Skip to main content

8 Cara Mudah Menghitung Harga Cat Tembok dan Biaya Pengecatan

Cat Tembok

MEDIAKOMPILASI.COM - Tak terasa beberapa bulan lagi lebaran dan biasanya menjelang lebaran rumah-rumah berbenah agar terlihat cantik. Maklum momen setahun sekali berkumpul dan bertemu dengan keluarga, famili maupun teman. Salah satu caranya adalah dengan mengecat Rumah sehingga kelihatan fresh.

Selain ada momen-momen tertentu seperti Lebaran, mengecat rumah juga kerap dilakukan untuk sebuah rumah baru. Sekilas terlihat mudah mengecat rumah namun sebenarnya perlu perhitungan sehingga nantinya akan mendapatkan hasil yang maksimal dengan budget yang terjangkau.

Melakukan pengecatan memerlukan perhitungan yang baik. Ini dimaksudkan agar biaya yang sudah di anggarkan tidak melewati batas yang telah ditentukan. Pengecatan, baik dilakukan ulang maupun pertama kali tentunya memerlukan biaya yang besar. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah harga cat tembok yang terjangkau serta peralatan untuk pengecatan.

Berikut ini Cara Mudah Menghitung Biaya Harga Cat Tembok dan Peralatannya:


1.Menghitung Bagian Ruang yang Akan di Cat

Pertama, mulailah menghitung berapa lebar serta tinggi bagian yang ingin Anda cat. Setelah ditemukan, bagilah dengan berapa volume cat yang Anda butuhkan. Walau terkesan sederhana, sebenarnya mengecat memerlukan keahlian khusus, agar cat tidak terbuang secara percuma.

2.Pilih Cat Sesuai Letak Ruang

Jangan hanya memilih harga cat tembok yang murah, namun pilihlah yang memberikan kualitas terbaik. Sesuaikan pula dengan kondisi serta tata letak tembok yang ingin Anda lapisi. Apabila berada di luar ruangan, gunakan jenis cat eksterior. Begitu pula sebaliknya, menggunakan cat interior untuk tembok bagian dalam. Kesesuaian jenis cat tersebut akan membuat cat dapat melapisi tembok secara maksimal.

3.Peralatan Mengecat

Untuk menekan anggaran, pilihlah peralatan pengecatan secukupnya. Secukupnya ini berarti barang tersebut terpakai dan tidak bisa digantikan oleh peralatan lainnya. Bila memang diperlukan, belilah peralatan dengan kualitas terbaik. Ini untuk menghindari kerusakan jangka pendek dan penggunaan yang lebih tahan lama.

4.Lapisi Perabotan

Salah satu langkah penting yang harus Anda lakukan sebelum mengecat adalah melapisi perabotan dan furniture Anda. Furniture akan terlihat tidak menarik apabila warnanya tidak merata. Bagi Anda yang sudah terlanjur merusak furniture kesayangan, Anda bisa menggantinya dengan furniture yabg barus dan sesuai dengan karaktr Anda.

5.Gunakan Cat yang Mampu Menutup Ruang dengan Lebih Luas

Ini merupakan salah satu langkah untuk menghemat anggaran pengecatan yang Anda lakukan, yakni dengan memilih jenis cat yang memiliki kelebihan untuk menutup ruang tembok dengan lebih luas. Asian Paints Value Super Emulsion merupakan cat yang dapat memberikan daya sebar tinggi dan juga lebih cepat kering. Cocok untuk menjadi pilihan mengecat tembok interior di rumah Anda.

6.Harga Cat yang Terjangkau

Harga cat tembok sebenarnya bisa Anda sesuaikan dengan anggaran yang sudah Anda siapkan. Namun begitu, terdapat beberapa jenis cat yang memang memiliki kualitas baik namun harganya benar-benar terjangkau. Salah satunya adalah produk Tractor Emulsion dari brand Asian Paints. Selain terjangkau, ia memberikan daya sebar tinggi serta deposisi cat yang lebih baik daripada jenis cat lainnya.

7.Menggunakan Jasa Tukang Cat

Apabila Anda ragu untuk mengecat dengan tenaga sendiri, tidak ada salahnya menyewa tukang cat untuk memberikan hasil pengecatan secara maksimal. Namun sebelum itu, perhatikan biaya untuk menyewa tukang cat tersebut, apakah memang sesuai dengan jumlah anggaran yang sebelumnya telah Anda siapkan.

8.Kalkulasikan Biaya

Perhitungan biaya pengecatan akan selesai ketika Anda sudah memutuskan apa saja yang hendak Anda beli dan gunakan. Umumnya berupa jenis, harga cat tembok, serta peralatan yang digunakan. Juga pilihan untuk melakukan pengecatan pribadi atau menyewa tukang.

Menghitung anggaran pengecatan tidak hanya dimaksudkan untuk meminimalkan pengeluaran, namun juga sebagai pertimbangan; berapa estimasi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan keseluruhan bagian yang telah direncanakan. Harga cat tembok, jenis yang digunakan, besaran tembok yang akan dicat serta penggunaan peralatan dan tukang cat akan menjadi faktor-faktor yang bisa Anda perhatikan.

Demikianlah Informasi seputar 8 Cara Mudah Menghitung Harga Cat Tembok dan Biaya Pengecatan Semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar