--> Skip to main content

Mengenal Seputar Bisnis Model canvas

Bisnis Model Canvas

Bisnis model canvas atau BMC sangat penting dibuat saat Anda menjalankan usaha tertentu. BMC ini terdiri dari bagan untuk mendeskripsikan begian penting yang harus diatur dalam bisnis. Lalu, apa sebenarnya BMC itu? Simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Apa Itu Bisnis Model Canvas

BMC adalah alat untuk menggambarkan model bisnis ke dalam bentuk bahan agar lebih mudah untuk dimengerti. Pemilik bisnis bisa menggambarkan hal-hal operasional yang berkaitan dengan usahanya cukup dengan menggunakan satu lembar BMC saja.

Peran BMC dalam hal ini adalah membantu pemilik bisnis untuk mengetahui setiap operasional bisnis dengan lebih mudah. Di samping itu, BMC juga bisa digunakan untuk menarik minat investor.

Bagian dalam Bisnis Model Canvas

Ada 9 hal operasional yang pada umumnya dicantumkan dalam bisnis model satu slide ini. Beberapa komponen dicantumkan di dalam BMC tersebut antara lain sebagai berikut.

1.Costumer Segment

Hal pertama yang dicantumkan dalam BMC adalah costumer segment. Bagian ini berkaitan dengan kelompok orang yang ingin dijangkau untuk menjadi konsumen Anda. Costumer Segment ini berisi informasi mengenai siapa saja target konsumen beserta masalah pelanggan yang ingin dipecahkan.

2.Value Propositions

Value proportions merupakan bagian yang berkaitan dengan solusi terhadap permasalahan konsumen. Bagian dari BMC yang satu ini berisi apa saja nilai yang Anda tawarkan dalam produk, sehingga bisa menjadi solusi dari permasalahan konsumen.

3.Channels

Bagian dari bisnis model canvas berikutnya adalah channels yang memuat informasi seputar bagaimana cara bisnis menyampaikan value kepada pelanggannya. Channels ini pada umumnya memuat tiga hal, yaitu pemasaran, distribusi, dan komunikasi.

4.Costumers Relationships

Bagian berikutnya ini berkaitan dengan cara Anda dalam menjaga hubungan antara bisnis dan konsumen. Costumer relationship ini akan menjelaskan cara Anda untuk membangun hubungan dengan pelanggan agar tetap setiap membeli produk.

Baca juga: Perbandingan usaha sendiri vs karyawan 


5.Revenue Streams

Revenue streams merupakan bagian dari BMC yang berisi mengenai bagaimana cara bisnis untuk mendapatkan penghasilan. Hal yang termuat dalam revenue streams ini antara lain adalah biaya penggunaan, berlangganan, lisensi, komisi, periklanan, penyewaan atau pinjaman, dan penjualan aset.

6.Key Resource

Sumber daya utama pada bisnis juga harus Anda cantumkan pada bagian key resoruce ini. Contohnya adalah bahan baku yang digunakan dalam proses pembuatan produk.

7.Key Activities

Bagian key activities ini memberikan informasi mengenai kegiatan utama perusahaan untuk menghasilkan produk yang bernilai. Bagian ini juga berisi informasi mengenai cara untuk memberikan value pada pelanggan.

8.Key Partnership

Bagi Anda yang membangun bisnis dan mempunyai banyak rekan untuk mengembangkannya, maka bisa mencantumkan informasi tersebut melalui bagian ini. Key partnership berisi informasi tentang rekan perusahaan beserta perannya dalam bisnis.

9.Cost Structure

Cost structure merupakan bagian terakhir di BMC yang memberikan informasi mengenai apa saja pengeluaran untuk membiayai bisnis. Struktur keuangan ini harus ditunjukkan dengan jelas agar Anda bisa mengelola bisnis dengan lebih mudah dan optimal.

Cara Menggunakan Bisnis Model Canvas

Bisnis model canvas ini bisa mulai dibuat secara digital untuk selanjutnya dicetak setelah dirasa hasilnya sudah sesuai. Selanjutnya, Anda bisa memasang bisnis model canvas ini di ruang rapat agar bisa lebih mudah untuk dilihat setiap melaksanakan koordinasi bisnis.

Jangan lupa untuk menyediakan sticky notes apabila BMC yang dibuat memerlukan revisi. Hal ini dilakukan agar BMC tersebut terlihat rapi dan tidak terpenuhi dengan coretan. BMC ini bisa digunakan untuk menjelaskan model bisnis kepada investor agar tertarik untuk menanamkan modalnya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar