Ngabuburit Puasa Sambil Berbisnis, Why Not?

Ngabuburit Puasa Sambil Berbisnis, Why Not?

MEDIAKOMPILASI.COM, Ngabuburit Puasa Sambil Berbisnis, Why Not? – Apa sih yang biasa dilakukan sebagian masyarakat Indonesia menjelang waktu berbuka puasa? Ngabuburit , Betul bukan. Sepertinya Ngabuburit ini sudah menjadi tradisi yang mengakar kuat ditengah masyarakat. Setiap sore masyarakat yang beragama Islam mengisi kegiatan ngabuburit dengan membaca Al Qur an atau menghadiri pengajian dan ini bagus karena mendatangkan pahala.

Bisnis Ramadhan

Namun tak jarang yang mengisi kegiatan ngabuburit dengan sesuatu yang sia-sia bahkan mendatangkan dosa  serta mengurangi pahala puasa contohnya jalan-jalan sambil membunyikan petasan selain pemborosan juga mengganggu ketertiban, ada juga yang nongkrong sambil melihat orang yang lalu lalang dan ujung-ujungnya membicarakan aib orang lain atau lebih parah lagi memandang aurat lawan jenis.

Bagaimana kalau ngabuburit diisi dengan kegiatan berbisnis? Tentu sangat menarik bukan? Selain bermanfaat juga bisa mendatangkan uang. Seperti yang saya lakukan pada bulan Ramadhan ini, saya memutuskan untuk berbisnis martabak manis mini atau martabak Unyil padahal pada tahun sebelumnya saya malahan memilih libur untuk berjualan martabak mini. Pertimbangan saya waktu itu masa ada yang mau buka puasa pakai martabak? Karena umumnya orang lebih cenderung membeli kolak, gerongan atau es buah.

Baca juga :
5 Menu Sayuran Terbaik Buka Puasa
5 Tradisi Menyambut Puasa Ramadhan yang Hampir Punah
7 Fakta Unik Seputar Bulan Ramadhan

Namun selama saya libur pada sore hari menjelang berbuka saya biasanya hanya membaca buku atau menonton acara TV sedangkan pengajian di Masjid terdekat tidak ada hanya pada hari libur saja. Tahun ini muncul ide untuk berjualan di Gang dekat rumah kebetulan berdasarkan pengamatan Ramadhan tahun lalu ada beberapa penjual makanan Takjil yang berjualan ditempat itu jadi Pas banget jika saya juga ikut berjualan disitu karena kalau hanya mangkal sendirian biasanya kurang menarik minat pembeli.

Saya mulai mangkal pukul 16.30 jadi saya berjualan hanya sekitar 1.5 jam . Setelah saya merasakan sendiri ngabuburit sambil berbisnis ternyata enak juga loh, datangnya waktu berbuka puasa jadi tidak terasa karena menunggu pembeli lebih tak terasa lagi jika jualan martabak mininya ramai tahu-tahu sudah mau buka puasa saja.

Meski hasilnya belum maksimal namun saya tetap bertekad akan jualan martabak manis mini terus sampai selesai Ramadhan karena saya bisa memanfaatkan waktu dengan hal-hal yang bermanfaat bahkan berpahala kalau diniatkan mencari nafkah untk keluarga dan juga sekalian mempromosikan usaha martabak manis mini saya sehingga pada Ramadhan tahun berikutnya pelanggan saya sudah tahu saya bejualan martabak mini manis.

Bagaimana Anda tertarik Ngabuburit sambil berbisnis? Silahkan Mencoba ya tapi saran saya jika Anda akan berbisnis makanan takjil pilihlah makanan yang pengolahannya mudah serta tidak banyak mengunakan banyak peralatan untuk mengolah/memajang makanan cukup meja saja contohnya berjualan kolak, biji salak, bubur sumsum atau es teh. Semoga Bermanfaat !
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

3 komentar

salut perjuangan mas, ga mengeluh, semoga diberkahi usaha martabaknya dilancarkan laris jualannya

Balas

semoga berkah mas setiap usahanya

Balas

ngabuburit sambil berbisnis lebih berfaedah daripada ngabuburit diisi dengan keluyuran gak jelas atau godain cewek tetangga sebelah.. wkwkwk XD

Balas

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan