Skip to main content

Resep Martabak Mini Ekonomis untuk Jualan

Resep Martabak Mini

Resep Martabak Mini Ekonomis untuk Jualan – Pada Tutorial kali ini saya akan berbagi resep martabak mini yang ekonomis sehingga sangat cocok sekali dipakai untuk jualan. Resep ini sudah saya gunakan selama 3 tahun berjualan martabak mini.

Oh ya... sebelum Pandemi Covid 19, saya berjualan disekolah-sekolah saat jam berangkat, istirahat maupun pulang sekolah. Karena pembelinya anak-anak SD mau tak mau harganya juga harus menyesuaikan kantong anak sekolah. Makanya saya mematok harga mulai Rp.1000. Faktanya meskipun saya menjual juga yang harganya Rp.2000 tapi kebanyakan memilih yang harga Rp.1000.

Itulah mengapa saya menggunakan resep tersebut sehingga meskipun harganya Rp.1000 tapi tetap untung. Setiap mangkal disekolah setidaknya saya bisa menghabiskan Adonan ½ Kg. Jadi kalau saya bisa mangkal 4 kali dijam yang berbeda maka omsetnya jadi lumayan.

Resep Martabak mini yang satu ini cocok untuk pemula, kenapa demikan? Karena menggunakan Dobel pengembang yaitu Ragi instan plus BPDA (Baking Powder Double Action). Dengan 2 pengembang ini adonana kan mudah mengembang sehingga terhaindar dari  Bantat. Selain itu karena menggunakan BPDA tidak ada rasa getir seperti pada Soda kue.

Tutorial ini dilengkapi dengan Video YouTube jadi jika artikel ini ada yang kurang jelas bisa langsung menonton videonya. Syukur-syukur sekalian Subscribe agar selalu mendapatkan informasi seputar martabak mini lainnya.

Baca juga :
Resep Martabak Mini Lembut dan Bersarang
Martabak Mini Tanpa Ragi Tahan Lama
Resep Rahasia Martabak Mini Unyil Anti Gagal Bantat Terbukti

Baiklah berikut adalah bahan-bahan untuk membuat martabak mini beserta cara membuatnya:

Resep Martabak Mini Ekonomis untuk Jualan


Bahan-Bahan :
1500 gram Terigu Segitiga atau merk lainnya
200 gram Gula Pasir
3 Sdt ragi instan seperti Fermipan atau Mauripan
3 sdt Garam
1800 ml Air biasa, bisa air mentah/matang.
3 sdt Baking Powder Double Action Merk Hercules

Bahan Tambahan :
1 Sdt Pasta Pandan merk kupu-kupu untuk 500 gram terigu
2 Sdt Coklat Bubuk untuk 500 gram terigu


Cara Membuat :
1.Semua bahan kecuali baking powder dicampurkan jadi satu diwadah, tuang air.
2.Aduk dengan Mixer sampai adonan kalis atau tidak ada yang menggumpal. Bisa juga diaduk mengggunakan whisk atau rotan.
3.Diamkan Adonan selama 30 Menit dan tutup.
4.Ambil gelas tambahkan air sekitar 25 -50 ml. Masukkan 3 sdt Baking powder aduk rata kemudian masukkan ke Adonan. Aduk lagi adonan sampai tercampur rata.
5.Adonan Siap Dicetak

Cara diatas hanya untuk adonan original, jika ingin membuat adonan rasa pandan atau coklat maka sebelum adonan diberikan baking powder terlebih dahulu dibagi menjadi 3 bagian.

Untuk adonan rasa pandan 1 bagian adonan diberi 1 sdt pasta pandan sedangkan untuk adonan rasa coklat beri 2 sendok teh coklat bubuk lalu aduk-aduk menggunakan sendok atau bisa juga di mixer.

Masukkan setiap bagian dengan 1 Sdt Baking powder yang terlebih dahulu dikasih air dalam gelas .

Masih kurang jelas? Silahkan Tonton Videonya berikut ini :

youtube image
Catatan Penting :

1.Resep Martabak ini menggunakan pengembang ragi instan jadi tidak bisa bertahan lama, paling-paling bisa bertahan selama 3 jam. Jika ingin daya tahannya lebih lama kurangi takaran ragi instannya tapi mendiamkan adonannya ditambah.
2.Resep Martabak ini cocok untuk jualan yang waktu mangkalnya sebentar contohnya dipasar kaget. Cocok juga bagi mereka yang cara jualannya dititipkan kewarung-warung. Selain itu bisa juga digunakan untuk pesanan misalnya  pesanan untuk acara pengajian.
3.Jika kesulitan menemukan Baking Powder Double Action bisa digantikan dengan Soda kue (Baking soda) tapi takarannya dikurangi ½ bagian.
4.Teksturnya cenderung lembut, tidak terlalu terlihat seratnya.

Selamat Mencoba!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar