yang menggunakan link file pada website anda tersebut. Jadi pastikan untuk memasukan nama website dengan tepat dan pasti yang ingin anda blokir tersebut.

Tutorial Cara Konfigurasi Hotlink Protection Di cPanel
Idwebhost

Allow Access adalah pilihan dari domain apa saja yang nantinya bisa mengakses link dari website anda tersebut. Dalam hal ini, anda bisa mencantumkan beberapa nama website yang menurut anda diperbolehkan untuk menggunakan link yang ada di situs anda. Secara default sebenarnya ini sudah terisi dengan nama domain anda. Selain itu, mana lagi website yang anda perbolehkan mengaksesnya? Anda sendiri yang bisa melakukan pengaturan lebih lanjut untuk bisa mendapatkan keuntungan yang ada didalamnya dengan mudah dan segera.

Pada bagian selanjutnya adalah block direct access. Ini adalah sebuah opsi dimana anda bisa memisahkan file mana saja yang akan anda proteksi nantinya. Dengan cara tersebut, anda akan bisa memfilter mana sekiranya file yang penting dan ingin anda lindungi sehingga tidak bisa diakses atau anda blokir untuk pihak lain. Biasanya ini juga sangat penting untuk sejumlah file signifikan yang anda ingin memberikan proteksi lebih didalamnya.

Opsi Tambahan Yang Perlu Anda Ketahui

Cara konfigurasi hotlink protection di cPanel juga bisa anda terapkan dengan mematuhi beberapa opsi tambahan yang anda perlukan ddialamnya. Opsi tambahan apa sja itu? Opsi tambahan yang dimaksud disini adalah allow direct request. Anda akan bisa melihat bahwa sebetulnya ini akan bisa anda terapkan dengan mudah dan tepat. Apabila anda ingin melakukannya dengan mudah dan tepat, sudah pasti caranya adalah dengan memahami semua potensi yang anda butuhkan didalamnya. Jadi jika anda ingin mengijinkan link tertentu atau konten tertentu untuk di-share inilah yang bsia anda terapkan didalamnya.

Redirect The Request To The Following URL menjadi opsi tambahan lain yang akan anda temukan dalam cara konfigurasi hotlink protection di cPanel ini. Pada dasarnya, ini merupakan saalah satu opsi yang akan bisa mengalihkan request terhadap URL yang anda blokir tersebut. Dengan adanya pengalihan ini, sudah pasti akan lebih banyak yang bisa anda dapatkan dan manfaatkan didalamnya. Setelah semua anda atur perubahan dan konfigurasi yang ada didalamnya, anda bisa langsung memilih submit untuk menyimpan perubahan yang sudah anda buat tersebut. Jika ini sudah anda terapkan, maka anda pun akan bisa mencapai semua yang anda inginkan dengan mudahnya.

Tutorial Cara Konfigurasi Hotlink Protection Di cPanel
Idwebhost

Jika anda sudah menerapkan cara konfigurasi hotlink protection di cPanel di atas, maka setidaknya situs anda akan bisa terproteksi dan terlindungi dipakai di website lain. Anda pun akan bisa menjaga website anda dari orang-orang yang tak bertanggung jawab yang ingin mengambil informasi dari situs anda. Tapi perlu anda perhatikan juga, apabila setelah menerapkan cara ini, lalu muncul masalah gambar atau video tidak bisa tampil di server, maka cek saja kembali domain anda. Apakah domain tersebut sudah anda tambahkan pada kolom URL To Allow Access atau belum. Jika belum maka segeralah tambahankan dan anda akan melihat solusinya dengan cepat.

Kesimpulan

Pada dasarnya penerapan dari cara konfigurasi hotlink protection di cPanel ini akan bisa anda terapkan dengan mudah apabila anda mampu melakukan semuanya dengan mudah dan tepat didalamnya. Semua itu akan bisa mendatangkan kepada anda lebih banyak manfaat yang akan bisa anda peroleh dalam jangka panjang. Pemakaian bandwidth yang ada didalamnya juga sebetulnya tergantung dari server, tapi kalau terlalu banyak campur tangan dari pihak lain yang mengambil informasi dari web anda maka hal tersebut akan memberikan masalah lainnya.  Jadi segeralah memberikan proteksi atau perlindungan yang dibutuhkan oleh website atau situs anda supaya nantinya bisa berjalan lagi dengan sebagaimana mestinya anda butuhkan tersebut kapan saja anda mau. Kalau sudah demikian, pasti akan lebih banyak yang bisa anda peroleh.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar