Minggu, 01 April 2018

5 Manfaat Membangun Tim Bisnis Toko Online

author photo
MEDIAKOMPILASI.COM,5 Manfaat Membangun Tim Bisnis Toko Online-Bisnis Online memiliki kelebihan salah satunya bisa dikelola meskipun hanya seorang diri sehingga modalnyapun jadi lebih kecil termasuk juga bisnis toko online atau E commerce. Masih tidak percaya ? Saya sudah membuktikannya sendiri. Saya mengelola Bisnis Toko Online yang bergerak dibidang peralatan memasak atau cetakan kue. Umurnya memang belum lama tapi lumayan sudah ada yang beli.

5 Manfaat Membangun Tim Bisnis Toko Online

Menariknya lagi saya mengloala bisnis online lainnya seperti Google Adsense dan Jasa Review tak hanya itu saya masih menyempatkan diri untuk merintis bisnis offline kuliner. Hal ini membuktikan bahwa mengelola bisnis toko online tidak membutuhkan banyak tenaga kerja namun hasilnya tetap menjanjikan. Pertanyaannya kemudian apakah dengan mengelola seorang diri hasilnya akan maksimal?

Baca juga :

Menengok bisnis toko online sukses yang dikelola oleh adik ipar dimana dalam pengelolaannya melibatkan sebuah Tim yang terdiri dari beberapa karyawan mulai dari bagian produksi, penyediaan bahan baku, Customer service, Promosi, Pengiriman serta Manager ( Owner). Wajar saja jika kemudian meski order sedang banyak pengiriman tidak menemui kendala yang berarti.


Berkaca dari hal tersebut saya jadi terinspirasi untuk memabangun sebuah Tim Bisnis Toko Online agar bisa sukses. Memang sih saat ini belum terlalu mendesak karena pesanan masih sedikit sehingga masih bisa dipegang sendiri mulai dari promosi, customer service, order, pembayaran hingga pengiriman. Berbeda jika nantinya pesanan sudah mulai banyak tentu saya tidak bisa bekerja seorang diri.

Setidaknya ada 5 manfaat yang bisa diperoleh jika membangun Tim Bisnis Toko Online, Berikut informasi selengkapnya:

1.Pelayanan Semakin Bagus
Pelayanan toko online merupakan ujung tombak kesuksesan semakin baik pelayanannya maka pembeli juga akan semakin puas dan akan dengan sukarela memberikan testimoni positif yang semakin meningkatkan reputasi toko online. Dengan adanya tim toko online maka pelayanan akan semakin bagus karena masing masing anggota tim memilki tugas jadi tidak campur aduk sehingga pelayanannya lebih cepat.

Tak  terbayang bukan jika toko online dikelola seorang diri ketika sedang serius melayani call to action tiba-tiba ada pembeli yang  menanyakan paket sudah dikirim atau belum atau ketika akan mengirimkan barang keekspedisi tapi ada pembeli yang Tanya-tanya.

2.Omset semakin meningkat
Dengan adanya tim bisnis toko online maka setiap bagian akan bekerja semakin maksimal sehingga semakin banyak yang pesanan yang bisa diproses. Misalnya bagian promosi/pemasaran karena tugasnya hanya fokus kepemasanan peluang mendapatkan pembeli juga akan semakin besar. Bagian pemasaran tidak akan disibukkan dengan menjawab pertanyaan dari pembeli karena sudah ada bagiannya yaitu customer service begtu jufa bagian-bagian lainnya.

3.Masalah lebih mudah diatasi
Kendala dalam binis toko online tak bisa dihindari namanya juga semuanya serba online seperti komplain dari pembeli atau masalah pengiriman produk. Dengan adanya sebuah Tim bisnis toko online maka masalah akan lebih mudah diatasi karena tiap anggota tim memilki tanggung jawab masing-masing jika ada masalah dalam produk tentunya tim produksi lebih tahu situasinya sehingga lebih mudah menjelaskan kepembeli.

4.Efesiensi Waktu
Kecepatan dalam pelayanan menjadi nilai lebih bagi toko online semakin cepat pesanan sampai kepembeli semakin bagus. Hal ini bisa terwujud jika dalam pelayanannya menerapkan efesiensi waktu sehingga begitu ada order datang langsung diproses. Terlebih lagi Jika orderan banyak semakin cepat toko online memberikan bukti resi pengiriman pembeli akan semakin puas.

Hal ini sulit terwujud jika semuanya dilakukan seorang diri karena prosesnya jadi lama sehingga waktu yang ada tidak efesien. Berbeda jika ada tim bisnis toko online semuanya bisa dilakukan dengan cepat sehingga lebih menghemat waktu atau efesiensi waktu.

5.Lebih Profesional
Kredibilitas sebuah toko online bisa diihat dari ada atau tidaknya Tim Bisnis toko online. Tengoklah situs toko online besar selalu didukung tim bisnis toko online yang mumpuni bahkan sampai mempekerjakan Sarjana atau Lulusan Perguruan Tinggi wajar jika kemudian masyarakat lebih percaya belanja ke situs toko online tersebut.

Hal ini bisa menunjukkan keberadaan sebuah Tim Bisnis Online akan menambah kredibilitas toko online tersebut dan dianggap lebih profesional. Pembeli tidak akan takut bertransaksi karena dikelola dengan profesional berbeda dengan toko online yang dikelola perorangan butuh waktu sampai pembeli benar-benar percaya kalau belanja ditoko onlie tersebut aman.


Bagaimana Anda ingin merasakan 5 Manfaat Membangun Tim Bisnis Toko Online diatas? Selamat Mencoba !

This post have 4 komentar

avatar
Djangkaru Bumi delete 3 April 2018 17.00

Masalah lebih cepat diselesaikan, efesien waktu dan tampak lebih profesioanl. Sebuah tim itu sangatlah penting.

Reply
avatar
Hujan Bulan Juni delete 4 April 2018 10.39

wahh.. saya ingin sekali belajar digital marketing.
sekali pasar berada di genggaman kita. serasa dunia milik kita ya bang.. :D

Reply
avatar
Indra DP delete 5 April 2018 11.18

memang betul , punya tim dalam bisnis toko online memang sangat direkomendasikan.
biar kalau punya masalah cepat ditangani, ide2 dapat dikembangkan lagi karena banyak pemikiran agar lebih inovatif dan akhirnya punya reputasi bagus di mata konsumen

Reply
avatar
Hujan Bulan Juni delete 9 April 2018 11.11

bang.. masukan bang.. ciptakan akademi reseller bang,
mantep nih.. hasilnya bisa berkali-kali lipat...

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement