--> Skip to main content

5 Tips Mudah Memilih Bisnis Potensial

 

Bisnis potensial

MEDIAKOMPILASI.COM –Saya Ingin berbisnis tapi bingung bisnis apa ya? Pertanyaan seperti ini sering dilontarkan orang-orang yang ingin berbisnis. Bagi sebagian orang mungkin mudah namun tak sedikit yang kebingungan.

Dalam memilih bisnis perlu kecermatan, pasalnya jika salah perhitungan akibatnya bisa buruk. Bukan untung yang diraih justru kerugian yang didapat. Cerita-cerita kegagalan pemula dalam menekuni bisnis sering terdengar.

Meski demikian ini bukan jadi penghalang dan malah jadi takut berbisnis. Berbisnis itu sebenarnya mudah asal mengetahui celahnya. 

Tips Mudah memilih bisnis potensial cocok untuk pemula

Berikut ini Tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih bisnis yang tepat. Simak informasinya sampai tuntas.

1. Sesuaikan dengan passion

Hal apapun akan semangat melakukannya jika sesuai dengan passion atau minat. Begitu pula dalam bisnis, jika Anda menekuni bisnis yang Anda menyukainya tentu akan semangat menekuninya. Contoh mudahnya begini, Anda hobi memasak maka bisnis yang potensial adalah yang berhubungan dengan masak memasak seperti bisnis kuliner.

Meskipun bisnis tersebut sudah sesuai passion bukan berarti itu yang paling tepat, Anda tetap harus memperhatikan faktor lain yang akan saya ulas juga di poin berikutnya. 

2. Modal Kecil

Pilih sebuah bisnis yang modalnya kecil. Kenapa demikian? Untuk pebisnis pemula cukup beresiko jika memilih bisnis yang modalnya besar tanpa pengalaman sedikit pun. Ada sebuah kisah nyata dimana seseorang memilih bisnis ayam geprek namun langsung dalam skala besar. Langsung  menyewa ruko strategis yang sewanya mahal.

Padahal belum paham kemauan konsumen dan apakah lokasinya cocok untuk bisnis tersebut? Akhirnya bisa ditebak, belum genap setahun bisnisnya macet. Sayang sekali bukan? Modal sudah keluar banyak tapi tanpa hasil.

3. Pasarnya selalu ada

Bisnis apapun harus mempertimbangkan hal ini, pasarnya ada atau tidak? Buat apa menekuni bisnis yang sesuai passion tapi pasarnya jarang ada atau hanya lapisan masyarakat tertentu saja. Bisnis yang bagus harus selalu ada pasarnya dan bagus lagi kalau menyasar semua lapisan masyarakat.

Apa indikatornya? Anda bisa survey dulu. Adakah bisnis yang sejenis dilokasi Anda? Kalau ada dilihat dulu bagaimana perkembangannya? Kalau memang bisnis tersebut ada yang lebih dulu sukses, ini bisa menunjukkan kalau pasarnya ada.

4. Bukan bisnis musiman

Bisnisnya laku tapi cuma sesaat! No No.. ini bukan pilihan yang bagus. Masih ingat beberapa tahun yang lalu bisnis Es kepal milo laku keras dipasaran? Coba tengok sekarang, sudah jarang terlihat bukan?. Ini adalah sebuah contoh bisnis yang bersifat musiman atau bersifat viral.

Bisnis yang bagus harus bisa eksis sepanjang waktu tidak tergantung musim. Anda bisa pilih bisnis yang cocok. Rumus dasarnya, bisnis tersebut dibutuhkan orang setiap hari misalnya orang butuh makan maka bisnis makanan bisa menjadi sebuah bisnis yang potensial.

5.Lakukan sekarang juga

Sehebat apapun  Rencana bisnis Anda tak akan berguna jika tidak segera Anda lakukan. Langkah terberat bagi seorang pebisnis pemula adalah memulai.

Jika semuanya sudah memungkinkan segera lakukan bisnis tersebut jangan nunggu nanti. Percayalah jika bisnis Anda sudah berjalan maka kesananya akan lebih mudah.

5 poin diatas cukup membantu pemula yang ingin mulai berbisnis sehingga menekan sekecil mungkin resiko kerugian. 

Jika Anda masih bingung juga, Saya sarankan untuk berkunjung ke Ebisnis, sebuah situs untuk belajar berbisnis.

Disana akan Anda temukan tips seputar ide jualan, drophsip, affiliate hingga marketplace. Anda bisa belajar bisnis disana tanpa harus keluar  uang. Cukup akses dengan ponsel lalu pilih informasi bisnis yang sesuai kemudian pelajari.

Dengan desain website yang apik dan cepat diakses akan membuat Anda tidak cepat bosan mengaksesnya. Cari informasi sebanyak-banyaknya agar wawasan seputar bisnis semakin banyak sehingga lebih mudah dalam menentukan bisnis potensial.

Artikel popular dari website ini bisa menjadi rujukan sehingga Anda tak perlu repot mengumpulkan ide bisnis satu persatu. Contoh salah satu artikel yang patut Anda pertimbangkan berjudul 20 ide jualan makanan yang laku setiap hari online, Pasti!

Yuk Manfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk belajar bisnis dengan menyimak artikel dari situs E bisnis!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar