--> Skip to main content

Honda BR-V Menjawab Kebutuhan Masyarakat Indonesia Akan Mobil SUV

HONDA BRV

Kebutuhan masyarakat Indonesia akan mobil dengan tipe SUV bisa dikatakan meningkat di waktu sekarang ini, seiring dengan kesadaran masyarakat bahwa memang kendaraan jenis ini adalah yang paling sesuai di Indonesia. Hal Yang paling utama adalah karena wilayahnya sendiri memiliki kondisi jalan dan juga kontur alam yang cukup tangguh sehingga kendaraan yang juga tangguh secara otomatis diperlukan. Tentu saja, SUV bisa menjawab kebutuhan tersebut dengan cukup mudah. 

Hal ini jugalah yang sebenarnya dilihat oleh salah satu perusahaan pembuat mobil, Honda, yang menghadirkan Honda BR-V dalam rangka memenuhi kebutuhan dan juga menjawab berbagai pertanyaan masyarakat yang sepertinya memang semakin tertarik dengan kendaraan bertipe SUV. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin meningkatnya jumlah rata-rata pembelian kendaraan SUV di beberapa tahun terakhir, dengan prosentase rata-rata mencapai 119%.

Selain itu, produsen Honda juga tidak melupakan fakta bahwa banyak masyarakat di Indonesia yang mempunyai keluarga besar sehingga regular SUV, yang biasanya dilengkapi dengan kapasitas 5 penumpang, mungkin kurang cocok untuk dijadikan sebagai pilihan. Itulah mengapa Honda BR-V dirancang dengan mengkombinasikan fungsi utilisasi dari MPV dalam hal kemampuan untuk menampung hingga 7 penumpang dengan tangguhnya SUV untuk memenuhi semua kebutuhan yang sudah dijelaskan tadi.

Jika dilihat dari segi spesifikasi, hal pertama yang mungkin perlu Anda ketahui dari Honda BR-V adalah kisaran harga yang ditawarkan oleh sang produsen. Berdasar data dari daftar harga mobil honda madiun, BRV berada pada kisaran 306 juta hingga 373 juta. 

Dengan mengusung ide utama yang adalah gabungan dari ketangguhan SUV dan juga nilai utilitas dari MPV, mobil yang bisa dikatakan cukup baru ini mempunyai spesifikasi umum yang ditujukan kepada target pasar yang suka bepergian dan cenderung menyukai tantangan. Selain itu, sangat jelas juga bahwa keluarga juga merupakan salah satu target penjualan untuk Honda BR-V. 

Dari segi tampilan, Honda BR-V dapat dikatakan mempunyai tampilan yang terlihat lebih besar, terutama karena penambahan Solid Wing Face yang cukup ikonik untuk kendaraan buatan Honda. Selain itu, tampilannya juga cukup tajam dengan 6 pihan warna yang berbeda guna memenuhi kegemaran masing-masing pembeli. Lampu utama dari mobil ini didesain menjadi satu dengan front grille sehingga keseluruhan tampilanya cukup lebar. Dari segi performa, mobil yang satu ini didukung oleh mesin i-VTEC berkapasitas 1.5L dengan 4 silinder.

Mesin ini juga sudah dilengkap dengan teknologi noise reduction dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 120 ps/ 6.600 rpm dan 145 Nm/4.600 rpm untuk torsinya. Ada dua pilihan sistem transmisi yang akan ditawarkan oleh Honda untuk mobil yang satu ini yaitu sistem transmisi CVT dan juga sistem transmisi manual dengan 6 kecepatan. Perlu Anda ketahui bahwa sistem transmisi CVT merupakan satu hal baru yang saat ini sedang dikembangkan dan memang didesain untuk mobil dengan ukuran yang kecil atau sedang. Fungsinya adalah untuk membuat mobil tersebut berlari lebih kencang. 

Dari segi keamanan, mobil ini juga dilengkapi dengan safety features terbaru, termasuk penggunaan fitur yang diberi nama Vehicle Stability Assist atau VSA yang tentunya akan menciptakan pengalaman berkendara yang tidak hanya nyaman tetapi juga aman bagi setiap penumpang. Tentu saja semua detail pada spesifikasi tersebut akan membuat mobil baru ini mudah diterima bahkan mungkin juga menjadi cukup digemari di kalangan masyarakat Indonesia. Desain kabin yang cukup luas tentunya juga akan menjadi bahan pertimbangan tersendiri. 

Seiring dengan munculnya Honda BR-V, muncul pula beberapa anggapan yang mengatakan bahwa sebenarnya mobil baru ini mempunyai tampilan yang cukup mirip dengan Honda Mobilio. Walaupun begitu, banyak orang mengatakan bahwa VR-V tampak lebih jantan dan tangguh. Selain itu, anggapan ini mungkin juga muncul karena penambahan beberapa fitur di dalam mobil ini yang memang serupa dengan fitur yang terdapat di beberapa varian mobil Honda yang lain, termasuk juga Mobilio dan Jazz.

Jika dibandingkan dengan Mobilio yang juga merupakan pilihan yang cukup baru yang ditawarkan oleh produsen Honda, tentu saja BR-V merupakan satu pilihan yang berbeda. Perbedaan tersebut bahkan bisa dilihat di beberapa bagian yang berbeda walaupun sebenarnya kedua mobil memang didukung dengan kapasitas mesin yang sama yaitu 1.5L. Perbedaan-perbedaan tersebut terletak pada bagian spesifikasi dan ukuran panjang dan lebar. Bahkan jika dilihat dari segi ukuran tinggi, BR-V sebenarnya lebih tinggi daripada Mobilio. Ukuran panjang x lebar x tinggi dari mobil ini adalah 2.650 mm x 4.445 mm x 1.735 mm. 

Dalam perhelatan IIMS ( Indonesia International Motor Show), tampilan sesungguhnya dari Honda BR-V akhirnya bisa dilihat. Sayangnya, di IIMS, hanya tampilan eksterior dari BR-V saja yang disuguhkan kepada pengunjung sehingga masih banyak orang yang merasa cukup penasaran, terutama mengenai sisi bagian dalam mobil. Bahkan, ada juga pengunjung yang bertanya apakan memang nantinya interior dari BR-V akan sama dengan desain interior yang digunakan oleh Honda Mobilio, sebuah mobil yang memang dikatakan mempunyai kemiripan yang cukup tinggi dengan BR-V. 

Untungnya, tampilan luar dari Honda BR-V yang disuguhkan dalam IIMS sudah cukup memuaskan rasa penasaran masyarakat akan kendaraan baru ini. Banyak dari pengunjung yang merasa terkesan dan mengungkapkan bahwa mobil ini tampak sangat menawan dari luar, terutama jika dilihat dari sisi depannya, di mana lampu utama didesain menjadi satu bagian dengan grille dengan desain yang terkesan memanjang lebar.

Contoh dari 6 pilihan warna eksterior yang nantinya akan ditawarkan kepada pembeli juga sudah dihadirkan di dalam event automotive ini. Warna-warna tersebut meliputi: hijau, hitam, merah, platinum, putih, dan juga silver. Semua warna tersebut juga dibuat dengan kesan mengkilap yang sangat elegan. 

Satu hal menarik yang juga perlu Anda ketahui dari pergelaran IIMS adalah bahwa sebenarnya bisa dikatakan Honda BR-V merupakan salah satu bintang di event tersebut. Mobil baru keluaran Honda ini tidak hanya mendapatkan banyak pendapat dan respon yang positif dari para pengunjung melainkan juga sudah dipesan secara pre-order oleh ratusan orang yang merasa tertarik dan ingin memiliki kendaraan yang satu ini. Hal tersebut merupakan bukti bahwa tanggapan masyarakat mengenai kombinasi antara SUV dan MPV dalam desain BR-V memang merupakan satu inovasi yang sangat menarik dan cenderung dilihat sebagai satu hal yang positif. 

Semoga saja dalam waktu dekat kita bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai mobil terbaru Honda BR-V, terutama mengenai desain bagian dalamnya yang memang belum diulas secara mendetail pada event Indonesia International Motor Show. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar