Wednesday, April 26, 2017

Wow! Kuliner Lezat Ini Berbahan Dasar Singkong Loh

author photo
Wow! Kuliner Lezat Ini Berbahan Dasar Singkong Loh-Tidak selamanya kuliner lezat itu berbahan dasar yang harganya mahal seperti keju,daging,spageti,Almond,Kacang mete dan lain-lain dengan bahan yang sederhana ternyata bisa diolah menjadi kuliner yang lezat,sehat dan bergizi.Salah satunya kuliner yang berbahan dasar Singkong.
Kuliner  Berbahan Dasar Singkong

Mendengar kata singkong mungkin anda akan mengerutkan dahi,wajar saja karena sejak dulu singkong identik dengan makanan kurang berkelas sampai-sampai ada lagu yang mengambil istilah anak singkong lawan dari anak orang berada.Padahal anggapan ini kurang tepat,asal tahu saja singkong merupakan bahan pangan yang cukup bergizi terbukti terdapat kandungan kalori,Air,Fosfor,Karbohidrat,Kalsium,Vitamin C,Protein,Zat besi,Lemak dan Vitamin B1.Jadi sebenarnya Singkong bisa dijadikan makanan pengganti Nasi.

Baca juga : 5 Jajanan Pasar Tempo Dulu Tetap Eksis Hingga sekarang

Faktanya hingga sekarang Singkong masih kalah populer dengan Beras sehingga ketergantungan kepada beras masih tinggi makanya jangan heran kalau harga beras kadang melonjak bahkan sampai harus impor segala.Padahal sebenarnya jika masyarakat Indonesia mau mengkonsumsi Singkong sebagai pengganti nasi mungkin harga beras bisa murah.

Nah agar anda gemar makan singkong Anda perlu mengolahnya menjadi makanan yang nikmat untuk disantap sehingga anda tidak sadar kalau sedang makan singkong.Memangnya Singkong bisa diolah menjadi kuliner lezat apa saja? Penasaran berikut informasinya:

5 Kuliner Berbahan Dasar Singkong


1.Ketimus
Singkong parut dikombinasikan dengan kelapa parut kemudian ditambah irisan gula merah dan sedikit garam Lalu adonan tersebut dibungkus dengan daun songkong seperti membuat lontong.Langkah terakhir mengukus bahan-bahan tersebut hingga matang.

2.Apem
Parutan singkong dicmpur dengan tape singkong sambil diremas-remas sambil ditambahkan gula merah kemudian didiamkan selama 5 jam.Setelah adonan mengembang tambahkan air daun suji barulah dicetak kecil-kecil dan dikukus hingga matang.

3.Combro
Makanan tradisional ini cukup mudah membuatnya yaitu parut singkong  lalu bentuk lonjong atau bulat kemudian diisi dengan oncom yang sudah ditumis dengan bumbu kemudian digoreng sampai matang.

4.Bolu
Singkong ternyata bisa diolah menjadi bolu dimana dalam pembuatannya ditambahkan telur ayam,gula pasir,santan kental,vanili dan garam.Parutan singkong dimasukkan kedalam campuran telur ayam,gula pasir,garam dan santan yang sudah dikocok.barulah campuran tadi dimasukan kedalam Loyang untuk kemudian dioven.

5.Lapis Singkong
Lapis dari singkong tak kalah nikmat seperti lapis yang terbuat dari tepung kanji.Cara membuatnya terbilang mudah singkong yang sudah diparut dicampur dengan gula,sedikit garam dan santan kental sambil diaduk hingga rata.Bagi adaonan tersebut menjadi beberapa bagian kemudian masing-masing bagian diberi pewarna yang  berbeda.Masukkan dalam cetakan dengan warna berturut-turut untuk kemudian dikukus hingga matang.

Bagaimana Apakah anda tertarik untuk mencoba membuat sendiri kuliner lezat berbahan singkong diatas? Selamat mencoba!

This post have 2 komentar

avatar
Lisa Nel delete April 26, 2017 at 9:54 PM

Lapis singkong itu saya yang paling suka, mas, apa lagi makannya di pagi hari dengan secangkir kopi, hmmm, nikmat dan nggak tenggok belakang saat makan. Hehe

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 27, 2017 at 7:20 AM

Apalagi kalau warnanya ada hijaunya ya mba tambah berselera

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement