Skip to main content

Desain Blog Menentukan Penghasilan Adsense?

desain blog

MEDIAKOMPILASI.COM – Penghasilan Adsense Naik? Ini tentu menjadi dambaan publisher Adsense baik yang masih pemula ataupun mastah. Apalagi sekarang ini meraih penghasilan dari Adsense lebih sulit dari masa sebelumnya. Banyak publisher adsense yang mengeluhkan penurunan ini walaupun tak sedikit publisher yang adem ayem karena tak terpengaruh.

Bagi publisher yang penghasilannya menurun tentu akan berusaha semaksimal mungkin agar naik kembali dengan menempuh berbagai cara. Saya termasuk publisher Adsense yang merasakan penurunan penghasilan. Buat saya meski terasa sulit namun saya tak menyerah begitu saja, minimal saya melakukan hal-hal yang bisa meningkatkan penghasilan adsense.


Beberapa cara yang dipercaya dapat meningkatkan penghasilan Adsense :

1.Meningkatkan trafik

Meski bukan jaminan namun dengan meningkatnya trafik blog, peluang kliknya juga akan semakin besar dengan catatan nilai klik iklannya tidak menurun. Faktanya meningkatkan trafik ini tidak mudah buat saya. Meskipun saya rajin menulis namun tidak serta merta meningktakan trafik.

Keberutungan sepertinya belum memihak kepada saya namun tidak membuat saya patah semangat. Saya tetap berusaha menulis dan terus menulis. Toh meski penghasilan Adsense menurun saya masih bisa mendapatkan penghasilan dari cara lainnya seperti menjadi influencer.

2.Riset Kata Kunci

Dengan melakukan riset kata kunci saya bisa mengetahui kata kunci mana yang lebih berpeluang mendapatkan trafik dan menampilkan kata kunci dengan nilai klik iklan yang lebih menjanjikan. Apakah ini mudah? Tentu saja tidak karena semua publisher juga melakukan hal yang sama.

Jadi tidak menjamin kalau saya sudah melakukan riset kata kunci kemudian membuat artikelnya otomatis trafik blog saya langsung meningkat. Sekali lagi keberuntungan masih bermain disini.

3.Menggunakan Desain Blog yang Tepat

Meski kelihatannya sepele tapi fakatnya desain blog ikut menentukan penghasilan Adsense. Kok Bisa? Pertama, Google saat ini sangat memperhatikan desain blog yang responsive dan kecepatannya ikut menentukan peringkat sebuah blog. Sehingga jika desain nya responsif kecepatan versi mobile skornya bagus lebih berpeluang masuk halaman satu Google sehingga otomatis trafik naik, penghasilanpun naik. 

Namun tentu tidak sekedar desain yang loadingnya cepat yang paling utama tentu artikelnya berkualitas atau tidak.

Kedua, Posisi iklan atau jenis iklan ikut berpengaruh terhadap jumlah klik iklan khususnya jika dilihat dari HP karena sumber trafik blog saat ini kebanyakan dari HP. Masalahnya tidak semua desain blog posisi slot iklannya stategis apalagi jika menggunakan template gratisan. Jika Publisher memiliki kemampuan Coding yang baik mungkin bisa memodifikasi agar iklannya bisa ditempatkan dilokasi yang strategis.

Parahnya lagi ternyata pemasangan script iklan Adsense cukup memberatkan loading blog apalagi iklan yang dipasang lebih dari 1. Nah ini tentu cukup menyulitkan bagi pubelisher yang awam tentang Coding seperti saya. Bagaimana cara memodifikasi desain blog agar bisa meletakkan slot ikaln yang tepat tapi tidak memberatkan Loading Blog.

Lalu bagaimana cara instannya? Mudah Kok, Sobat cukup membeli template blog yang responsive fast loading veris moble serta slot iklan yang lengkap.

Saya sendiri lebih memilih menggunakan template premium Kompiflexible buatan Adhy Suryadi seharga Rp.100.000. Setelah saya menerapkan template tersebut ternyata loading blog versi mobile meningkat signifikan dari skor pagespeed Insight 80 menjadi 96. Dengan menggunakan template tersebut saya bisa meletakan iklan dilokasi yang strategis seperti di post, atas post, bawah psot, bawah artikel terkait, bawah komentar atau diside bar.

Hebatnya lagi meski saya memasang 3 unit iklan di Home dan 5 dipost ternyata tidak membuat loading blog menjadi lambat. Itulah mengapa akhirnya saya memutuskan untuk mengganti 8 blog saya dengan template tersebut.

Setelah seminggu lebih saya mengganti template, Alhamdulillah ada kenaikan jumlah Klik sebesar 31% dibandingkan Minggu sebelumnya. Sedangkan kenaikan trafik belum terasa.  Wajar saja karena kenaikan trafik tidak hanya faktor desain blog saja.

Kesimpulannya Apakah Desain Blog Menentukan Penghasilan Adsense? Tentu saja bisa namun tentu desain yang responsive, fast loading versi Mobile serta lokasi slot iklan dilokasi strategis. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar