--> Skip to main content

Cara Mengatasi Pompa Air Shimizu Lemah Cepat Panas

MEDIAKOMPILASI.COM,Cara Mengatasi Pompa Air Shimizu Lemah Cepat Panas-Mesin Pompa air atau biasa orang menyebut "Sanyo" keberadaannya sangat penting karena rata-rata rumah menggunakan. Apa jadinya jika tiba-tiba mesin pompa air menjadi lemah daya sedotnya atau berputarnya lemah tentu kinerjanya tidak maksimal apalagi ditambah mesinnya cepat panas? Hal ini menunjukkan mesin pompa air sudah tidak normal jika tidak segera diatasi kerusakannya bisa makin parah dan bisa membahayakan misalnya arusnya bocor sehingga jika disentuh jadi nyetrum.

Cara Mengatasi Pompa Air Shimizu Lemah Cepat Panas

Kejadian ini menimpa saya admin Mediakompilasi.Com dimana 2 hari yang lalu ketika akan mengisi tandon air ada keanehan pada mesin pompa air merk SHIMIZU tipe PS 128 BIT kok suaranya tiba tiba jadi pelan, daya sedotnya lemah dan yang membuat saya kuatir adalah cepat panas.Berkaca dari pengalaman saya sebelumnya dimana mesin pompa yang cepat panas mengindikasikan ada yang tidak beres dan pernah saya paksa hidupkan terus eh malah nyetrum, ngeri bukan?
Baca juga :
Awas ! Kerusakan Mesin Pompa Air ini Sangat Berbahaya
Pengalaman Mengatasi Mesin Pompa Air Hidup Tidak Keluar Air
Sumur Bor Andalan Warga Bekasi Mendapatkan Air Bersih

Akhirnya dengan terpaksa saya libur tidak menyedot air tapi berhubung stok air menipis mau tak mau saya harus segera memperbaiki mesin pompa air tersebut. Mesin pompa air tersebut memang usianya sudah lebih dari 2 tahun jadi wajar jika kinerjanya menurun apalagi jika penggunaannya atau penempatannya tidak sesuai prosedur yang dianjurkan produsennya.

Kemarin atau tepatnya 03 April 2018 saya pergi ke tukang service mesin pompa air Dua Saudara yang berlokasi di jalan Cibarusah - Pasar Serang Cikarang Bekasi.Sesampainya disana Mesin pompa air tersebut langsung diperiksa tukang servicenya. Setelah dibuka mesin utamanya yaitu dinamo (Motor Listrik) ketahuan penyakitnya yaitu pada bagian STATOR itu loh bagian yang ada gulungan kawat tembaga yanf berfungsi sebagai magnit dan memutar As untuk menyedot air. Ternyata pada bagian Statornya sudah karatan dan karatannya itu rontok hingga mengenai gulungannya. Inilah penyebab kenapa mesin pompa air menjadi lebih lambat dan cepat panas.

Cara Mengatasi Pompa Air Shimizu Lemah Cepat Panas


Menurut tukang servicenya hal ini disebakan karena mesin pompa air diletakkan ditempat yang lembab atau basah dan memang betul tiap mengisi air ada air yang bocor dari sambungan dari paralon dan membasahi alas mesin pompa air tersebut, kadang juga kena semprot air. Tukang service memberi solusi untuk mengganti gulungan atau dinamo dan karena tarifnya terjangkau yaitu Rp.150.000 sekalian pasang akhirnya saya mengiyakan untuk mengganti gulungan tersebut dan langsung dikerjakan saat itu juga. Saya pikir mengganti gulungan atau dinamo itu lama tapi ternyata tidak karena tukang service tersebut memiliki suku cadang (Spart Part) bagian stator itu dan merk dan tipenya juga sama yaitu Shimizu PS 128 BIT jadi tinggal pasang.

Tak butuh waktu lama untuk mengganti gulungan motornya dan setelah terpasang langsung dicoba. Hasilnya mesin pompa air saya bisa bekerja dengan normal kembali. Setelah saya bayar ongkosnya langsung saya bawa pulang kerumah dan saya pasang dan langsung bisa digunakan seperti biasanya.

Demikianlah cara mengatasi pompa air Shimizu Lemah cepat panas berdasarkan pengalaman saya Semoga bermanfaat !
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar