--> Skip to main content

Penghasilan Youtube Bukan Cuma Adsense


Penghasilan Youtube Bukan Cuma Adsense - Berapa sih penghasilan dari adsense youtube? kalau dilihat dari nilai CTR nya, 1 juta  penonton itu dihargai sekitar 5 juta. Gede juga ya? Iya juga tapi...emang gampang datengin penonton 1 juta orang???

Artikel ini sengaja saya tulis tujuannya agar para pemula yang mau jadi youtuber tidak salah jalan. Berpenghasilan dari youtube itu butuh proses dan kadang prosesnya tidak berjalan mulus. Adsense yang jadi harapan seringkali hasilnya tidak sesuai harapan. Sayang bukan, modal sudah keluar banyak tapi penghasilan kecil?

Alternatif Penghasilan Selain Adsense dari Youtube

Channel youtube ramai pengunjung itu harapan semua kreator konten tapi tak sedikit yang sepi atau belum banyak penontonnya. Jika penontonnya sedikit tentu saja penghasilan dari adsense juga sedikit. Nah...ternyata ada cara lain loh agar channel tetap menghasilkan uang tanpa bergabung ke Adsense! Cek info lengkapnya berikut ini:

1. Penghasilan dari Affiliate

Buat yang hobi unboxing atau belanja, cocok sekali jika mencoba memanfaatkan channelnya untuk gabung diprogram affiliasi. Gabungnya juga mudah dan salah satu program affiliate yang rekomended untuk pemula adalah Shopee Affiliates Program.

Saya sudah membuktikannya sendiri, meski cuma pemula saya bisa meraih 1 juta pertama saya dari program ini. Saat saya gabung di program affiliate lain saya tidak pernah dapat komisi.

Caranya juga mudah, kamu cukup sematkan link affiliate di vdieo baik di deskripsi ataupun dikomentar. Jika ada pembeli yang cek out melalui link kamu maka kamu akan mendapatkan komisi. Mudah bukan?

Tapi yang sulit itu mendatangkan penonton video kamu. Jangan cemas, asalkan videonya menarik akan selalu ada penontonnya.

Asyiknya lagi kamu bisa mendapatkan komisi berkali-kali hanya dari 1 video.


Baca juga: Yuk jadi kreator konten video sekarang juga 

2. Penghasilan dari endorse

Penghasilan yang satu ini juga menjanjikan. Jika channel kamu banyak subscibernya atau bagus branding serta interaksinya nantinya akan dilirik Brand untuk bekerja sama dengan kamu dengan mereview produk mereka.

Imbalannya kamu akan mendapatkan uang atau produk gratis. Berdasarkan pengalaman saya cara ini lebih sulit dari pada affiliasi.

Channel yang bagus untuk cara ini adalah yang satu niche jadi nggak campur campur, misalnya khusus mereview HP.

Biasanya kalau brand tertarik kerja sama akan menghubungi kontak yang ada di channel. Itulah pentingnya mencantumkan kontak yang bisa dihubungi di channel, bisa no WA atau akun media sosial.

3. Penghasilan dari jual produk

Cara ini kerap dilakukan oleh pemilik produk dengan cara membuat channel resmi di youtube. Youtuber personal bisa juga melakukan ini. Produknya sebaiknya disesuaikan dengan tema channelnya.

Untuk skala kecil-kecilan, kamu bisa jadi reseller dulu. Stok tidak perlu banyak-banyak. Kabar baiknya, disitus marketplace, banyak seller besar yang menjual barang dengan harga murah. Kamu bisa belanja disana kemudian dijual lagi melalui youtube.

4. Penghasilan dari Donasi.

Meski kurang menjanjikan namun cara ini perlu dicoba. Intinya channel kamu menerima donasi/pemberian untuk mengembangkan channel dari penonton youtube. Beritahu penonton channel kamu disetiap video kalau kamu menerima donasi.

Donasi bisa disalurkan ke rekening bank atau dompet digital. Kalau kamu nggak ingin pakai keduanya bisa coba pakai aplikasi pihak ke-3 seperti LinkTeer.

5. Jual channel

Saat ini untuk menjadi partner youtube di Adsense syaratnya sulit yaitu memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Banyak kreator yang memilih jalan pintas dengan cara membeli channel yang sudah monetisasi.

Ini bisa dijadikan sumber penghasilan bagi yang ingin menjual channelnya yang sudah monetisasi. Tak harus channel yang sudah monet, channel yang sudah 1000 subscriber juga laku dijual. Kamu bisa membuat channel sebanyak-banyaknya dan kalau sudah tembus 1000 subscriber langsung di jual.

Demikianlah informasi seputar penghasilan youtube bukan cuma Adsense, semoga bermanfaat!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar