--> Skip to main content

Mau Tinggal Didesa? Siapa Takut, Ini Syaratnya


MEDIAKOMPILASI.COM - Tinggal didesa itu biaya hidupnya lebih murah dan suasananya lebih tenang, fakta ini tentu tak terbantahkan. Sayangnya bagi sebagian orang, mencari uang didesa itu sulit dibandingkan di kota. Tak heran jika lulusan sekolah atau sarjana didesa lebih memilih pergi kekota untuk mencari pekerjaan.

Sayangnya, sekarang ini mencari pekerjaan di kota juga tidak mudah walaupun gajinya lumayan tinggi. Bisa kerja tapi statusnya hanya karyawan kontrak yang tidak bisa menjamin masa depan. Tak jarang juga yang sudah lama merantau ke kota tapi tak kunjung mendapatkan pekerjaan yang layak.

Tak sedikit pula yang tadinya kerja lalu kena PHK sehingga menganggur. Sampai-sampai ada yang jual rumah kemudian pulang kampung.

Kenapa tidak tinggal didesa saja? Dengan semakin majunya teknologi informasi, jarak bukan lagi jadi penghalang untuk berbisnis. Tak hanya itu, kerja juga bisa dilakukan secara remote atau WFH (Work from home).

Sekarang ini, mencari nafkah didesa hasilnya bisa menyamai orang kota bahkan bisa melebihi. Istilahnya tinggal didesa rezeki kota. Pemerintah sendiri sudah mencanangkan desa digital.

Persyaratan agar bisa mendapatkan penghasilan layak dari desa

Sebelum memutuskan untuk tinggal didesa, perhatikan persyaratan berikut ini agar nantinya Anda bisa lebih mudah mendapatkan penghasilan dari desa.

1. Memiliki Komputer dan HP

Komputer sangat berguna dalam pembuatan konten baik berupa tulisan, gambar atau video dan berguna juga untuk menyusun data. Banyak aplikasi yang bisa diinstal dikomputer. Selain itu komputer juga bisa digunakan untuk mengakses internet. Komputer yang layak pakai itu setidaknya memiliki RAM minimal 4 GB dan prosesor multi core.

Hp digunakan untuk mengakses website dan media sosial. Hp juga bisa digunakan untuk membuat video. Hp lebih nyaman digunakan untuk mengakses sosial media karena bisa sambil rebahan dan irit daya tidak seperti komputer. Hp yang disarankan adalah yang memiliki prosesor multi core, RAM minimal 4 GB, Kamera FHD dan memori yang lapang. 

2. Tersedianya jaringan internet

Sarana ini hukumnya wajib jika ingin berpenghasilan dari desa, minimal ada akses internet yang disediakan operator seluler seperti Telkomsel, XL axiata atau Indosat. Lebih bagus lagi jika terjangkau jaringan internet fiber.

Gunakan akses poin yang memadai seperti Home router atau modem wifi yang bisa On selama 24 jam. Jika memang sudah terjangkau jaringan internet fiber sebaiknya berlanganan karena biasanya aksesnya unlimited dan kecepatannya memadai.

Jika poin 1 dan 2 terpenuhi sebenarnya Anda sudah bisa berpenghasilan dari desa hanya saja ruang lingkupnya diproduk digital atau konten kreator. Anda bisa memilih salah satu profesi berikut ini, content creator youtube, Content creator tiktok, blogger, content writer, web development, Affiliate, Droshipper, influencer.

3. Akes jalan memadai

Akses jalan yang bisa dilalui mobil sangat berguna sekali untuk distribusi barang sehingga dibutuhkan sekali untuk Anda yang ingin merintis toko online. Anda perlu jasa ekspedisi yang akan mengantarkan produk anda ke pelanggan. Jika Anda membuka toko online sekaligus offline akan membantu pelanggan yang akan berbelanja secara langsung atau belanja ditempat.

Selain untuk kepentingan bisnis, akses jalan juga berguna untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti BBM, sembako atau kesehatan.

Jika bisnis Anda tumbuh menjadi sebuah bisnis yang besar sudah barang tentu akses jalan sangat berperan penting terhadap kelancaran bisnis.

Baca juga: 5 Ide Usaha Makanan Minuman disekolah SD SMP

4. Aman dari bencana alam

Kalau poin ini lebih mempertimbangkan faktor keselamatan. Namanya manusia hidup tentu ingin hidup damai dirumah. Hindari tinggal didaerah yang rawan banjir, longsor, air pasang laut dan bencana alam lainnya.

Lebih baik memilih tinggal didesa kelahiran jika memang lahirnya didesa karena tentunya kondisinya sudah anda ketahui.

Jika memang ada desa lain yang kondisinya lebih baik terutama dari sisi 3 poin sebelumnya, tentu lebih baik memilih desa yang baru.

5. Tersedia Layanan kesehatan

Namanya juga tubuh yang mana tidak selamanaya sehat ada kalanya sakit. Inilah pentingnya tinggal didesa yang tersedia pelayanan kesehatan minimal Puskesmas. Perhatikan juga jarak rumah dengan rumah sakit minimal tipe c, kalau bisa jangan terlalu jauh.

Sedangkan untuk masalah ketersediaan obat, jika tidak bisa ditemukan diapotik terdekat bisa dicari di toko online.

6. Memiliki Alat transportasi

Namanya juga tinggal didesa, angkutan umum tidak selalu ada. Jika suatu saat ada keperluan penting mendadak tidak cukup mengandalkan angkutan umum. Diperlukan alat transportasi sendiri seperti motor roda dua.

Tidak harus motor baru, motor bekas pun asalkan kondisi mesinnya masih bagus masih layak dijadikan alat transportasi pribadi.

Sudah Siap tinggal di Desa? 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar