Skip to main content

Jam Ideal Belajar Siswa Disekolah

Anak SD

MEDIAKOMPILASI.COM – Dulu saat saya sekolah di SD, SMP maupun SMU jam belajar sekolahnya semuanya berangkat pagi kebetulan saya sekolah Negeri. Saya merasakan keuntungan jika belajar dipagi hari hingga Siang. Jarang sekali saya merasa lelah atau mengantuk apalagi dijam-jam pertama belajar sehingga materi pelajaranpun bisa diserap dengan baik.

Kendala yang paling saya rasakan waktu itu adalah ketika saya bersekolah di SMU kebetulan jam pulangnya sekitar Jam 13.00 yaitu jam-jam terakhir mata pelajaran setelah jam istrirahat ke-2. Terkadang konsentrasi saya berkurang karena perut mulai lapar dan badan terasa capek sehingga terkadang mengantuk.

Tapi itu dulu dan keadaannya berbeda dengan sistem pendidikin Zaman sekarang dan Jumlah siswanya tidak sebanyak sekarang. Sekolah Negeri masih menjadi tujuan untuk menyekolahkan anak-anak karena biayanya murah bahkan gratis. Apalagi pemerintah sendiri mewajibkan pendidikan dasar 9 tahun.

Dampaknya didaerah yang jumlah anak usia sekolahnya banyak mau tak mau sekolah Negeri dituntut untuk menampung sekolah sebanyak-banyaknya. Wajar saja jika kemudian Sekolah menerapkan Rombongan belajar (Rombel) maksudnya ada kelas 1 A, 1B dst tapi menggunakan ruangan yang sama sehingga jam belajarnya berbeda-beda.

Baca Juga : Sistem Zonasi sekolah diPPDB Siapa Diuntungkan?

Contohnya disekolah Anak saya, kelas 1 nya ada 4 kelas 1A, 1B, 1C, 1D, ruangan yang tersedia ada 2 kelas sehingga 1 ruang kelas digunakan untuk 2 kelas jadi otomatis ada 2 rombongan belajar dengan 2 guru jadi setiap guru memegang 2 kelas.

Nah…kebetulan Anak saya tahun ini naik kekelas 3 SD dimana sekolahnya di SD Negeri di Serang Baru Bekasi. Sewaktu kelas 1 dan 2 jam belajarnya dibagi menjadi 2 rombongan belajar yaitu Jam 7.30-9.15 dan Jam  9.45-11.15. Tapi setelah Naik kekelas 3 jam belajarnya berubah tapi masih terbagi menjadi 2 rombongan belajar yaitu Jam 12.00-14.00 dan 14.00-16.00.

Sebagai orang tua saya ikut merasakan bagaimana “repotnya” anak saya karena biasanya jam segitu istirahat tapi sekarang harus belajar disekolah belum lagi cuaca yang kurang bersahabat terutama jika musim kemarau seperti sekarang ini. Saya juga ikut repot karena harus antar jemput anak saya disiang bolong karena jaraknya agak jauh, Nggak tega kalau harus berangkat sendiri apalagi jalan kaki.

Tapi Sebagai Wali murid saya tidak bisa berbuat apa-apa karena itu sudah menjadi kebijakan Sekolah. Saya harus bisa mengarahkan anak saya agar bisa beradaptasi dengan Jam Belajar yang semacam itu.

Sebagai Orang tua tantangan terbesarnya adalah membiasakan anak untuk mau belajar disaat sedang ada dirumah karena waktu luangnya banyak mulai dari pagi hingga menjelang siang dan selepas pulang sekolah.

Jika berangkat pagi aktivitas belajarnya akan lebih maksimal, Pagi berangkat lalu pulang paling lama jam 11.15. Sesampai dirumah kemudian makan siang dilanjut dengan istrirahat siang. Sorenya anak saya masih bisa mengaji Alquran. Lalu selepas Maghrib barulah anak saya belajar.

Tapi sekarang praktis Anak saya tidak bisa Istrirahat siang dan ini tentu mempengaruhi kebugaran anak saya. Sebagai orang tua saya Cuma bisa berharap anak saya bisa mudah mencerna pelajaran yang disampaikan gurunya dan mendorong anak untuk belajar dirumah karena waktu luangnya banyak. Jika tidak namanya juga anak-anak inginnya bermain dari pada belajar.

Kesimpulannya Jam ideal belajar yang ideal untuk Siswa khususnya anak SD seperti anak saya adalah Pagi hari hingga siang. Namun karena Situasi dan Kondisi yang tidak memungkinkan tak mengapa diluar jam tersebut yang penting anak mendapatkan pendidikan yang layak tapi murah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar