--> Skip to main content

Pasang Wifi Modal Router Totolink Murah

Router Totolink N200RE

Setelah sekian lama tak terwujud akhirnya saya kesampaian lagi pasang Wifi. Terakhir saya pasang Wifi 4 tahun yang lalu jadi sudah cukup lama. Enaknya pasang Wifi itu internetnya unlimited jadi bisa bebas browsing, streaming atau download sepuasnya.

Kenapa dari dulu tidak segera pasang Wifi lagi? Tadinya mau pasang lagi tapi untuk berlangganan harus beli alatnya dulu untuk akses poin seperti akses poin outdoor (Penangkap Wifi) dan router. Jika beli alatnya sendiri paling tidak saya harus merogoh kocek sekitar 560 ribu. Saya mencari-cari penyedia Wifi yang alatnya dipinjamkan ternyata tidak ada.

Ditempat saya ada jaringan internet fiber dari Indihome tapi biaya langganannya masih mahal menurut saya. Akhirnya saya lebih memilih menggunakan modem 4G dengan sistem kuota. Terakhir saya menggunakan operator By U dimana paket internetnya ada yang unlimited, 140 ribu sebulan dengan speed 2 Mbps.

Tadinya mau mengandalkan paket unlimited dari By U tapi entah kenapa dilokasi saya sinyalnya kurang bagus padahal modemnya outdoor, internetnya sering terputus atau No internet Access.

Masalah lain muncul, anak-anak saya gemar sekali nonton YouTube jadi kalau langganan paket internet kuota cepat habis dan boros. Paket internet 50 ribu 15 GB paling bisa bertahan 1 minggu, sedangkan kalau mau langganan unlimited takutnya sudah beli tapi sinyalnya putus-putus.

Ditengah kegalauan itu tanpa disangka-sangka ada tetangga yang masih satu RT yang menawarkan langganan Wifi yang menarik. Bagaimana tidak? Paketnya paling murah 125 ribu per bulan speed 2,5 Mbps. Memang tidak beda jauh dengan yang ditawarkan By U tapi... yang menarik buat saya adalah media transfer data internetnya bukan radio tapi kabel atau tarik kabel.

Jadi jaringan internetnya lebih stabil dibandingkan dengan sinyal radio seperti yang ditawarkan operator seluler atau Hotspot Wifi yang menggunakan radio outdoor. Dengan media kabel otomatis tidak banyak alat yang harus dibutuhkan.

Penawaran menarik lainnya adalah biaya instalasi cukup 100 ribu tapi kalau sudah punya router sendiri maka bebas biaya pemasangan cukup bayar iuran pertama saja. Saya memang punya router bawaan dari modem Bolt Titan BL 400 jadi saya tinggal pasang saja tak perlu bayar biaya instalasi. Menurut penyedia wifi router tersebut bisa.

Namun ketika saya tanya-tanya ke grup Wifi apakah router BL 401 yang saya punya bisa untuk disambungkan ke jaringan WIFi? Menurut penjelasan salah satu anggota grup tersebut tidak bisa. Nah jadi bingungkan saya, tapi karena saya sudah mendaftar akhirnya saya memutuskan untuk memesan Router murah dari Totolink yaitu seri Totolink N200RE. Pertimbangannya kalau misalnya benar tidak bisa saya bisa pakai router dari Totolink.

Saya beli Totolink N200RE di Blibli,.com harganya 126.000 bebas ongkos kriim. Dari dulu memang saya ingin beli roture ini untuk bahan video Youtube saya. Video Unboxingnya bisa tonton di bawah ini :



youtube image

Saat pemasangan pun tiba, Penyedia Wifi menarik kabel LAN sepanjang 100 meter dari pusat akses poin kerumah saya. Lalu kabel LAN tadi dengan konektor RJ45 dicolokkan ke input Internet Router BL401. Output LAN dicolokkan ke port ethernet komputer. Setelah diuji coba ternyata tidak bisa connect kejaringan internetnya tapi jika langsung ke Komputer bisa. Kesimpulannya Router yang saya miliki tidak bisa digunakan.

Utungnya saya sudah pesan Router TotoLink N200RE, dan keesokan harinya datang. Penyedia Wifi pun datang lagi untuk setting dan ternyata bisa.

Setelah saya coba-coba untuk Browsing, streaming maupun download, dengan kecepatan 3 Mbps cukup memadai untuk akses internet serumah meski saya gunakan untuk 3 Device yang berbeda. Daya jangkau sinyal Wifi router Totolink N200RE juga lumayan jauh bisa menjangkau hingga kamar rumah saya yang paling ujung atau jarak sekitar 6 meter.

Saya sangat bersyukur akhirnya saya bisa pasang Wifi lagi tanpa harus mengeluarkan banyak uang cukup bermodalkan Router Totolink seharga 100 ribuan. Sekarang saya bisa bebas internetan tanpa takut kehabisan kuota.

Ini tentu sangat menunjang pekerjaan saya sebagai blogger dan YouTuber dan saya juga bisa duduk tenang meski anak saya nonton YouTube seharian.

Semoga setelah saya pasang Wifi produktifitas semakin meningkat, Aamiin!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar