--> Skip to main content

5 Manfaat Digital Marketing Dalam Bisnis

Digital Marketing

Dengan sebuah postingan dimedia sosial bisa menghasilkan ratusan orderan bahkan lebih, itu sangat mungkin terjadi dengan Digital marketing. Apalagi dalam postingan tersebut menampilkan publik figur konsumen juga akan semakin tertarik.

Tak salah jika kemudian brand-brand besar mulai melirik digital marketing sebagai senjata mendongkrak penjualan. Ingin bukti? Coba Anda cari sebuah produk di Google, hasil pencarian akan didominasi oleh brand-brand besar.

Jika saat ini Anda sedang menekuni bisnis rasanya sayang jika tak memanfaatkan digital marketing. Mungkin bisnis Anda masih tetap bertahan tapi sampai kapan? Konsumen mulai melirik beli barang secara online. Mau tak mau Anda pun harus mengikuti trend konsumen. Jangan salah jika ada calon pembeli menanyakan akun marketplace, Instagram atau website.

Pertanyaan pun muncul apa manfaat digital marketing dalam bisnis sehingga Anda harus mencobanya?

Nah...pada artikel kali ini saya akan membahas seputar manfaat digital marketing ini berdasarkan pengalaman pribadi dan pelatihan atau webminar yang saya ikuti.

Secara garis besar setidaknya ada 5 Manfaat Digital marketing untuk bisnis.

Cek info lengkapnya berikut ini : 

1.Meningkatkan omset penjualan

Digital marketing mampu meningkatkan omset penjualan jika promosinya sesuai target audience itulah mengapa dalam digital marketing butuh proses riset terlebih dahulu untuk mengenali target audience serta membatu menghasilkan konten yang menarik.

Bayangkan jika sebuah website sebuah brand ramai pengunjung dengan target yang sudah tepat? Tentunya tinggal menunggu Call to action. Itulah mengapa dalam digital marketing tak bisa lepas dari SEO karena dengan itu website akan kebanjiran pengunjung tanpa harus ngiklan karena website bisa tampil dihalaman depan Google.

Memang persaingan untuk tampil dihalaman depan Google cukup berat karena hanya menampilkan 10 website tapi dengan membidik kata kunci yang persaingannya rendah tetap ada peluang. Kalau memang kalah bersaing bisa mencoba menggunakan SEM atau ngiklan di Google tentunya harus keluar modal.

Baca Juga : Pengalaman Beli HP online di Shopee 

2.Meningkatkan Brand Awareness (Kesadaran Merk)

Umumnya konsumen akan membeli sebuah produk jika sudah mengenal brand produk tersebut dengan baik apalagi jika produk tersebut sudah ternama contohnya orang akan lebih memilih HP Samsung, Iphone atau Xiaomi. Dalam ilmu pemasaran biasa disebut Brand Awareness.

Dengan seringnya posting diwebsite, media sosial atau video lama kelamaan produk yang tadinya belum dikenal menjadi dikenal. Postingan akan lebih efektif jika menggunakan storytelling atau copywriting. Itulah mengapa sebuah brand perlu memiliki tim content marketing yang handal agar setiap postingannya mendapatkan interaksi yang bagus dari konsumen.

3.Menghemat Biaya Iklan

Menurut penelitan promosi konvensional misalnya menggunakan Banner, spanduk, baliho atau poster masih efektif untuk meningkatkan penjualan hanya saja biayanya lebih mahal jika dibandingkan dengan digital marketing. Untuk meningkatkan keuntungan tentu brand akan lebih memilih biaya pemasaran yang lebih rendah yaitu dengan digital marketing.

Hal ini bisa terjadi karena media yang digunakan adalah internet, banner iklan bisa dikemas dalam format digital hanya dengan menggunakan kode html atau CSS tertentu sehingga cukup 1 banner bisa menjangkau seluruh Indonesia bahkan dunia. Begitu pula advertorial atau copywriting bisa dipublikasikan kedalam website tidak seperti brosur atau pamflet yang harus dicetak yang banyak dan disebar-sebar.

4.Membangun Interaksi dengan konsumen

Dengan digital marketing konsumen akan lebih mudah berinteraksi contohnya jika postingan dimedia sosial menyentuh emosi akan membuat pembaca memberikan komentar, like atau membagikannya. Semakin banyak interaksinya tentunya akan semakin baik untuk sebuah brand.

Agar sebuah kontent mampu mendatangkan Interaksi yang bagus membutuhkan konten yang kreatif (Creative Writing), tampil beda atau out of the box jadi tidak itu itu saja. Masih ingat dengan slogan Orang pintar minum bla bla bla itu salah satu konten kreatif.

5.Meningkatkan pengunjung website

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas digital marketing tak bisa lepas dari SEO karena dengan masuknya website kehalaman depan Google maka website akan kebanjiran pengunjung dan  meningkatkan konversi penjualan.

Selain menggunakan SEO untuk meningkatkan pengunjung website bisa juga menggunakan cara ngiklan atau endorsement.

Dengan 5 manfaat digital marketing untuk bisnis diatas tentunya Anda tidak ragu lagi bukan untuk menggunakan digital marketing?

Selamat Mencoba!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar