--> Skip to main content

6 Peralatan Penting Content Creator Video Youtube Tiktok FB Instagram

Peralatan content creator


Peralatan Penting Content Creator Video Youtube Tiktok FB Instagram - Saat ini video bukan sekedar hiburan atau tontonan namun lebih dari itu sebuah video ternyata cukup bagus digunakan untuk digital marketing dan yang paling menarik bisa menghasilkan uang.

Anda bisa membuat channel di youtube lalu isi kontennya hingga ramai pengunjung lalu bergabung dengan Youtube Partner Program agar bisa menghasilkan uang. Anda juga bisa menjadi content creator di halaman Facebook dan jika halamannya memenuhi syarat, bisa menghasilkan uang melalui iklan ads break atau bisa juga star

Begitu pula di tiktok, Anda bisa buka tiktok shop, live atau mendapatkan endorse. Cara yang sama bisa dilakukan di Instagram. Masih puas hanya sebagai penonton saja? kenapa tidak menjadi content creator! 

Peralatan Penting Content Creator 

Tertarik untuk menjadi content creator? Hal utama yang perlu Anda persiapkan peralatannya. Tanpa peralatan yang memadai video yang dihasilkan kurang bagus. Apa saja sih peralatan content creator? Simak artikel dari Media kompilasi berikut ini  

1. Kamera

Tanpa kamera Anda tidak bisa berkarya! makanya wajib memiliki kamera. Untuk pemula kamera HP saja sudah memadai. Namun kalau kalian ingin lebih profesional bisa menggunakan kamera miroless, kamera action atau DSLR..

Jangan minder jika hanya pakai HP karena Fitur kamera zaman sekarang sudah cukup canggih, resolusinya sudah HD atau High Definition. Ada beberapa resolusi Video HD :

1280 x 720 HD

1440 x 1080 Full HD

1920 X 1080 Full HD

4096 x 3072 Ultra HD 4K

3840 x 2160 Ultra HD 4K

Jika kalian punya mau menggunakan Kamera Miroless/DSLR itu akan jauh lebih baik karena kualitas Videonya sangat bagus karena lensanya khusus. Jenis kamera lain yang kerap digunakan adalah Handycam. Kamera ini cukup nyaman untuk merekam video karena memang didesain untuk merekam video.

2.Tripod, Tongsis, Gimbal

Ketiga alat ini sangat bermanfaat saat perekaman video dimana nantinya kamera diletakkan disini. Fungsi alat tersebut untuk menghasilkan video yang stabil tanpa goyang-goyang. Jenis video yang cocok mennggunakan Tripod diantaranya video podcast, review atau tutorial.

Tripod ini bisa digunakan saat merekam outdoor maupun indoor. Seringkali Anda perlu tongsis atau gimbal ketika merekam video contohnya saat kalian membuat video travelling atau makan-makan sehingga kalian perlu sebuah Tongsis. 

Gimbal sangat bagus untuk perekaman vodeo dengan objek yang bergerak seperti pada video sinematik. Sayangnya harga peralatan ini mahal, paling murah 1 jutaan sehingga terasa berat buat pemula.

3. Mic External

Video yang berkualitas tak bisa lepas dari suaranya atau vocal, terlebih lagi video musik/cover. Disinilah perlunya menggunakan Mic External tidak cukup hanya mengandalkan Microphone internal HP.

Microphone eksternal ini jenisnya banyak ada yang model clip on atau lavalier ada pula yang model stand. Dilihat dari koneksinya ada yang kabel ada pula yang wirelees. Sedangkan jika dilihat dari penguatannya ada microphone kondensor ada pula microphone dynamic.

Microphone yang bagus adalah yang sensitif dan jernih. Semakin mahal harganya kualitas suaranya akan semakin bagus.

Perlu Anda ketahui ada beberapa jenis mircrophone jika dilihat dari diafragmanya yaitu Microphone Condenser, Lavalier Microphone, Shotgun Microphone.

Beberapa rekomendasi merek microphone: Takstar, Audio TECHNICA, RODE , BOYA, Genius, BM-800.

4. Software Editing Video

Harus diakui video yang berkualitas tak bisa lepas dari proses editingnya karena saat perekaman video terkadang masalah misalnya suara kecil, scene terlalu lama, suara liar masuk. Proses editing bisa memperbaiki atau menghilangkan masalah-maslah tersebtu.

Dalam proses editing ini selain memperbaiki kesalahan bisa juga menambahkan efek-efek yang tidak ada saat perekaman misalnya teks, efek transisi, efek suara, backsound dan masih banyak lagi.

Proses pengeditan video membutuhkan aplikasi atau software video editing. Kabar baiknya bisa menggunakan HP contohnya aplikasi VN, Kinemaster, Capcut. Hasil editan dari apalikasi HP cukup memadai walaupun ada keterbatasan namun secara umum hasil editannya (rendering) layak untuk di unggah ke internet.

Lebih bagus lagi kalau menggunakan software editing video PC seperti Adobe Premiere pro cc,  Vegas Movie Studio 14, Corel VideoStudio Ultimate X10.

Sayangnya software tersebut butuh spesifikasi PC yang tinggi, pakai vga card dan harga software premiumnya juga mahal. Contohnya sotware Corel VideoStudio Ultimate X10 harganya mencapai Rp.606.000.

Ada sih software editing video yang ringan dan gratis seperti VSDC namun kalau spesifikasi PC rendah prosesnya akan lama. Pengeditan standar lebih cepat jika menggunakan HP dengan catatan memiliki RAM minimal 4GB.

5. Lighting

Saat pengambilan video diluar ruangan, pencahayaan cukup menggunakan cahaya alami dari sinar matahari. Beda lagi kalau pengambilan videonya didalam ruangan seperti video unboxing, butuh alat yang namanya lighting.

Kalau modalnya terbatas bisa menggunakan lampu rumah yang terang tapi lebih bagus lagi kalau menggunakan lampu khusus atau lighting seperti yang dipakai studio foto.

Idealnya ada 3 lighting yang berfungsi sebagai lighting utama, lighting sekunder dan backlight namun untuk kelas pemula dengan lighting utama saja sudah cukup. 

6. Studio Mini

Ada beberapa jenis video yang butuh studio mini seperti unboxing, podcast atau live video. Setting studio mini tidak harus pakai alat yang mahal dan ruangan khusus tapi bisa memanfaatkan pojok ruangan yang disetting sedemikian  rupa agar kelihatan bagus.

View video yang sempit membuat properti yang digunakan sedikit misalnya untuk video unboxing gunakan pot bunga sintetis mini dengan alas kertas putih. Pasang juga backgroud pada dinding dengan corak yang unik misalnya warna hitam.

Penutup

Peralatan penting content creator video cukup menentukan video yang dihasilkan sehingga semakin lengkap semakin bagus.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar