Pengalaman Komplain Produk Rusak di Tokopedia

Pengalaman Komplain Produk Rusak di Tokopedia

MEDIAKOMPILASI.COM, Pengalaman Komplain Produk Rusak di Tokopedia – Belanja secara online memang harus diakui cukup nyaman karena pembeli tidak perlu repot-repot keluar rumah dan harganya juga bisa lebih murah dibandingkan dengan beli ditoko offline. Namun dibalk kelebihan itu seringkali terjadi masalah khususnya pada kondisi barang, misalnya produk tidak sesuai pesanan, produk bajakan atau yang parah lagi jika produknya rusak.

Komplain Produk Rusak diTokopedia

Nah…berkaitan dengan masalah ini saya ingin berbagi pengalaman dimana ketika saya membeli produk jam tangan anak digital SKMEI DG 1161 di Tokopedia  tertanggal 9 Juli 2018 dengan No Faktur INV/20180709/XVIII/VII/177801847 harganya 77.100 ditambah ongkos kirim dan biaya tambahan menjadi Rp.88.500. Dimana setelah jam tangan saya terima pada tanggal 11 Juli 2018 ternyata jamnya rusak. Sebenarnya awalnya saya tidak menyangka kalau jam itu rusak karena jika dilihat sekilas terlihat normal baik pada angka jam, menit maupun detik.

Masalah baru ketahuan ketika saya akan mencocokkan jamnya kebetulan jamnya kurang tepat baik pada angka jamnya, menitnya serta hari dan tanggalnya. Ketidakcocokkan jam ini bagi saya bukan masalah karena sebelumnya saya pernah membeli jam tangan digital dan memang pertama kali datang jammya belum cocok jadi harus disetting ulang.

Ketika saya coba cocokkan jam, hari, tanggal dan bulan saya tidak mengalami masalah namun saat akan mencocokkan menit barulah ketahuan kalau jam tersebut tidak normal. Angka pada menitnya hanya bisa muncul angka 01 dan 03  harusnya bisa keluar angka 01 sampai 59 jadi otomatis jamnya ngaco. Misalnya jam yang benar 09 : 25 maka saya hanya bisa mengganti menjadi jam 09:01 atau Jam 09:03.

Begitu pula pada angka detiknya hanya bisa muncul angka 31, 34, 35, 36, 37 harusnya bisa muncul angka 01 sampai 59. Tentu saya tidak bisa terima begitu saja meski produknya masih baru tapi kalau rusak sama saja tidak bisa dipakai sehingga saya memutuskan untuk Komplain pada hari itu juga karena jika dalam 2x24 jam saya tidak komplain dana akan dikirim ke pelapak.

Baca Juga :
Fungsi Jam Tangan Untuk Bisnis Bukan Sekedar Fashion
Ulasan Cara Membedakan Jam Tangan TAG Heaur Asli

Komplain Produk Melalui Akun Tokopedia

Mengetahui produknya rusak saya langsung membuka akun Tokopedia  dan membuka Pesanan saya disitu saya bisa memilih tombol complain jadi bukan melalui chat atau komentar ditoko pelapak. Selanjutnya Saya memberikan alasan kenapa komplain , mengupload bukti komplain serta solusi yang saya mau selanjutnya komplain ini akan masuk ke Pusat Resolusi. Disinilah nantinya antara pelapak, pembeli dan admin Tokopedia bisa berdiskusi namun untuk tahap awal hanya mempertemukan antara penjual dan pembeli jika tidak ada titik temu barulah admin Tokopedia masuk dalam diskusi.

Komplain Produk Rusak diTokopedia

Beberapa saat setelah komplain saya mendapatkan respon dari pelapaknya yang menanyakan rusaknya dimananya dan saya disuruh melingkari gambar bukti. Tentu saya tidak bisa menunjukkan kerusakannya dengan gambar karena jika difoto kelihatannya jamnya normal oleh karena itu saya hanya bisa menjelaskan saja. Namun sejak saya membalas pertanyaan tersebut pelapak tidak merespon lagi.
Sampai akhirnya saya menghubungi fanspage Tokopedia untuk bertanya tentang masalah saya ini.

Pertanyaan saya melalui fans page langsung direspon oleh admin Tokopedia dan mengatakan segala permasalahan harus diselesaikan melalui pusat resolusi jika ada jalan buntu maka admin Tokopedia akan menengahi. Admin Tokopedia menyarankan untuk memberikan bukti video agar lebih jelas masalahnya.

Mendapatkan saran tersebut akhirnya saya membuat video yang nantinya saya upload ke pusat resolusi sebagai bukti. Sayangnya setelah video jadi saya tidak bisa mengupload video kepusat resolusi hanya bisa gambar saja hingga akhirnya muncul ide upload video ke You Tube dan nantinya link videonya saja jadikan sebagai bukti, Tak lama kemudian saya mengupload video ke You Tube kemudian menyalin URL nya dan masuk ke pusat resolusi lalu memberikan bukti berupa link video.

Namun setelah saya memberikan link video You Tube, pelapak tak kunjung merespon hingga akhirnya pada tanggal 14 Juli 2018 pukul 11.56 tombol hubungi Tokopedia muncul akhirnya saya meminta bantuan admin Tokopedia. Tak butuh waktu lama admin Tokopedia memberikan keputusan bahwa produk tersebut memang rusak dan dana akan direfund. Pelapak diperintahkan untuk mengirim alamat dan nomor telepon kesaya untuk mengirim produk rusaknya kepenjual dan hanya diberi waktu 1 hari atau sampai tanggal 15 Juli 2018 hingga Pukul 17.00 jika pelapak tidak merespon maka dana akan masuk kesaldo toko cash saya dan masalah dianggap selesai.

Sampai batas waktu yang telah ditentukan ternyata pelapak tak kunjung mengirim alamat kesaya sehingga akhirnya pada tanggal 15 Juli 2018 pukul 17.00 Tokopedia memutuskan dana direfund dan otomatis saya tidak perlu mengirim jam yang rusak tersebut kepelapaknya. Jika dana sudah masuk ke saldo toko cash maka saya bisa menggunakannya untuk berbelanja di Tokopedia.

Demikianlah pengalaman saya Komplain produk Rusak di Tokopedia dan saya salut kepada Tokopedia dalam membantu menyelesaikan masalah transaksi saya meski prosesnya agak lama yaitu 3 hari 17 Jam tapi saya puas dengan keputusan Tokopedia yang melindungi pelanggannya.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

6 komentar

Itulah hebatnya tokopedia, makanya jangan heran marketplace ini bisa menduduki peringkat puncak. Rasa aman dan nyaman pembeli benar-benar di jaga. Puas pokoknya.

Balas

wah hebat y respon nya nggak mengecewakan pelanggan

Balas

Betul Mas...Jadi tenang berbelanja online

Balas

Pokoknya Top Deh Tokopedia

Balas

Tokopedianya profesional ya mas, tapi sayang gak diimbangi dengan pelapak yang kurang profesional. Wah berarti jamnya gak jadi dikirim dong. Rezeki itu mah mas.

Balas

Iya mas..harusnya kan dicek dulu baru kirim...Jam rusak mas sama aja gak bisa dipakai alias rongsokan...

Balas

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan