Skip to main content

Apakah Windows 7 Masih Bisa digunakan?

Microsoft

MEDIAKOMPILASI.COM – Terhitung sejak tanggal 14 Januari 2020 dukungan dari Microsoft untuk Windows 7 telah berakhir dan pengguna disarankan beralih atau upgrade ke Windows 10. Disitus resminya Microsoft menyatakan tidak akan lagi menyediakan pembaharuan keamanan dan dukungan untuk windows 7.

Bagi sebagian pengguna mungkin tidak jadi masalah karena bisa dengan mudah meng upgrade PC nya ke Windows 10  apalagi Windows sebelumnya Ori, namun bagi sebagian pengguna yang lain terutama yang menggunakan PC dengan spesifikasi pas-pasan, ini akan menjadi masalah.

Kenapa demikian? Karena jika dipaksakan justru nantinya malah kinerja PC tidak maksimal misalnya jadi lemot atau beberapa driver tidak suport. Padahal Requiremnets PC untuk Windows 10 sebenarnya semua PC bisa yakni Prosesor 1 GHZ, RAM  1/2 GB, Grapics Directx 9 with WDDM 1.0 Driver.

Pada kenyataannya berdasarkan pengalaman dari pengguna windows 10 yang PC nya speknya pas-pasan kinerjanya justru menjadi lemot. Kondisi ini tentu menjadi dilematis apakah mau stay di Windows 7 atau beralih ke Windows 10.

Saya sendiri kebetulan PC nya jadul meski RAM nya 2 GB dan prosesornya 3,2 ghz namun berdasarkan informasi dari pabrikan Motherboardnya ternyata tidak suport untuk Windows 10. Karena sudah mentok di Windows 7 mau bagaimana lagi, YA sudahlah tetap memakai Windows 7.

Bagi yang memilih stay di Windows 7 ada sebuah pertanyaan yang cukup menggelitik yaitu Apakah windows 7 nantinya bisa tetap digunakan?

Jawabannya adalah : BISA.

Terbukti sampai hari ini saya masih menggunakan Windows 7. Namun begitu meskipun masih bisa digunakan Microsoft sendiri melalui web resminya menyatakan :

“Anda dapat terus menggunakan Windows 7, tetapi PC Anda akan menjadi lebih rentan terhadap risiko keamanan setelah dukungan berakhir. Windows akan tetap berfungsi, tetapi Anda akan berhenti menerima pembaruan keamanan dan kualitas. Microsoft tidak akan lagi menyediakan dukungan teknis untuk masalah apa pun”.  

“Windows 7 masih dapat diinstal dan diaktifkan setelah dukungan berakhir. Namun, untuk menghindari risiko keamanan dan virus, Microsoft menyarankan Anda untuk memutakhirkan ke Windows 10.”

Kesimpulannya Windows 7 Masih bisa digunakan meskipun dukungannya telah berakhir.

Lalu bagaimana dengan resiko keamanan dan Virus? Berkaca dari pengalaman saya sebelumnya saat dukungan untuk Windows XP berakhir tapi saya tetap menggunakannya ternyata aman-aman saja. Resiko keamanan bisa diminimalisir dengan perilaku saat browsing karena celah keamanan tersebut bisa di Hack jika saya sering download-download yang tidak jelas karena bisa saja diselipkan mailware..

Untuk menambah informasi seputar hal ini berikut saya kutipkan pernyataan dari beberapa pengguna windows 7 dari Grup Teknisi Komputer.


"Windows 10 pro 32 bit di RAM 2 GB kok masih berat yah? Padahal minimal ram 1 GB. Tadinya saya pake windows 7 terus karena ada berita windows 7 sudah end dan rentan terhadap virus jadi saya up deh ke win 10" – (Rizky Rahmat Subagja).

"Discontinued bukan berarti tidak bisa dipakai....contoh Windows XP....." – (SEP)

 "Sebenarnya tak usah di up ke windows 10, asal tidak browsing yang aneh, saran dari ane disarankan menggunakan AV MalwareBytes untuk mencegah Ransomware" - ( Ellbie Agung)

"Selama ini ane nggak Pakai AV MalwareBytes aman-aman saja Om, asal download dan install hati-hati,Paling virus dari flashdisk, ya itupun cukup pakai Smadav"- (Alip ESELULER)

"Stay Saja Nggak apa-apa tapi pakai antivirus yang terupdate" - (Avisena).

"Windows 7 the best....tinggal jari" kita saja yang menentukan kearah mana kita berselancar..."- (Han Yuri)

"Windows 7 Stabil, kompatibel, dan Nyaman' - (Rul).

" Windows 7 Lebih ringan dan stabil Om,tapi tetap saja keamanannya nggak secanggih Windows 10" -  (Fiqih).

"Lebih senang pakai Windows 7 ... kalau masalah keamanan.. itu masing-masing individu saja pakainya bagaimana " - (Hadi Suandi).

"Windows 7 Ringan, Bagus sudah directx 11, bahkan bisa berjalan di PC jadul"- (Bayu Eka Chandra).

"Windows 7 Stabil,compatible,mudah ngak ribet" – (Doly Martin).

Pilihan terbaik tentu ada ditangan Anda jika memang ada dana untuk upgrade komputer Silahkan menngunakan Windows 10 namun jika terpaksa masih bertahan dengan Windows 7 Perlu perisai keamanan yang berlapis.

Semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar