--> Skip to main content

Tips Melakukan Wawancara Kerja di PT Pegadaian

Wawancara


Cukup banyak pencari kerja, terutama lulusan baru, yang bercita-cita untuk bekerja di perusahaan sekelas PT Pegadaian. Tak hanya gaji dan tunjangan yang menggiurkan, bekerja di PT Pegadaian juga memberi kebanggaan tersendiri. Terlebih lagi jika perusahaan itu termasuk yang diminati banyak orang, salah satu perusahaan yang bergerak di sektor keuangan.


Pada dasarnya, siapa saja bisa bergabung dan bekerja di PT Pegadaian asalkan memenuhi persyaratan dan lolos seleksi penerimaan kerja. Untuk mengetahui kualifikasi yang disyaratkan sebelum melamar, Anda dapat membuka website resmi PT Pegadaian itu. Sebagai contoh, kualifikasi untuk lowongan karir Pegadaian dapat dilihat pada halaman website resmi mereka.


Sebagaimana diketahui secara umum, seleksi penerimaan karyawan PT Pegadaian cukup ketat. Untuk itu, simak tips berikut agar Anda bisa lolos wawancara seleksi karyawan di perusahaan PT Pegadaian yang Anda inginkan.


1.Mengubah pola pikir bahwa akan gagal

Berhenti membayangkan suasana yang menegangkan saat akan wawancara, karena hal tersebut justru akan membuat Anda jadi merasa gugup berlebihan dan tidak fokus pada proses. Hal inilah yang akhirnya membuat Anda gagal. Tidak perlu takut dan minder. Jawablah pertanyaan secara apa adanya sambil tetap bersikap sopan.


2.Siapkan strategi bisnis

Cobalah untuk menyiapkan strategi bisnis untuk perusahaan yang akan mewawancarai Anda. Memberi saran-saran yang baru dan unik akan membuat pewawancara tertarik dan memberikan penilaian yang lebih baik. Akan, tetapi ingatlah untuk tetap bersikap sopan saat menyampaikan saran-saran tersebut agar tidak terkesan menggurui.


3.Hindari menjawab tidak tahu

Sebaiknya hindari menjawab pertanyaan dengan jawaban tidak tahu. Sebab, hal itu akan menunjukkan bahwa Anda kurang siap dan kurang percaya diri saat diwawancara. Cobalah untuk tetap menjawab dengan cara lain. Jika memang tidak ada alternatif lain, tetap berikan jawaban sejauh yang Anda tahu, meskipun kurang tepat.


4.Tunjukkan kemampuan

Jika Anda memiliki kelebihan atau kemampuan yang akan berguna sesuai bidang pekerjaan yang diinginkan, jangan ragu untuk menunjukkannya. Jelaskan dan ceritakan kelebihan-kelebihan tersebut, namun tidak perlu sampai mengada-ada atau terkesan meninggi. Sertakan juga cerita tentang pengalaman yang dimiliki. Tentu ini akan menjadi nilai lebih untuk Anda.


5.Jujur dan apa adanya

Meskipun Anda harus menunjukkan bahwa Anda mampu dan memiliki kelebihan agar dapat bergabung ke dalam suatu perusahaan, Anda tetap harus berkata jujur. Ceritakan pengalaman dan diri Anda secara apa adanya. Jangan berlebihan ketika menceritakan hal tersebut.


6.AKHLAK 

Mulai tahun 2020, program AKHLAK diterapkan di PT Pegadaian sebagai upaya reformasi pengelolaan SDM agar menjadi lebih baik. AKHLAK merupakan akronim dari amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. SDM perusahaan kini diwajibkan memiliki kriteria-kriteria tersebut. Karena itu, pahami kriteria-kriteria itu dan terapkan ke dalam diri Anda. Tunjukkan bahwa Anda adalah pribadi yang mencerminkan nilai-nilai AKHLAK dan layak bergabung ke dalam perusahaan.


Itulah beberapa tips yang semoga berguna bagi Anda yang akan melakukan wawancara kerja di PT Pegadaian. Jika Anda ingin mendapatkan info karir terbaru PT Pegadaian, segera cek website resmi mereka. Di sana juga akan diinformasikan hasil seleksi karyawan pada setiap tahapnya. Semoga beruntung! 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar