--> Skip to main content

10 Usaha Pendamping Toko Kelontong Paling Menjanjikan

Pom mini


Usaha Pendamping Toko Kelontong Paling Menjanjikan - Sudah punya usaha tapi masih nyambi usaha lain, itu sudah biasa! Fokus pada 1 bisnis memang bagus namun punya usaha pendamping atau sampingan juga lebih bagus lagi karena sumber penghasilannya dobel.

Kelebihan punya usaha pendamping salah satunya usaha tersebut akan menopang usaha utama sehingga saat omset sedang turun, usaha utama masih tetap terbantu dengan usaha pendamping. Tahu sendiri namanya usaha kadang ramai kadang sepi.

Namun memilih usaha pendamping perlu kecermatan kalau tidak, bisa saja ada yang kurang terurus. Oleh sebab itu pilih usaha yang tepat artinya keduanya bisa berjalan tanpa mengganggu satu sama lain.

Usaha pendamping toko kelontong

Biar tidak salah pilih berikut rekomendasi usaha sampingan yang bisa Anda pilih. Cek ulasan lengkapnya.

1. Jualan sayur

Toko kelontong sambil jualan sayur kerap dilakukan karena keduanya saling mendukung. Kebutuhan memasak tak lepas dari barang toko kelontong. Ada kebutuhan memasak yang tidak ada ditukang sayur contohnya terigu, minyak goreng, gula merah, bumbu dan lain-lain.

Nah dengan menyatukan toko kelontong dan jualan sayur maka pembeli akan sekalian beli kebutuhan dapurnya disitu juga. Omset toko kelontong pun jadi naik.

Jualan sayur ini butuh modal dan tenaga ekstra untuk belanja sayurnya dan sifat sayur mayur itu tidak tahan lama. Harus cermat saat belanja.

2. Pom Mini

Ini kerap dilakukan oleh toko kelontong yaitu dengan berjualan BBM dengan alat modern seperti POM bensin. Posisinya biasanya tepat didepan tokonya. Cara belanjanya juga mudah tinggal belanja ke POM bensin resmi menggunakan jerigen lalu di jual kembali dengan selisih harga sektiar 1000 an.

Mengingat modalnya yang tidak terlalu besar, usaha ini rekomendasi sekali sebagai pendamping usaha toko kelontong meski tidak berkaitan dengan barang-barang toko kelontong. Setidaknya bisa menambah omset.

Baca juga: 10 Perlengkapan Toko sembako penting

3. Jualan makanan anak

Anak-anak bisa jadi target konsumen toko kelontong yang potensial. Wajar jika setiap toko kelontong biasanya menjual jajanan atau snack kemasan seperti wafer, permen, sukro, pilus, bolu. Sayangnya makanan seperti ini biasanya anak anak cepat bosan.

Toko Anda bisa mencoba menjual makanan siap saji tapi cukup digemari anak-anak contohnya Aci gulung, Bihun gulung, sosis bakar, Cimin atau martabak telur mini. Usaha-usaha yang sudah saya sebutkan modalnya kecil dan mudah pengolahannya.

4. Jasa Hotspot RT RW Net

Saat ini kebutuhan akses internet cukup penting untuk menonton youtube, tiktok, game online atau lainnya. Meski ada paket internet dari operator seluler namun kalau pakai sistem kuota kebutuhannya jadi banyak sehingga menguras kantong. Ada juga paket unlimited namun tetap saja terbatas karena ada FUP.

Akses internet unlimited dengan harga terjangkau dan tanpa batas menjadi sebuah kebutuhan. Ini bisa dipenuhi salah satunya dengan berlangganan ke jasa hotspot wifi RT RW Net. Anda bisa merintis usaha jasa hotspot ini.

Biaya investasinya masih cukup terjangkau dan sekali beli kecuali alatnya rusak. Prinsip dari usaha ini adalah sebagai pebisnis nantinya berlangganan akses internet ke ISP resmi kemudian di jual lagi. Peralatan yang dibutuhkan diantaranya kabel, router, mikrotik, switch hub.

5. Warkop

Usaha ini juga kerap dilakukan pebisnis toko kelontong karena memang mudah. Semua bahan sudah tersedia di toko kelontong mulai dari kopi sachet, teh celup, gula pasir, mie instan. Anda cukup menyediakan alat masak yang nggak banyak seperti kompor, teko, wajan, gelas dan mangkuk.

Konsep seperti ini diterapkan di minimarket tertentu sehingga pembeli bisa ngopi-ngopi didepan minimaket yang sudah disiapkan meja dan kursi kecil.

6. Konten Kreator Video

Toko kelontong menjual banyak item barang yang kalau dihitung bisa ratusan belum lagi kalau ada produk baru. Ini bisa menjadi ide konten video yang bisa Anda unggah ke youtube, facebook, Instagram atau tiktok.

Ada bisa membuat konten seputar bisnis ini mulai dari tips trik atau review produk. Kalau ingin mendapatkan penghasilan yang mudah, youtube bisa menjadi pilihan. Anda bisa ATM (amati, tiru dan modifikasi) channel bisnis retail comunity atau syahrul toko.

Channel Anda bisa mulai menghasilkan jika subscribernya mencapai 1000 dan jam tayangnya 4000 jam. Nantinya channel anda akan diajukan ke youtube dan direview kalau disetujui maka sejak saat itu channel anda kan menghasilkan uang baik dari iklan atau pun yang lain.

7. Affiliate Program

Usaha ini bisa anda lakukan disela-sela menunggu pembeli. Cara kerja usaha ini adalah anda mencari pembeli produk secara online dengan cara mengarahkan ke link produk. Jika ada pembeli yang membeli melalui link tersebut maka anda akan mendapatkan komisi yang besarnya mulai 1 % hinga 50% tergantung produknya.

Salah satu affiliate program yang layak Anda coba adalah Shopee Affiliate program. Sebagai situs marketplace besar di Indonesia sudah barang tentu pembeli akan percaya kalau beli disana. Kunci dari usaha ini ada pada branding yang kuat.

Link affiliasi bisa Anda share ke facebook, youtube, tiktok atau twiiter. Kunci sukses usaha ini ada pada pemilihan target konsumen yang tepat. Misalnya Anda mau menawarkan kalkulator, tentu lebih tepat kalau menawarkannya ke pebisnis sembako atau pedagang.

8. Toko online

Kelebihan dari toko online salah satunya tidak butuh lokasi khusus, stok barang bisa disimpan dimana saja yang penting kalau ada yang beli barang langsung dikirim.

Disela-sela waktu luang, Anda bisa menekuni usaha toko online atau online shop. Stok barang tidak perlu banyak-banyak. Produknya bisa hasil produksi sendiri atau reseller produk. Lebih menguntungkan lagi kalau produknya cocok dijual di toko sembako misalnya sandal, tas, topi dan lain-lain.

Anda bisa menjual produknya secara online melalui media sosial, membuat toko dimarketplace atau membuat website toko online.

9. Kredit Peralatan rumah tangga

Kebanyakan orang lebih suka membeli barang secara kredit dari pada tunai. Nah ini bisa menjadi sebuah peluang usaha jual beli secara kredit. Peralatan rumah tangga sangat cocok jika dijual secara kredit seperti rice cooker, wajan, panci, teko, dispenser dan lain-lain.

Tawarkan barangnya kepada pelanggan toko sembako Anda jadi tak perlu mencari-cari lagi. Perlu kejelian dalam mencari pelanggan, sebaiknya pilih pelanggan yang jujur dan terpercaya.

10. Jualan Nasi Uduk

Sarapan bagi sebagian orang merupakan keharusan, wajar saya jika makanan untuk sarapan sering dicari pembeli salah satunya nasi uduk. Usaha nasi uduk tak pernah mati karena sarapan memang kebutuhan dan nasi uduk itu rasanya gurih cocok sekali untuk sarapan.

Anda bisa mencoba usaha jualan nasi uduk. Keuntungannya anda bisa buka bersamaan dengan toko kelontong dan nasi uduk. Sehingga bisa saja setelah beli nasi uduk sekalian beli yang lain seperti kopi, teh atau sabun cuci.

Bagaimana menurut Anda, dari 10 Usaha pendamping toko kelontong diatas, mana yang cocok untuk toko Anda?

Sumber gambar: kaltimtoday.co

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar