--> Skip to main content

Tips Mudah Menambah Berat Badan Anak 1 tahun

Anak usia 1 tahun


Ciri anak yang sehat bisa dilihat dari berat badannya. Menurut patokan dari WHO, Anak usia 1 tahun untuk laki-laki idelanya 7,7-10,8 kg dengan tinggi badan 71 – 78,1 cm. Sedangkan untuk anak perempuan sekitar 7,0 – 10,1 kg dengan tinggi 68,9 – 76,6 cm.

Kadang kala orang tua sudah melakukan yang terbaik namun berat badannya tak kunjung ideal bahkan ada yang terlihat kurus. Ini tentu menjadi sebuah kecemasan bagi orang tua. Takut hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada anaknya.

Ada beberapa cara yang bisa orang tua lakukan agar anaknya yang usianya 1 tahun memiliki berat badan yang ideal. 

1. Terapkan pola makan seimbang

Kebanyakan pola pikir orang tua akan beranggapan kalau berat badannya kurang maka yang ditambah porsi makannya. Anak belum tentu mau sehingga ini bukan cara yang tepat. Orang tua bisa memberi makan porsi seperti biasa namun diperkaya dengan camilan 2-3 kali disela waktu makan.

Dengan cara ini, anak tidak merasa terbebani dengan makan yang banyak karena mereka akan senang jika makan camilan. Mereka serasa tidak makan.

Perlu dicatat, orang tua harus menerapkan pola makan yang seimbang, gizi terpenuhi sesuai dengan kebutuhan. Didalam menunya harus ada sumber karbohidrat, protein, lemak serta mikronutrien lain yang penting untuk tubuh.

2. Perkaya makanan tinggi kalori dan lemak sehat

Berdasarkan angka kecukupan gizi, anak usia 1 tahun butuh kurang lebih 13350 kalori per hari dan 45 gram lemak.

Perlu diingat tidak semua kalori dan lemak itu sehat. Hindari mengkonsumsi  makanan yang kalorinya kosong dan makanan yang mengandung lemak jenuh serta lemak trans karena akan memicu obesitas pada anak.

3. Berikan Susu Pertumbuhan

Anak dalam usia pertumbuhan membutuhkan asupan susu yang sangat bagus untuk anak. Disarankan anak mengkonsumsi susu setiap hari agar kebutuhan kalsium dan vitamin D terpenuhi. Gizi yang terkandung dalam susu juga sangat bagus untuk membantu pembentukan tulang. Susu juga sangat bermanfaat untuk kesehatan gigi anak.

Kabar baiknya, ada salah satu produk susu penambah berat badan anak 1 tahun dari Pediasure yang bisa orang tua coba. Susu ini bisa dengan mudah diperoleh di mini market atau marketplace. Silahkan dicoba dan rasakan manfaatnya untuk berat badan buah hatinya. Selamat Mencoba!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar