--> Skip to main content

10 Ide Jualan Dipasar Kaget Berupa Makanan Terlaris

Pasar Kaget


10 Ide Jualan Dipasar Kaget Berupa Makanan - Dikota-kota besar atau pinggiran, keberadaan pasar kaget cukup membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dan juga sebagai sarana hiburan. Bagaimana pun juga orang suka belanja apalagi ada pasar yang lokasinya dekat dengan rumah.

Keberadaan pasar kaget harus diakui mampu menghidupkan ekonomi bagi warga sekitar sehingga wajar kalau setiap ada pasar kaget selalu banyak dihadiri pedagang dengan aneka dagangan serta pembeli. Ada juga yang sekedar jalan-jalan.

Pengertian Pasar Kaget

Pasar kaget adalah pasar yang sifatnya hanya sementara dan tidak rutin tiap hari ada. Lokasi pasar kaget biasanya ada dijalanan besar atau pusat keramaian.

Contohnya disebuah perumahan di Tambun selatan Bekasi, setiap hari tertentu diadakan pasar kaget yang lokasinya di jalan blok perumahan misalnya hari Minggu ada di blok I lalu hari Kamis ada di Bundaran perumahan.

Pedagang dari mana saja bisa bergabung dan biasanya ada koordinatornya yang mengatur lokasi masing-masing pedagang serta meminta uang restribusi. Tarifnya tergantung lamanya jualan kalau pasar kaget malam hari berkisar 15 ribu tapi kalau cuma 1-2 jam sektiar Rp.3000 saja.

Sebelum Anda berjualan dipasar kaget sebaiknya menghubungi koordiatornya untuk menanyakan apakah masih ada lokasi kosong dan berapa iurannya.

Baca Juga: 10 Usaha pendamping toko kelontong

Keberadaan pasar kaget ini biasanya bergilir misalnya hari Senin diperumahan ini lalu hari Selasa nya diperumahan lain dan begitu seterusnya. Pasar kaget sempat terpukul ketika datangnya pandemi tapi sekarang sudah mulai lagi bermunculan pasar akget.

Keuntungan dari pasar kaget ini, Penjual tidak perlu sewa tempat tapi mendapatkan lokasi yang ramai pengunjung. 

Ide Jualan Dipasar Kaget

Tertarik untuk membuka usaha dipasar kaget? berikut ide jualan dipasar kaget yang layak anda coba berdasarkan pengalaman admin sendiri.

1. Martabak Manis Mini

Kuliner ini sangat cocok dijual dipasar kaget karena harganya yang terjangkau dan peralatannya sedikit diantaranya kompor, cetakan, dan peralatan pendukung lainnya yang modalnya tidak besar dibawah 2 juta. Gunakan gerobak motor yang bisa diturunkan sehingga sebaiknya membuat gerobak seringan mungkin.

Jenis cetakan martabak mini yang disarankan yang diameter 7 cm, 8 cm dan 10 cm agar harganya terjangkau dibawah Rp.5000. Jika Anda ingin belajar mengolah martabak manis mini bisa kunjungi channel Trik Martabak Mini.

2. Bakso ikan

Usaha baso ikan cocok sekali dijual dipasar kaget karena Bakso ikan itu bahan bakunya ikan sehingga harganya lebih murah dibandingkan dengan Baso dengan berbahan baso sapi sehingga harga jualnya juga murah mulai Rp.1000 per butir dengan ukuran sedang. Ciri khas dari penjual baso ikan adalah tidak mengunakan mangkuk saat melayani pembeli tapi dibungkus dengan plastik atau gelas plastik.

Dengan harga yang terjangkau tersebut membuat bakso ikan ini sering diburu pembeli dipasar kaget. Pengolahan bakso ini perlu kecermatan meski mudah sehingga perlu berlatih membuat baso dulu sebelum berjualan

3. Bakso pentol

Ide jualan dipasar kaget ini cukup menjanjikan karena baso ini juga cukup digemari dipasar kaget karena memang harganya murah, 5000 aja dapat banyak. Baso pentol juga penyajiannya nggak pakai mangkuk seperti baso ikan.

Baso pentol disajikan dengan potongan tahu. Pembuatan bakso pentol ini hampir mirip dengan baso pada umumnya menggunakan bahan dasar daging sapi dan tepung kanji dengan perbandingan tertentu. Untungnya ada jasa menggiling daging sapi untuk dijadikan baso jadi tinggal membentuk basonya dirumah. 

4. Cilok

Jika modal Anda terbatas ide jualan dipasar kaget yang satu ini layak anda coba. Modal pembuatan cilok ini cukup murah karena tidak banyak bahan. Pembuatan cilok terbilang mudah, siapapun bisa. Kekuatan ide usaha ini ada pada saus kacangnya dan ciloknya yang empuk.

Agar lebih menarik kreasikan isian ciloknya dengan varian yang bermacam-macam misalnya isian ayam, keju, ikan dan lain-lain sehingga lebih menarik dibandingkan rasa cilok yang itu itu saja.

5. Jualan Pukis

Ide jualan makanan dipasar kaget yang satu ini layak Anda coba. Pukis rasanya enak, gurih dan nikmat. Bahan bakunya juga mudah didapat dengan harga terjangkau. Peralatan penting yang wajib ada seperti kompor dan cetakan pukis. 

Semua itu bisa dibeli secara online sehingga tak perlu repot mencari-cari ke toko perabot. Harga jualnya yang cukup terjangkau membuat pukis menjadi salah satu makanan yang wajib dibeli saat berkunjung ke pasar kaget.

6. Gorengan

Ide jualan makanan ini sudah umum dilakukan dipasar kaget jadi jangan sampai Anda melewatkannya jika memang memungkinkan. Anda bisa menjual mulai dari bakwan, tempe kering, tahu isi, pisang goreng, singkong goreng hingga aci goreng.

Meski terlihat mudah namun usaha ini butuh pengolahan ekstra dan modal yang lumayan banyak apalagi jika jenis gorengannya komplit. Jika terbatas modalnya cukup sediakan beberapa jenis saja atau bisa juga jualan tempe mendoan.

7. Cilor/maklor

Ide usaha ini untungnya cukup menjanjikan karena bahannya murah sehingga keuntungannya bisa berlipat-lipat. Bahan bakunya cukup sederhana dari tepung kanji dan makaroni. Tepung kanji ini nantinya diolah dan dipotong kecil-kecil. Kalau makaroni sudah setengah matang. Bahan tersebut lalu digoreng dan diberi kucuran telur.

Alat yang  dibutuhkan cukup sederhana mulai dari kompor, wajan 9 lubang dan tempat bumbu halus. Praktis modalnya juga tidak banyak.

8. Bihlor

Ide usaha ini relatif mudah bermodalkan bihun dan telur. Bihun digoreng lalau digulung dengan tusuk sate dan dikucuri telur dan digulung ke bihunnya. Penyajiannya bisa dengan saus sambal atau bumbu bubuk.

Alat yang digunakan tidak banyak seperti kompor, wajan dan tempat saus atau bumbu bubuk. Jika anda ingin usaha dipasar kaget dengan modal kecil usaha ini salah satu yang rekomended.

9.Martabak mie telor

Ide usaha dipasar kaget yang satu ini bermodalkan bahan seperti kulit lumpia, telur, sosis dan mie basah. Alat yang digunakan kompor dan wajan datar. Cara pengolahannya juga mudah jadi cocok untuk pemula sekalipun.

Dengan harga jual mulai Rp.3000 membuat keuntungannya juga menjanjikan apalagi kuliner ini digemari anak-anak sehingga konsumennya selalu tersedia.

10.Basreng

Ide jualan dipasar kaget yang terakhir ini juga tergolong mudah karena hanya menggoreng baso kemudian diberi bumbu. Baso bisa dibuat sendiri atau bisa juga beli yang sudah jadi karena nantinya akan digoreng tidak seperti Baso kuah.

Basreng cocok sekali untuk camilan sehingga konsumen belinya tidak  cukup 1 biji tapi biasanya banyak dan ini tentu menguntungkan.

Penutup

Silahkan Anda pilih salah satu ide jualan dipasar kaget yang berupa makanan yang paling sesuai dengan minat Anda sehingga bisa enjoy menjalaninya. Selamat mencoba! 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar