--> Skip to main content

10 Perlengkapan Toko Sembako Penting

perlengkapan Toko sembako


10 Perlengkapan Toko Sembako Penting - Toko sembako prospeknya masih bagus dan masih layak ditekuni ditahun 2023 ini. Jika Anda ingin berbisnis yang tidak ribet dan selalu ada pasarnya, cobalah bisnis toko sembako. Terbukti kian hari jumlah toko sembako kian bertambah baik yang skala kecil (eceran) atau Besar (Grosir).

Tak jarang pemain baru bisnis ini yang berkembang pesat meski harus bersaing dengan mini market. Ini memberi gambaran keduanya memiliki pangsa pasar sendiri-sendiri. Tak sedikit juga toko sembako yang bisa eksis puluhan tahun. Ini menjadi bukti kalau bisnis toko sembako masih menjanjikan.

Perlengkapan Toko Sembako

Berikut daftar perlengkapan toko sembako yang perlu Anda persiapkan jika ingin merintisnya. Simak info lengkapnya berikut ini.

1. Etalase

Fungsinya cukup penting untuk memajang barang dagangan dan lebih dari itu bisa menjadi identitas toko sembako. Toko sembako tanpa etalase kesannnya bukan toko sembako.

Ukuran etalase umumnya 1 meter, 1,5 meter dan 2 meter. Jika lebar tokonya 2-3 meter sebaiknya menggunakan etelase yang ukuran 1,5 meter.

Posisi peletakkan disarankan didepan tapi kalau tidak memungkinkan bisa dibelakang yang penting terlihat.

2. Rak

Rak berfungsi untuk menyimpan barang yang ukurannya besar dan berat yang tidak cocok disimpan di etelase contohnya mie instan, gula pasir, terigu, air mineral botol, minyak kemasan, susu kaleng dan lain-lain.

Bahannya bisa dari kayu atau besi tapi kalau ingin awet bisa pilih bahan besi. Pembuatannya bisa pesan ke tukang las atau kalau bahannya kayu bisa ke tukang kayu. Sesuaikan dengan ukuran toko sembako.

Baca juga: Perbandingan Usaha sendiri vs Karyawan

3. Gantungan

Gantungan digunakan untuk memajang barang-barang rencengan seperti kopi sachet, shampo sachet, pembersih lantai, detergen, teh celup dan lain-lain. Bahannya bisa berupa pipa besi atau bisa juga dari kayu atau bambu.

Semakin banyak barang yang digantung akan semakin menarik minat pembeli. Usahakan pajangannya rapat dan banyak tidak renggang.

4. Meja

Meja digunakan untuk menyimpan uang, tempat timbangan hingga meletakkan barang belanjaan. Meja bisa dilengkapi dengan kursinya sehingga bisa digunakan saat menunggu pembeli. Untuk keamanan sebaiknya laci meja dilengkapi dengan kunci.

Supaya awet pilih bahan meja dari kombinasi besi dan kayu atau kayu yang bagus seperti kayu jati tapi kalau dananya terbatas bisa membuat sendiri dengan kayu bekas yang biasa dijual di toko kayu madura.

5. Timbangan

Timbangan ini penting karena sering digunakan untuk menimbang sembako seperti terigu, telur, gula pasir, gula merah, kacang, bahan kue dan lain-lain.

Pilih timbangan digital yang ukurannya besar dan fiturnya komplit. Semakin akurat timbangannya maka akan membuat pembeli nyaman berbelanja sembako yang ditimbang.

Jika sampai timbangannya kurang akurat atau selisihnya banyak akan membuat pembeli kapok belanja.

6. Pendingin Showcase

Minuman ringan sering kali di jual di toko sembako dan akan lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin. Alat pendingin showcase cukup dibutuhkan karena lebih menarik pembeli dari pada hanya mengguakan kulkas atau cooler (termos).

Harga pendingin showcase ini memang mahal atau diatas 1 jutaan tapi kalau minumannya laku, bisa cepat balik modal. Alat ini biasanya awet walaupun tergantung mereknya. Pilih merek yang sudah terkenal contohnya Polytron.

7. Galon

Air mineral kemasan galon cukup diminati pembeli apalagi didaerah perkotaaan. Untuk pembelian pertama biasanya harus satu paket yaitu isi dan galonnya tapi untuk pembelian berikutnya cukup isinya saja. Salah satu merek air kemasan galon yang paling laris adalah Aqua dan VIT.

Beli galon secara bertahap jangan langsung banyak. 5 saja sudah memadai. Kalau banyak pelanggannya barulah stoknya ditambah. Galon bisa dibeli langsung ke distributornya atau kalau beruntung bisa membeli ke toko yang tutup.

8. Kalkulator

Perlengkapan toko ini cukup penting sehingga wajib ada karena untuk menghitung belanjaan. Sebenarnya bisa saja dihitung manual tapi cara ini rawan salah apalagi jika jumlah belanjannya banyak. Pilih kalkulator yang ada fitur cek.

Lebih bagus lagi kalau kalkulatornya bisa di print jadi lebih terpercaya karena bisa jadi struk belanja meski tanpa nama barang tapi setidaknya kalau ada komplain dari pembeli ada buktinya.

9. Tempat Beras

Namanya juga toko sembako pasti menjual beras dan tentunya butuh tempat beras untuk memajang beras. Tempat beras bisa dari ember atau dari kayu. Peletakannya harus agak tinggi sehingga perlu meja dibawahnya.

Sebaiknya sediakan 2 sampai 3 ember untuk 3 jenis beras sehingga pembeli ada pilihan tidak hanya satu misalnya beras murah, sedang dan super.

10.Tabung gas elpiji 3 Kg

Meski pernah ada wacana dari pemerintah untuk mengkonversi gas elpiji 3 kg ke kompor listrik induksi namun belum jelas kapan direalisasikannya sehingga keberadaan gas elpiji 3 kg masih tetap dicari dibadingkan varian gas lain seperti gas 12 kg, Bluegas atau Bright Gas.

Seperti halnya air kemasan galon, gas 3 kg juga harus punya tabung kosong dulu kalau mau belanja gas ke pangkalan. Silahkan beli tabung sekaligus isinya ke pangkalan gas 3 kg terdekat. Untuk tahap awal jangan banyak-banyak cukup 4 tabung saja.

Itulah perlengkapan toko sembako penting yang harus disediakan kalau mau merintis bisnis ini. Semoga bermanfaat!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar