--> Skip to main content

Tahukah Anda Mentega Terbuat dari apa?

MEDIAKOMPILASI.COM - Jika Bunda hobi memasak saya yakin sering mendengar kata mentega, rasanya gurih, aromanya wangi dan bisa meleleh kalau terkena panas. Mentega ini seringkali ditambahkan pada pembuatan kue contohnya dicampurkan keadonan sebelum dimasak atau dioleskan setelah matang. Kelebihan jika ditambahkan mentega nantinya akan memiliki citra rasa yang khas.

Namun seringkali masyarakat terkecoh penyebutannya contohnya jika membeli Blueband akan menyebut mentega padahal seharusnya margarin. Padahal mentega dan margarin jelas berbeda meskipun keduanya masuk golongan lemak.

Nah...untuk menambah wawasan bunda pada artikel kali ini saya akan berbaagi informasi seputar mentega ini khususnya mentega terbuat dari apa? Dengan mengetahui bahan baku mentega tentunya bunda akan lebih mudah menjelaskan kepada teman yang belum paham mentega ini.

Baca juga: Margarin adalah Lemak Nabat

Mentega Terbuat dari apa?

Berdasarkan informasi dari Wikipedia Mentega merupakan makanan produk susu yang dihasilkan dengan cara mengaduk krim yang diperoleh dari susu. Mentega lazim dipakai untuk olesan roti dan biskuit, sebagai perantara lemak di beberapa resep roti dan masakan, dan meski jarang tapi ada juga yang menggunakannya untuk menggoreng.

Sifat dari mentega salah satunya tetap berbetuk padat saat didinginkan tapi akan meleleh secara konsisten pada suhu kamar. Mentega termasuk dalam kategori produk hewani dan dalam bahasa Inggrisnya disebut Butter.

 

Bagaimana cara membuat mentega?

Bahan dasar untuk membuat mentega adalah krim susu. Krim susu adalah lapisan paling atas dari susu yang terbentuk jika didiamkan selama beberapa hari di dalam kulkas.

Berikut ini proses pembuatan mentega secara ringkas :

1.Susu didiamkan selama beberapa hari didalam kulkas sehingga terbentuk krim susu yaitu lapisan paling atas.

2.Krim susu dipisahkan dari lapisan bawah susu atau skim.

3.Krim susu diaduk (butter churning) memakai alat pengaduk mentega sampai berbentuk padat. Pada proses ini akan terbentuk buttermilk.

4.Mentega kemudian dipadatkan dan dicetak sesuai selera dengan menggunakan cetakan. 


Karena mentega bahan dasarnya susu menyebabkan harga jualnya relatif mahal sehingga sebagian masyarakat mengganti mentega dengan margarin. Salah satu penyebab harga margarin murah karena bahan bakunya dari lemak nabati.

Berdasarkan pengalaman saya sebagai penjual martabak, jika menggunakan mentega maka harga jual martabaknya lebih mahal dari pada martabak yang hanya menggunakan margarin tapi dari segi rasa lebih enak yang menggunakan mentega dan tekstur martabaknya lembut tidak alot meski didiamkan beberapa waktu.

Demikianlah informasi seputar mentega terbuat dari apa semoga bermanfaat!


Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Mentega 


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar