Skip to main content

Pengalaman Ganti PSU Komputer Akibat Mati Total

Power Supply Unit

MEDIAKOMPILASI.COM – Belum lama ini saya dibuat kalang kabut karena komputer kesayangan saya tiba-tiba mati saat sedang saya gunakan. Bagaimana tidak kalang kabut komputer tersebut saya gunakan untuk mencari penghasilan dari blog dan video YouTube. Walaupun tidak update blog maupun video saya masih tetap mendapatkan penghasilan namun blog-blog saya maupun channel YouTube saya jadi seperti tidak terurus.

Belajar dari pengalaman kerusakan-kerusakan komputer sebelumnya, saya bisa menganalisa penyebab kerusakannya. Jika masalah kerusakannya pada Software atau OS nya mungkin saya sudah angkat tangan tapi kalau kerusakannya pada Hardware saya agak mudeng meskipun sedikit. Nah untuk kerusakan komputer kali ini saya memprediksi PSU (Power Supply Unit) Bermasalah. Analisa ini berdasarakan kondisi komputer sebagai berikut :

  1. Komputer Mati meski Tombol Power Ditekan
  2. Indikator LED power Mati
  3. Kipas Prosessor Mati
  4. Kipas CPU mati

Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Tak ada jalan lain harus Ganti PSU baru karena memang PSU tersebut sudah lama saya gunakan sekitar 4 tahunan jadi wajar jika kinerja komponennya berkurang bahkan mungkin rusak sehingga mempengaruhi kinerja komponen secara keseluruhan.

Baca Juga :
Logitech K120 Keyboard Komputer Pilihan Tepat
Tehnik Komputer Dasar Blogger Perlu Tahu
Pilihan Sulit Jika Motherboard Komputer Rusak

Jika orang lain mungkin mengganti PSU komputer merupakan pekerjaan yang sulit namun bagi saya tidak karena saya dari dulu memang suka tehnik komputer jadi saya sering baca informasi yang berkaitan dengan komputer khususnya bagian Hardwarenya.

Saya langsung memutuskan untuk mengganti PSU yang rusak dengan yang baru namun karena diperumahan saya sulit untuk menemukan toko spare part komputer seperti PSU ini maka saya memutusakan untuk membelinya secara online disitus marketplace.

Oh ya karena ini pengalaman saya yang pertama ganti PSU sendiri agar lebih aman saya memilih merk PSU dan Daya yang sama meski sebenarnya semua fungsi PSU merk apapun sama saja. Kebetulan Merk PSU nya SPC 450 Watt. Setelah mengubek-ubek situs Tokopedia dan Bukalapak akhirnya ketemulah PSU yang saya cari yaitu diTokopedia, harganya Cuma Rp.88.000 belum termasuk ongkos kirim.

Setelah PSU nya sampai saya langsung memasangnya. Oh ya PSU ini memiliki ouput dengan kabel power /slot yang terpisah-pisah dimana nantinya akan dicolokkan keport untuk mencatu tegangan pada Motherboard atau Power utama (20 Pin), Power Prosesor (4 Pin), Power HDD (4 Pin) atau Power CD-Room (4 Pin).

Saat Mau memasang Power Utama saya dibuat bingung karena ternyata PSU yang saya beli meski merknya sama namun modelnya beda dan pada power utama terdapat perbedaan dimana PSU yang rusak Cuma ada 20 Pin tapi PSU yang baru ada tambahan 4 Pin jadi saat dicolokkan ke portnya tidak bisa masuk. Setelah berpikir dengan keras ternyata 4 Pin tambahan tadi bisa dilepas jadi pas 20 Pin sehingga bisa dimasukkan.

Setelah Power utama, Power Prosesor, HDD sudah tertancap semua barulah saya mencoba menghidupkannya. Namun sebelum saya menekan tombol ON saya pastikan dulu kalau kabelnya terpasang dengan benar. Alhamdulillah…Komputer bisa Hidup dengan Normal kembali dan pelajarannya adalah ternyata mudah memasang PSU komputer.

Semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar