Skip to main content

Cara Mudah Mengedit Desain Blog

MEDIAKOMPILASI.COM,Cara Mudah Mengedit Desain Blog-Apa jadinya jika sebuah blog tanpa ada tombol berbagi keberbagai sosial media? Tentu ini akan menjadi sebuah kerugian tersendiri bagi perkembangan blog apalagi jika blognya masih baru.Pasalnya manakala artikel blog tersebut dianggap bermanfaat bagi pengujung dan layak di bagikan keakun media sosial mereka tapi ternyata tidak ada tombol berbaginya akhirnya artikel tersebut urung dibagikan.


Padahal dengan dibagikannya artikel tersebut ke sosial media berpotensi untuk meningkatkan trafik dan semakin mempopulerkan blog.Lalu bagaimana cara mengatasinya? Cara termudahnya tentu dengan mengganti desain (template) blog tersebut namun mengganti template itu beresiko terhadap trafik bisa saja trafik turun drastis dan itu sudah pernah saya alami.

Cara lainnya adalah dengan mengedit desain tersbut dan ini bukan perkara mudah karena resiko kegagalan tetap ada dan anda juga harus paham apa itu css dan HTML.Memang diinternet banyak cara mengedit template namun tidak selalu cara-cara tersebut bekerja dengan baik kadang justru error padahal sesui dengan tutorial.Lalu Bagaimana cara mudah mengedit desain blog tanpa error?

Kunjungi website desainer template blog


Saya agak terkejut ketika seorang teman bloger menanyakan Tombol sharenya Mana? Saya baru menyadari ternyata desain blog yang saya gunakan tidak ada tombol berbagi ke media sosialnya.Memang saya jarang membagikan artikel blog ini kesosial media namun sejak dirilisnya instant aritcle facebook saya jadi terpikirkan untuk membagikan artikel kehalaman fanspage facebook Mediakompilasi.

Baca juga :
Instant Article Facebook Hadir Saatnya Perbanyak Like
Kelebihan Blog Satu Topik Mudah Menjaring Pasar
Cara Jitu Menulis Artikel Bekualitas User Experience

Penasaran saya kunjungi website tempat saya mendapatkan template blog ini yaitu di themeindie com untuk melihat versi demonya dan ternyata memang dari sononya tidak ada tombol berbaginya.Saya langsung berpikir untuk mengedit templatenya tapi bagaimana caranya? Tiba-tiba saya teringat ketika mengunakan template blog lainnya dari themeindie dan saya menanyakan cara meletakan iklan ditengah psotingan.Oleh Ownernya saya diarahkan ke artikel kewbesite pribadinya di bungfrangki dot com

Nah…saya langsung megunjungi blog tersebut dan saya gunakan fitur search nya dengan mengetikan kata kunci cara membuat tombol berbagi dan benar saja ada beberapa artikel yang membahas cara tersebut tapi saya cari yang paling ringan.Setelah saya coba ternyata berhasil meskipum sempat bingung juga mencari kode css nya.Coba lihat dibagian bawah artikel blog ini sudah ada tombol berbaginya.

Jadi memang sebaiknya memilih desain blog dari yang desainernya yang memiliki blog pribadi seperti Kang Adhy Suryadi melalui kompiajaib,Arlina di arliadesign.com,CB blogoer di contohblog.com jadi jika ingin mengedit template tinggal mengunjungi blog pribadinya.

Bertanya Langsung ke desainernya.


Saat pembuat template blog khususnya template bloger membagikan template gratis biasanya melalui artikel khusus,bertanyalah disana melalui komentar dan berharaplah desainernya mau menjawabnya.Berdasarkan pengalaman saya kebanyakan mendapatkan jawaban meskipun terkadang saya masih bingung juga.

Namun sebaiknya sebelum bertanya cari dulu di blog tesebut siapa tahu sudah ada artikelnya karena saya sendiri pernah mengalaminya dimana ketika saya bertanya ke pembuat templatenya tapi tak kunjung dapat jawaban sampai akhirnya saya berinisiatif mencari caranya di blog pembuatnya ternyata ada dan setelah diterapkan berhasil,jadi mungkin itu alasan desainernya tidak menjawab pertayaan saya.

Gunakan template bloger premium


Jika anda menginginkan mendapatkan full support dari desainer templete gunakanlah template premium walaupun harus membeli dengan harga sekitar 100 ribuan.Banyak keuntungan menggunakan template premium selain mendapatkan suport dari pembuatnya anda juga boleh menghilangkan link credit sehingga terlihat lebih profesional dan ada fitur-fitur yang tidak didaptakan dari template gratisan serta bisa digunakan untuk banyak blog asalkan milik sendiri.

Anda juga akan mendapatkan update jika ada perubahan secara gratis jadi satu kali beli untuk selamanya(Lifetime).

Demikianlah informasi cara mudah mengedit desain blog semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar