Skip to main content

Bagaimana Memilih Genset yang Bagus

Genset

MEDIAKOMPILASI.COM - Apa jadinya ketika Anda sedang bekerja dirumah tiba-tiba listrik mati? Sudah pasti cukup merepotkan bukan apalagi matinya aliran listrik dimalam hari. Tak bisa dipungkiri Listrik dizaman ini sudah menjadi kebutuhan pokok yang tak bisa dianggap remeh terutama untuk industri rumahan.

Listrik merupakan sebuah kepentingan pada masyarakat saat ini. Banyak kerugian yang ditimbulkan ketika terjadi pemadaman listrik. Untuk meminimalisir kerugian dan agar selalu bisa beraktifitas seperti biasa saat terjadi pemadaman listrik sebaiknya selalu sediakan sumber listrik cadangan yaitu genset.

Anda tentu sering lihat Genset karena alat ini sering dipakai minimarket untuk cadangan tenaga listriknya bahkan hampir disetiap minimarket atau toko-toko besar menyediakannya. Hal menunjukkan betapa pentingnya keberadaan genset ini. Jika saat ini Rumah Anda atau bisnis anda berencana menyediakan Genset itu adalah keputusan yang bagus.

Jika anda memutuskan membeli genset sebaiknya perhatikan hal berikut ini terlebih dahulu :


  • Hitung kebutuhan daya listrik saat darurat di rumah anda. Jangan mengambil patokan dari daya listrik yang saati ini terpasang di rumah anda. Saat darurat gunakan listrik hanya untuk hal-hal yang penting seperti lampu utama, kulkas, atau pompa air. Sebagian orang mungkin akan memasukkan komputer, televisi, peralatan ikan hias, atau AC sebagai hal yang dimasukkan dalam kalkulasi mereka.
  • Pilih genset dengan daya sedikit lebih tinggi dari kebutuhan daya listrik saat darurat. Di pasaran tersedia genset dengan daya bervariasi 500 watt, 1000 watt, 1200 watt, dll. Pilih yang paling tepat sesuai dengan kalkulasi kebutuhan daya listrik anda saat darurat.
  • Kenali cara penyalaan genset. Ada 2 cara penyalaan genset yang umum dijumpai yaitu starter seperti menyalakan motor atau recoil yang perlu ditarik/diengkol menggunakan tuas. Biasanya genset dengan starter hanya tersedia untuk daya di atas 4000 watt.
  • Cermati bahan bakar yang diperlukan untuk pengoperasian genset.Bensin dan solar adalah bahan bakar utama untuk menjalankan genset. Umumnya solar digunakan pada genset dengan kapasitas daya listrik yang besar.
  • Harga vs kualitas genset. Sediakan waktu yang cukup untuk mencari informasi mengenai merek, kualitas, dan harga genset yang ada di pasaran. Saat ini internet dapat sangat membantu kita mendapatkan informasi mengenai banyak hal. Tak jarang kita bisa membeli barang secara online tanpa perlu susah payah meluangkan waktu ke toko peralatan rumah tangga. Bandingkan beberapa produk sebelum anda memutuskan memilih yang paling tepat untuk rumah anda. Memilih genset hanya karena murah tanpa mempertimbangkan kualitas sudah tentu bukan hal yang bijaksana.

Jika belum mau membeli genset atau ingin mencoba-coba dulu genset dari merk tertentu yang anda incar, anda bisa melakukan penyewaan genset. Selalu gunakan tempat sewa genset terpercaya yang aman dan berpengalaman seperti di https://sewatama.com/id/.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar