--> Skip to main content

Kelebihan Kekurangan Internet Wifi Unlimited RT RW Net

WIFI RT RW NET

MEDIAKOMPILASI.COM - Kelebihan dan kekurangan Internet Wifi unlimited perlu Anda ketahui sebelum memutuskan berlangganan Wifi. Jangan sampai setelah berlangganan menyesal.

Saya sendiri sudah 1,5 tahun berlangganan Wifi tapi bukan ke ISP besar. Saya belangganan melalui tetangga 1 RT. Bisa dibilang aksesnya Wifi RT RW net. Namun demikian meskipun skalanya RT namun jaringan yang dipakai untuk distribusi sinyal dari pusat ke pusat hotspot menggunakan fiber optik.

Meskipun yang mengelola bukan ISP besar namun nyatanya aksesnya lancar hingga kini. Saya belum ada rencana untuk berhenti berlangganan meskipun jaringan fiber optik ISP besar sudah mulai masuk keperumahan.

Nah.. pada artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman selama menggunakan akses internet RT RW net. Simak terus informasinya dari mediakompilasi.com

Kelebihan Kekurangan Wifi RT RW net

Kelebihan

1. Hemat

Tak bisa dipungkiri biaya langganan per bulan wifi RT RW net lebih murah dibandingkan ISP besar. Sebagai contoh di RT saya cuma 130 ribu per bulan dengan bandwidth 3 Mbps. Lumayan terjangkau untuk saya yang aksesnya untuk 1-2 device saja.

Itupun penggunaannya hanya untuk mengakses youtube, website dan game online. Cukup lah dengan bandwidth sebesar itu.

Dibandingkan dengan paket internet seluler, jelas lebih murah. Bayangkan, hanya bayar 130 ribu per bulan saya bisa internetan sepuasnya.

Pilih penyedia akses internet Wifi RT RW net yang distribusinya sinyalnya menggunakan kabel atau tarik kabel. 

2. Jarang gangguan

Karena distribusi dari ISP nya menggunakan jaringan fiber optik bukan radio, akses internet jarang sekali gangguan. Pengecualian jika Wifi yang menggunakan jaringan radio, beda lagi. Jaringan radio sangat tergantung cuaca seperti jaringan operator seluller.

Pastikan kalau Anda mau berlangganan Wifi RT RW net unlimited, jaringannya menggunkan fiber. Minimal distribusi dari ISP nya mengunakan fiber optik sedangkan dari Hotspot ke pelanggan bisa menggunakan kabel LAN.

Meskipun ada gangguan biasanya tak butuh waktu lama untuk perbaikan kecuali ada peralatan yang rusak dan belum tersedia penggantinya.

3. Pembayaran fleksibel

Ini yang paling saya suka, pembayarannya yang fleksibel. Saya bisa membayar langsung keadmin atau melalui rekening bank. Meski sudah ditentukan tanggal pembayarannya namun kalau memang belum sempat atau belum ada duitnya bisa telat bayarnya yang penting ada basa basinya ke admin.

Ada juga pengelola yang tegas dalam artian kalau sampai telat bayar akan diputus sementara namun kalau ditempat saya kebetulan adminnya sangat toleransi, ada yang sampai nunggak 3 bulan.

4. Tanpa deposit

Anda tak perlu menyetorkan deposit untuk berlangganan, cukup bayar iuran pertama (bayar dimuka) otomatis akses internet akan aktif. Dengan iuran bulanan yang terjangkau tentunya Anda tidak akan merasa berat untuk berlangganan.

Bandingkan jika Anda harus deposit uang dahulu sebelum aktif dengan alasan untuk jaminan peralatan dan takutnya bayarnya susah.

5. Tanpa sewa alat

Berdasarkan pengalaman saya, untuk berlangganan wifi RT RW net ada kebijakan yang berbeda-beda tiap pengelola wifi. Ada yang peralatannya dipinjamkan misalnya router atau radio penerima tapi ada pula yang harus beli alat sendiri.

Kalau jasa hotspot Wifi RT RW net nya baru merintis biasanya alat dipinjamkan, pelanggan hanya membayar biaya pemasangan dan iuran pertama.

Tapi kalo penyedianya sudah lama eksis dan banyak pelanggan, biasanya alat harus beli sendiri. Saya pernah menghubungi sebuah penyedia akses Wifi diperumahan dan saya harus merogoh kocek 600 ribu untuk iuran pertama, biaya pemasangan dan pembelian router sedangkan radio penerima (Akses poin) dipinjamkan.

Baca juga: 

Pasang Wifi Modal router Totolink Murah murah

Pilih paket internet unlimited! ini 5 Alasannya


Kekurangan

1. Bandwidth terbatas

Ada harga ada kualitas, begitu juga dengan akses internet Wifi RT RW net ini. Biayanya memang terjangkau namun bandwidth nya terbatas sekitar 1-5 Mbps per akses poin. Untuk pemakaian wajar mungkin masih lancar namun untuk pemakaian yang tinggi dan butuh bandwidth besar seperti live dan lain-lain perlu tambahan bandwidth.

Kalau memang pemakaiannya wajar dan device nya sedikit, menurut saya akses internet Wifi RT RW Net masih Worth it. Namun kalau Anda suka streaming game online dan devicenya banyak saya sarankan menggunakan ISP besar.

2. Bayar di muka

Anda harus bayar dimuka untuk berlangganan Wifi RT RW net atau pra bayar. Resikonya jika anda telat bayar, penyedia bisa saja langsung memutuskan akses internet. Anda tidak bisa mencoba dulu kualitas jaringannya sebelum berlangganan.

Resikonya jika Anda sudah mengeluarkan biaya pemasangan atau beli alat tapi dikemudian hari ternyata jaringannya jelek, tentu anda yang rugi. Mau behenti tapi sudah bayar dan beli alat.

Alangkah baiknya jika mau berlangganan, tanya dulu kualitasnya ke yang sudah langganan. Kalau memang lancar baru langganan.

3. Semakin banyak pelanggan semakin lambat

Berdasarkan pengalaman saya, awal berlangganan aksesnya lancar namun setelah langganannya (user) banyak hingga 40 user, kadang lelet saat banyak yang mengakses secara bersamaan.

Solusinya tentu pindah bandwidth yang jarang pelanggannya tapi tentu tambah biaya langganan. Biarpun saya tahu kalau kadang lelet namun secara umum karena aktifitas internet saya lancar dalam artian bisa upload video meski kadang lama atau browsing serta nonton youtube lancar itu sudah cukup buat saya.

4. Biaya Pemasangan mahal

Umumnya kalau mau berlangganan Wifi RT RW net, pengelolanya meminta biaya pemasangan. Ada yang terjangkau ada pula yang mahal hingga jutaan rupiah.

Pilih akses internet dengan  kabel atau tarik kabel sehingga biayanya lebih murah atau kalau memang sudah ada yang langganan misalnya tetangga tinggal ambil jaringan dari satu kabel sehingga penyedianya tidak perlu narik kabel dari hotspotnya tapi cukup ambil dari switch hub jaringan yang sudah ada.

Biaya pemasangan yang mahal biasanya berlaku untuk akses internet yang menggunakan radio penerima atau PTP. Alat inilah yang harganya mahal dan jarang sekali penyedia yang meminjamkan.

5. Rawan kena petir

Petir merupakan musuh utama penyedia jasa wifi karena jika ada alat yang tekena petir maka akan mengganggu distribusi sinyalnya misalnya switch hubnya terkena petir atau router pusat terkena petir.

Selama saya berlangganan mungkin bisa dihitung dengan jari namun tentu saja mengganggu karena akses internet terputus untuk sementara sampai alatnya diganti.

Artikel Kelebihan dan kekurangan internet Wifi unlimited RT RW net ini hanyalah berdasarkan pengalaman pribadi, bisa jadi berbeda dengan pengalaman anda. Semoga Bemanfaat!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar