--> Skip to main content

Contoh Ide Usaha Kecil Menengah yang Prospek


Memulai usaha kecil menengah bisa dilakukan dengan memanfaatkan ide kreatif serta bidang keahlian yang selama ini ditekuni. Ada banyak ide usaha kecil yang bisa dijalankan dengan mudah bagi pemula dalam bisnis sekalipun. Berikut adalah beberapa contoh usaha kecil yang prospek untuk dijalankan.

Contoh Ide Usaha Kecil Menengah

Bisnis Makanan Sehat dan Kekinian

Ide usaha kecil pertama yang prospek untuk dijalankan saat ini adalah bisnis makanan sehat dan kekinian. Permintaan kuliner memang tidak ada habisnya, sehingga Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka usaha kecil dalam bidang makanan sehat kekinian yang banyak diminati.

Bentuk makanan sehat dan kekinian yang akan diproduksi ini bisa bervariasi, mulai dari dessert, snack, hingga hidangan utama. Anda hanya perlu melihat tren makanan kekinian yang saat ini sedang banyak diminati. Di samping itu, buatlah makanan kekinian dari bahan sehat agar produk bisa lebih unggul.

Usaha Desain Mahar

Bagi Anda yang mempunyai keahlian dalam membuat kerajinan tangan dan ingin membuka usaha kecil, maka bisnis desain mahar merupakan peluang yang bagus. Di samping itu, bisnis ini juga tidak terlalu sulit dijalankan karena Anda hanya mengerjakan mahar apabila terdapat pesanan saja.

Usaha kecil berupa desain mahar ini bisa dijalankan di rumah, sehingga sangat cocok bagi Anda yang mempunyai modal terbatas. Di samping itu, bisnis desain uang mahar ini juga tidak memerlukan strategi khusus, sehingga bisa dijalankan bagi yang belum berpengalaman sekalipun.

Bisnis Clothing Line

Clothing line merupakan ide usaha kecil kreatif berikutnya yang patut Anda pertimbangkan untuk dicoba. Namun, Anda perlu menjalankan bisnis yang satu ini dengan kegigihan dan tekad kuat karena persaingan usaha dalam dunia fashion tergolong sangat ketat.

Usaha kecil clothing line ini bisa dimulai dari nol dengan modal sedikit terlebih dahulu. Caranya, Anda harus memikirkan jenis pakaian yang akan dijual terlebihdahuluserta target marketnya. Selanjutnya Anda bisa mulai mencicil stok dari bisnis clothing line yang dijalankan, sembari memasarkannya.

Baca Juga:

10 Usaha Rumahan Modal 50 ribu Anti Ribet 

Ide Jualan Makanan Martabak Manis Mini 

10 Usaha Langka tapi menguntungkan 

 

Bisnis Desain Case Smartphone

Ide usaha kecil menengah selanjutnya yang bisa dijalankan dengan mudah adalah bisnis desain case smartphone. Bagi Anda yang suka melukis atau membuat kerajinan unik, maka mencoba untuk menjalankan bisnis desain case smartphone DIY ini cukup menggiurkan.

Usaha kecil ini bisa dimulai dengan membeli beberapa case smartphone dengan tipe berbeda untuk didesain. Selanjutnya, Anda bisa mulai memasarkan case smartphone yang sudah didesain tersebut dan menerima pesanan dari pelanggan.

Usaha Penyewaan Perlengkapan Alat Fotografi

Bagi Anda yang mempunyai hobi dalam bidang fotografi dan memiliki peralatannya, maka ide usaha penyewaan bisa dipertimbangkan. Anda bisa mulai membuka ide penyewaan perlengkapan fotografi ini dan mengembangkannya dengan alat yang sudah dimiliki.

Anda juga bisa menawarkan diri sebagai fotografer apabila ada pelanggan yang membutuhkan jasa tersebut. Ide usaha kecil yang satu ini cukup menguntungkan serta mempunyai peluang besar. Pastikan bahwa alat fotografi yang disewakan ini selalu dijaga kualitasnya dengan baik.

Usaha Desain Grafis

Satu lagi ide usaha kecil menengah yang dapat Anda jalankan, yaitu bisnis desain grafis. Usaha yang satu ini bisa dimulai dengan menggunakan perangkat digital saja tanpa perlu mencetaknya. Bisnis desain grafis ini juga bisa Anda promosikan secara online di sosial media.

Usaha desain grafis ini tidak hanya bisa dijalankan oleh orang yang ahli di bidang komunikasi visual saja. Siapapun bisa menjalankan usaha secara freelance ini asalkan mempunyai keahlian di bidang desain grafis.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar