Skip to main content

Mesin Blog Terbaik Pemula,Blogspot atau Wordpress?

Mesin Blog Terbaik Pemula,Blogspot atau Wordpress?-Saya baru pertama kali ngeblog sebaiknya pakai blogspot atau wordpress? pertanyaan semacam ini sering ditanyakan oleh orang yang baru akan terjun ke dunia blogging.Meskipun keduanya fungsinya sama yaitu sebagai mesin blog dimana nantinya anda akan mengisi blog yang sudah anda buat dengan artikel namun secara teknis ada perbedaan yang mendasar.

Blogspot

Meskipun sebenarnya ada mesin blog lainnya seperti Live journal,Weebly,Tumblr,Webs dan lain-lain namun yang paling populer adalah mesin blog blogspot dan wordpress.org.Menurut pendapat saya berdasarkan pengalaman selama 4 tahun ngeblog mesin blog terbaik untuk pemula adalah blogspot berikut alasannya:


  • Blogspot gratis cukup dengan bermodalkan akun gmail anda sudah bisa membuat blog.
  • Caranya cukup mudah meskipun anda baru pertama kali membuat blog.Anda cukup mengunjungi blogger.com Buat blog tentukan url,judul blog serta templatenya dalam beberapa menit anda sudah bisa memiliki blog.
  • Cara posting artikelnya cukup mudah
  • Anda bisa bebas memilih desain blog(template) sesuka anda dan cukup mudah untuk menggantinya selain itu templatenya banyak pilihan dari yang gratis sampai yang berbayar..
  • Bisa dimonetisasi dengan PPC seperti google adsense dan sejenisnya
  • Jika ingin tampil lebih profesional bisa menggunakan domain berbayar(Custom domain)
  • Jika sudah menggunakan domain berbayar bisa migrasi ke Wordpress.org dengan mudah


Dengan menggunakan blogspot anda bebas bereksperimen dan berlatih mulai dari melatih skill menulis,Belajar SEO dan belajar html atau desain blog tanpa dipusingkan biaya karena semuanya serba gratis bahkan anda bisa membuat blog sebanyak-banyaknya untuk berlatih misalnya membuat blog niche atau gado-gado jika hasilnya kurang bagus anda bisa menghapusnya kapan saja dan jika blognya ramai anda tidak dipusingkan dengan Diskspace atau bandwidth.
Baca juga : Perbedaan Posting Blogger dan Wordpress

Meskiopun blogspot memiliki kelebihan-kelebihan namnun tetap saja memiliki kelemahan diantaranya anda tidak memiliki kontrol yang penuh dalam artian anda harus memenuhi TOS yang sudah ditentukan oleh google misalnya tidak boleh melanggar hak cipta,AGC,pengalihan trafik,konten yang dilarang dan lain-lain.Jika anda melanggar,blog anda berpotensi akan dihapus oleh google.

Jika anda sudah mahir ngeblog dan blog anda akan digunakan untuk mencari uang dari blog sangat disarankan untuk menggunakan domain berbayar meskipun hostingnya masih di blogger.Hal ini untuk keamanan dan antisipasi jika blog dihapus google asalkan anda memiliki back upnya anda bisa segera memulihkannya berbeda jika anda menggunakan domain gratisan dengan embel-embel blogspot.com dibelakangnya jika sudah terhapus berarti sudah tamat riwayatnya.

Bagaimana dengan Wordpress.org( Self hosting)?

Mesin blog wordpress banyak digunakan oleh blogger dunia karena memang memiliki banyak kelebihan diantaranya anda benar-benar menguasai sepenuhnya blog anda sendiri dan bebas mengoptimalkan untuk kebutuhan anda.Sayangnya mesin blog ini tidak gratis anda harus merogoh kocek untuk membeli domain dan hosting jika akan membuat blog dengan mesin wordpress dan dari sisi teknis wordpress lebih komplek sehingga kurang cocok untuk pemula.

Melihat kelebihan-kelebihan yang ada pada mesin wordpress dan faktanya banyak blogger lokal dan luar negeri yang menggunakan wordpress,saya pribadi saat ini sedang mendalami wordpress tentu saja dengan cara membangun blog dengan mesin wordpress meskipun serba bayar karena saya yakin dengan menguasai wordpress akan banyak manfaat yang akan saya dapatkan.

Demikianlah informasi seputar Mesin Blog Terbaik Pemula,Blogspot atau Wordpress? berdasarkan pengalaman saya selama ngeblog mudah-mudahan bisa membantu anda dalam memilih mesin blog yang tepat blogspot atau wordpress.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar