Thursday, February 9, 2017

Teknik Komputer Dasar Blogger Juga Perlu Tahu!

author photo
MEDIAKOMPILASI.COM-Halo sahabat blogger dan pengunjung setia blog Media Kompilasi…Komputer saat ini sudah menjadi peralatan penting bagi kehidupan manusia karena sangat membantu pekerjaan dan salah satu jenis pekerjaan yang wajib menggunakan komputer adalah bloger.Tanpa komputer kegiatan menulis artikel dan mempublikasikan keblog jadi terasa sulit sehingga bloger perlu tahu tehnik komputer dasar.

Teknik Komputer dasar
Hardware Komputer
Saya sendiri sebagai seorang bloger merasakan betul kesulitan ketika komputer desktop yang saya gunakan rusak semua pekerjaan jadi terbengkalai bahkan tidak hanya sekali atau dua kali hal itu terjadi karena komputer yang saya gunakan merupakan komputer generasi Pentium.Kerusakan komputer merupakan momok yang menakutkan bagi seorang bloger seperti saya.

Tapi apa boleh buat karena saya belum mampu mengganti komputer lama dengan yang baru saya tetap setia menggunakan komputer jadul tersebut.Awalnya saya hanya mengandalkan teknisi komputer langganan padahal saya sebenarnya memahami tehnik komputer dasar jadi setiap ada kerusakan saya langsung membawanya kesana dan tak perlu lama komputer bisa normal,ongkosnya juga terjangkau.Ongkos Paling mahal yang pernah saya alami ketika ganti Prosesor,motherboard dan PSU sekaligus yaitu mencapai Rp.500.000.

Karena alasan itulah saya tetap mempertahankan komputer jadul tersebut dari pada saya membeli komputer baru.Namun setelah rumah saya pindah ke Cikarang Dekat kawasan Industri saya belum menemukan teknisi komputer yang murah.Pernah saya mencoba membeli suku cadang komputer ke tekinisi komputer terdekat harganya ternyata cukup mahal sebagai contoh fan prosesor harganya mencapai Rp.95.000 padahal setelah beli secara online cuma Rp.70.000.

Saya jadi ragu untuk berlangganan ke teknisi komputer tersebut takutnya dimahalin oleh karena itu saya mulai berpikir untuk mulai belajar memperbaiki sendiri khususnya yang bagian hardware seperti Kipas,PSU,Hardisk,RAM,Prosesor atau Motherboard kebetulan dari dulu saya tertarik mempelajari tehnik merakit komputer jadi minimal sudah paham nama-nama hardware komputer apalagi basic saya tehnik elektronika walaupun saya dapatkan lewat kursus dan ditambah lagi saya sering memperhatikan teknisi komputer langganan ketika memperbaiki komputer.

Ujian pertama datang ketika PSU(Power Supply Unit) komputer saya bermasalah yaitu terminal AC nya meleleh sehingga pasokan Listrik PLN tidak bisa masuk,otomatis komputer mati.Saya tahu solusi mudahnya ganti PSU.Tadinya saya mau beli PSU secara online harganya sekitar Rp.125.000 dan akan saya pasang sendiri tapi setelah saya bongkar PSUnya ternyata komponennya masih bagus semua tidak ada yang terbakar atau melembung akhirnya saya putuskan untuk memperbaiki sendiri PSU nya dan ternyata berhasil walaupun agak kuatir ada efeknya namun sampai hari ini komputer masih normal.

Baca juga : Cara”Nekat”Mengatasi Kabel Power Komputer Meleleh

Belum lama PSU bermasalah eh…kok komputer bermasalah lagi tiba-tiba saja komputer sering mati sendiri.Tadinya saya berpikir PSU-nya yang rusak lagi namun ketika saya coba hidupkan lagi komputer bisa hidup lagi tapi setelah kira-kira ½ jam komputer mati lagi.Penasaran saya buka casing komputernya kemudian saya coba hidupkan lagi sambil mengamati hardwarenya ternyata eh ternyata kipas/fan prosesor mati sedangkan 2 kipas lainnya tetap hidup.Saya langsung menebak kerusakan bukan pada PSU tapi gara-gara kipas prosesor mati.

Prediksi Saya semakin kuat setelah membaca tutorial penyebab komputer mati mendadak yaitu suhu prosesor yang over heating sehinga otomatis mematikan sistem.Saya berinisiatif mengganti kipas prosesor tersebut sendiri dan saya rasa itu mudah karena tinggal buka bautnya dan kabel powernya.Sayangnya setelah mencari ke toko komputer terdekat ternyata tidak ada yang menjual mau kekota kejauhan.

Akhirnya saya mencari kipas ke Lazada.co.id dan ternyata ada yang jual harganya juga murah cuma Rp.70.000 bebas bea kirim lagi.Saya langsung memesan dan 2 hari kemudian pesanan datang.Langsung saya pasang kipas prosesor tersebut dengan diolesi pasta pendingin terlebih dahulu kemudian saya coba,Tra… la… la komputer bisa normal kembali.

Kedepannya saya akan mengandalkan membeli hardware/suku cadang komputer ke Lazada.co.id karena cukup lengkap produknya mulai dari prosesor,Motehrboard,Hardisk,RAM atau PSU.Rencananya saya ingin mengupgrade komputer saya ke prosesor Intel Dual Core dengan cara mencicil suku cadangnya biar tidak terasa.

Kesimpulan

Mempelajari tehnik komputer dasar sangat penting bagi seorang blogger seperti saya karena komputer selalu On setiap saat apalagi yang berjam-jam didepan komputer tiap harinya tentu lama kelamaan komponen akan berkurang efektivitasnya sehingga perlu diganti.Khususnya bagi blogger yang menggunakan komputer Desktop jadul seperti saya.

Sehingga jika ada yang perlu diganti blogger bisa melakukannya sendiri tanpa tergantung pada teknisi komputer selain menghemat biaya anda juga bisa menghemat waktu karena tidak harus bolak balik ke teknisi komputer.Bagaimana Anda berani Coba?

This post have 9 komentar

avatar
Maya delete February 9, 2017 at 8:51 PM

Dengan memahami tekhnik ini selain menghemat biaya, bisa jadi lahan bisnis baru ya hehe ...
ya yang penting keinginan untuk belajar tak ada batasan untuk belajar
terima kasih

Reply
avatar
Rival 38 delete February 9, 2017 at 10:34 PM

bener bangett.., selain bisa dikit2 coding, wajib bisa dikit2 ngoprek kompi..., karena itu peralatan tempur..., hhehehe.....

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete February 10, 2017 at 5:53 AM

Betul Mba apalagi media belajarnya mudah ditemukan baik artikel maupun video

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete February 10, 2017 at 5:54 AM

Pokoknya rugi deh kalau nggak bisa ngoprek komputer sendiri

Reply
avatar
Hendra Suhendra delete February 10, 2017 at 8:25 AM

Memang kalo kita tidak mencoba sendiri, tidak akan pernah bisa ya mas. Apalagi sekarang sudah banyak video tutorialnya di youtube, cara bongkar PC atau Laptop. kalo saya sih belum pernah nyoba bongkar sendiri, tapi bagus juga sih, kalo coba sendiri, nanti lama-lama jadi ahli ya...

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete February 10, 2017 at 11:25 AM

Ya mas biar tidak tergantung ke tukang service makin sering mencoba pasti makin terbiasa

Reply
avatar
Maya delete February 11, 2017 at 8:22 AM

wah kayaknya sang admin sibuk terima orderan nih hehe, belum sempat post di blog ini
maaf kepagian nih
semoga sukses aamiin

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete February 11, 2017 at 2:37 PM

Maklum banyak ternak onlinenya mba...tuh udah ada yang baru lagi mba...target 1 hari 1 artikel kalau nggak 2 hari 1 artikel

Reply
avatar
Maman Achman delete February 13, 2017 at 6:59 PM

Setidaknya kita harus tahu dasarnya ya mas, supaya bila ada kerusakan2 kecil bisa mengatasi sendiri jadi tidak keluar uang terlalu banyak...

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement