Skip to main content

Pengertian SSD Plus Kelebihan dan Kekurangannya

SSD
MEDIAKOMPILASI.COM – Komputer atau Laptop Tanpa SSD Sudah Ketinggalan Zaman! Pernah dengar pernyataan ini? Jika Anda aktif digrup-grup yang membahas komputer saya yakin sering mendengarnya. Dengan SSD (Solid State Drive) dipercaya akan memperbaiki kinerja komputer sehingga lebih cepat dari sebelumnya terutama dari sisi pembacaan file.

Apakah media penyimpanan komputer Hardisk atau HDD tetap bisa digunakan? Oh Ya tentu saja masih hanya saja jika ingin kinerja komputer lebih bagus terutama untuk memainkan aplikasi yang berat-berat tak ada pilihan selain menambahkan SSD kekomputer atau Laptop Anda.

Sebagai pengguna komputer yang masih setia dengan HDD tentu Saya penasaran dengan SSD ini. Apa itu SSD? Apa kelebihan dan kekurangannya jika dibandingkan HDD? Awet Tidak? Sederet pertanyaan mungkin hadir dibenak Anda sebelum memutuskan menggunakan SSD.

Nah…pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas SSD, Informasinya saya dapatkan dari berbagai sumber. Berikut informasi selengkapnya :

Pengertian SSD


Fungsi utama dari SSD adalah menyimpan data. Teknologinya berbasis flash dan DRAM (Dinamic Random Acces Memory). Media penyimpanannya berupa komponen semikonduktor.

Dengan demikian bisa disimpulkan pengertian SSD adalah media atau perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data dengan komponen utama semi konduktor yang tersusun dalam sebuah rangkaian terintegrasi atau Chip dengan basis flash atau DRAM.

Baca Juga : Kenali 4 Jenis Socket Motherboard Prosesor Intel Sebelum Merakit

Kelebihan SSD


1.Kecepatan Baca dan Tulis Cepat

Waktu yang dibutuhkan SSD untuk mulai bekerja (Star Up) relatif cepat sehingga akses data akan lebih tinggi, Latency ( keterlambatan baca data) lebih rendah namun seek time (Waktu Pencarian data) jauh lebih cepat.

Kecepatan Transfernya mencapai 200 Mb /s hingga 3500 Mb/s tergantung dari jenis SSD nya. Teknologi SSD memberikan kecepatan baca tulis yang konsisten bahkan Random Acces nya bisa dibawah 0.1 ms. Dengan dukungan interface SATA 3 dengan keceptan 6 GB/s Kinerja SSD ini akan semakin maksimal.

SSD sangat cocok bagi mereka yang pekerjaannya editing video, pemograman 3D dan sejenisnya karena prosesnya jadi lebih cepat.

Muncul pertanyaan bagaimana jika komputer saya belum mendukung SATA 3 apakah bisa menggunakan SSD? Tentu saja bisa hanya saja kecepatan transfernya mengikuti SATA yang lama namun demikian tetap saja ada peningkatan meski masih menggunakan SATA 2.

Saya ambil contoh SSD keluaran Samsung, Read Speed nya hingga 550MB/s Write Speednya mencapai 520MB/s.

2.Anti Fragmentasi

Pernah dengan HDD yang didefrag? Langkah ini dilakukan agar kesehatan Hardisk kembali seperti semula karena sudah terlau banyak menyimpan file sehingga terjadi fragmentasi (data Terpencar). Hal ini tidak akan terjadi pada SSD karena media penyimpanannya bukan berupa piringan magnet namun berupa chip flash.

3.Bentuknya lebih Ringan

SSD pada prinsipnya sebuah perangkat memori semikonduktor berupa chip yang tersusun pada papan sirkuit atau PCB sehingga bentuk fisiknya kecil, ringan dan ramping.

Ini tentu menguntungkan bagi perkembangan Laptop atau notebook karena tidak memakan ruangan sehingga bentuk laptop dimasa mendatang akan lebih ringan dan tipis. Sebagai contoh SSD Samsung 860 EVO Ketebalannya hanya 6.8 mm dengan panjang 10 cm dan lebar 6.9 Cm

Sedangkan untuk PC desktop justru akan merubah konstruksi casing karena biasanya menggunakan ukuran HDD 3,5 inch sedangkan SSD berukuran 2,5 Inch sehingga untuk PC model lama jika ingin menggunakan SSD butuh bracket khusus. 

4.Hemat Daya

SSD memang membutuhkan pasokan daya dari CPU namun jika dibandingkan dengan HDD masih lebih hemat penggunaan dayanya bahkan kebutuhan daya untuk tipe SSD tertentu hanya setengah hingga sepertiga dari kebutuhan HDD. Hal ini bisa terjadi karena cara kerjanya yang bersifat elektrik bukan mekanik seperti HDD.

Kekurangan SSD


1.Harganya Mahal

SSD ini merupakan teknologi terbaru walaupun penggunaannya telah dilakukan sejak akhir tahun 1960 barulah pada tahun 1995 SSD mulai diproduksi secara masal. Komponen utamanya yang berupa semi konduktor yang dikemas dalam bentuk microchip membuat harga SSD lebih mahal jika bandingkan HDD.

Harga akan semakin mahal berlipat-lipat jika kapasitasnya semakin besar Sebagai contoh SSD dengan kapasitas 120 GB Harganya mencapai 300 ribuan  tapi untuk ukuran 500 GB  harganya bisa mencapai 1 jutaan, dengan kapastias yang sama harga hardisk Cuma 200 Ribuan. Apakah nantinya harga SSD akan semakin murah?

Bisa saja jika nantinya SSD sudah diproduksi secara besar-besaran sehingga ongkos produksinya menurun. Sebagai perbandingan dulu harga Flashdisk mahal tapi sekarang ini sudah murah.

Nah..teknologi dari flashdisk ini hampir mirip dengan SSD.

Jika melihat harga SSD sekarang ini menurut saya HDD masih banyak peminatnya walaupun nantinya fungsinya sebagai penyimpanan data saja. Bisa jadi SSD yang paling laku adalah yang ukurannya kecil misalnya 120 GB yang digunkan untuk penyimpanan sistem komputer.

2.Daya tahan Terbatas

Sebuah SSD jika dibiarkan tanpa ada pasokan daya akan membuat hilangnya data setelah setahun atau 2 tahun disimpan. SSD baru hanya mampu bertahan selama 10 tahun bisa kurang dari itu tergantung pemakaian. Itulah sebabnya SSD tidak cocok digunakan untuk menyimpan Arsip atau file dalam jangka waktu yang panjang.

Itulah mengapa Pengguna SSD saat ini lebih banyak mengguankannya untuk Sistem Komputer, jadi semua program dan Sistem operasi disimpan kedalam SSD sedangkan datanya disimpan kedalam HDD. Dengan cara ini proses Booting akan jauh lebih cepat.

Meskipun demikian produk Laptop terbaru ada yang sudah menggunakan 100% SSD namun harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan laptop yang masih menggunakan HDD.

Jika Komputer Anda hanya menggunakan SSD selalu backup data-data penting dipenyimpanan lain terutama jika SSD nya mulai termakan usia.

Untungnya produsen SSD memberikan garansi yang panjang yaitu sekitar 3 – 5 tahun meskipun demikian untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya selalu backup data. Jangan lupa pilih produsen SSD yang mudah klaim garansinya.

Karena alasan inilah tidak disarankan untuk membeli SSD bekas karena resikonya cukup besar jika ternyata sudah lama digunakan apalagi yang sudah habis masa garansinya.

Bagaimana menurut Anda setelah mengetahu pengertian SSD plus kelebihan dan kekurangannya, Apakah tertarik menggunakan SSD?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar