--> Skip to main content

Tipe-Tipe Data Center Indonesia

Data center


Data center merupakan fasilitas yang kini banyak digunakan dan dimanfaatkan untuk mendukung berbagai kepentingan dalam perusahaan, mulai dari tempat untuk penyimpanan data hingga membantu sistem telekomunikasi yang dibutuhkan.

Perkembangan zaman dan industri yang kini mulai beralih ke ranah digital pun membuat kebutuhan akan data center menjadi sangat vital. Tak heran jika saat ini pusat data disebut-sebut menjadi bagian strategis untuk kemajuan sebuah perusahaan. Lalu, apa saja tipe-tipe yang ditawarkan data center Indonesia? Mari kita bahas selengkapnya di bawah ini.

Enterprises Data Centers

Enterprise data centers merupakan tipe pusat data yang dalam prosesnya, mulai dari pembangunan, pengelolaan, dan lokasi, berada dalam kantor yang sama. Tipe ini menawarkan fleksibilitas karena bisa terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Keuntungan lain yang ditawarkan tipe ini, yaitu dapat memberikan akses penuh kepada pemilik data center.

Namun, kekurangan dalam penggunaan data center Enterprises adalah perusahaan harus mengeluarkan modal yang tidak sedikit karena semua prosesnya dibangun dan dikelola secara mandiri.

Colocation Data Centers

Tipe ini biasanya dikhususkan untuk perusahaan tertentu yang menawarkan jasa colocation server sehingga terdapat tempat sewa khusus untuk data center. Layanan yang diberikan mencakup infrastruktur, bangunan, dan sistem keamanan yang lengkap. Klien pun bisa menyewa sesuai dengan penawaran yang diberikan dan kebutuhan mereka.

Penawaran yang diberikan tipe colocation terbagi menjadi dua jenis, yaitu Retail dan Wholesale. Jenis Retail dikhususkan untuk kebutuhan space yang kecil dan hanya terdapat 10 colocation racks. Sementara itu, jenis Wholesale dibuat khusus untuk perusahaan yang membutuhkan penyimpanan data yang lebih besar.

Hyperscale Data Centers

Umumnya, Hyperscale Data Centers disediakan untuk perusahaan yang membutuhkan penyimpanan dengan jutaan server di dalamnya. Beberapa perusahaan besar dan terkenal membutuhkan tipe data center ini, seperti Google, Apple, Facebook, dan Microsoft.

Saat ini, Hyperscale Data Centers semakin banyak dilirik perusahaan besar dan diprediksi akan mendapatkan keuntungan yang sangat signifikan hingga 2025 mendatang. Keuntungannya pun ditaksir akan mencapai $108 miliar.

Managed Services Data Centers

Tipe yang satu ini hampir serupa dengan colocation. Semua peralatan dan infrastruktur akan diberikan oleh pihak penyedia sehingga perusahaan yang ingin menggunakannya tidak perlu mengeluarkan biaya yang begitu besar.

Perusahaan pun tidak perlu lagi sibuk mengatur dan mengurus semua proses yang dibutuhkan. Pengelolaan dan pemeliharaan data center telah dilakukan secara menyeluruh oleh pihak penyedia layanan tersebut, baik dari server, backup, hingga pembaruan terhadap server dan drivernya.

Jika ingin mendapatkan provider data center profesional di Indonesia, neuCentrIX bisa menjadi pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan perusahaan Anda dengan penawaran harga yang kompetitif.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar